Yuk Cobain Hatha Yoga Selama di Rumah Aja, Yoga yang Cocok untuk Pemula Seperti Kamu!

Masa swa-karantina (self isolation) untuk mencegah penyebaran virus corona sudah masuk pekan kedua nih. Selain harus adjust beberapa rutinitas, seperti membiasakan diri bekerja dari rumah, menahan diri untuk nggak hangout ke mall atau kafe dulu sementara waktu, selama swa-karantina kamu juga dihadapkan pada banyaknya informasi seputar virus corona yang nggak jarang malah bikin panik dan memunculkan stres. Padahal, panik dan stres ini justru bisa memicu turunnya daya tahan tubuh di masa-masa pandemi seperti sekarang.

banner consideration shipping bg blue

Nah, untuk mengurangi panik dan rasa cemas, juga agar kamu tetap sehat meski di rumah aja, Moni ada ide ngajakin Lemonizen untuk ikutan Hatha Yoga. Jangan khawatir kalau kamu nggak pernah yoga sebelumnya, karena justru Hatha Yoga ini adalah jenis yoga yang memang disarankan untuk pemula.

Gerakan-Gerakan pada Hatha Yoga

Karena ditujukan bagi pemula, hatha yoga pada dasarnya berisi gerakan dasar yang sederhana dan dimulai dengan pemanasan. Di awal yoga, kamu harus melakukan pemanasan dengan menggerakkan anggota tubuh satu per satu, mulai dari leher, pundak, tangan, pinggul, hingga kaki. Setelah itu barulah dilanjutkan dengan beberapa gerakan dasar hatha yoga sambil tetap mengatur pernafasan dengan baik.
Beberapa gerakan dasar dalam hatha yoga adalah plank, yaitu posisi yang menyerupai push up, menurunkan pinggul, dan mengangkat tubuh bagian dada ke atas. Ada juga posisi kupu-kupu, di mana kamu duduk dan mempertemukan kedua telapak kakimu dengan kedua tangan menggenggam telapak kaki tersebut. Gerakan ini dilakukan dengan punggung tegak lurus.
 
Posisi terakhir adalah posisi rileks terapung. Saat melakukan gerakan ini, kamu diminta untuk berbaring di lantai, meletakkan kedua tangan di samping dengan telapak tangan menghadap ke atas, dan membuka kaki sebesar 60 derajat. Kamu diminta untuk membayangkan layaknya sedang mengapung di permukaan air sembari mengatur pernafasan untuk bisa rileks.

banner consideration promotion bg blue

Hatha Yoga Bisa Membantumu Mengurangi Stres dan Panik

Pada dasarnya, yoga adalah gerakan-gerakan senam sederhana untuk mengolah fisik sambil melakukan pengaturan pernafasan yang sesuai. ‘Hatha’ sendiri bermakna keseimbangan antara matahari dan bulan atau bisa juga diartikan keseimbangan antara energi aktif dan pasif dalam tubuh. Ini dijelaskan Blair Lewis, seorang dokter spesialis di bidang endoskopi dalam bukunya yang berjudul The Happiness Revolution: Creating Balance and Harmony in Your Life (2007).
Hatha yoga mengajakmu untuk menyeimbangkan organ-organ di dalam tubuh dengan gerakan atau postur tubuh tertentu (asanas), juga untuk mengatur pernafasan dengan ritme dan irama yang seimbang. Pada yoga, pernapasan adalah kunci. Jadi, dengan hatha yoga kamu diajak peka dengan pernapasan sendiri terutama di saat stres atau panik agar tubuh bisa menjadi lebih rileks.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Perlu dipahami juga, tujuan melakukan hatha yoga atau yoga secara umum sebenarnya untuk memahami dan mengubah diri baik secara fisik dan mental. Nah, dengan memahami diri, kamu jadi bisa tahu kalau tubuh bisa menjadi sumber kebahagiaan sekaligus juga penderitaan. Yuk, mulai sekarang kenali kebahagiaan sendiri, filter juga arus dari gelombang informasi tentang coronavirus yang seringkali bikin kita panik. Tetap jaga kesehatan, rajin cuci tangan, dan sempatkan buat yoga ya, Lemonizen!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami