Tips Mengolah Ayam Goreng yang Tidak Merusak Diet

Shella Rafiqah Ully -

Cobaan terbesar bagi pecinta ayam goreng saat diet salah satunya adalah nggak boleh makan ayam goreng, bener kan Lemonizen? Selama ini ayam goreng punya reputasi yang kurang baik karena proses pengolahannya yang digoreng dengan banyak minyak yang kurang sehat. Padahal selain lezat, ayam goreng kerap jadi masakan andalan karena relatif murah dan mudah disajikan. 

Nah, sekarang kamu sudah nggak perlu khawatir lagi karena dengan mengikuti beberapa tips berikut kamu tetap bisa makan ayam goreng tanpa perlu khawatir merusak diet!

Hilangkan Kulitnya

Kulit ayam memang bagian lezat dari ayam goreng, terutama karena kulit ayam memberikan tekstur renyah yang disukai banyak orang. Tapi bahayanya, kulit ayam mengandung banyak lemak yang tidak sehat. Jadi, agar ayam goreng lebih sehat kamu harus lebih dulu buang bagian kulitnya. Untuk mendapatkan tekstur yang renyah kamu bisa melapisi daging ayam dengan tepung bumbu yang lezat. Penggunaan bumbu ayam goreng yang tepat juga bisa membantumu menjaga agar ayam tetap terasa lezat.

Pilih Bagian Dada Ayam

Kandungan lemak di bagian dada ayam lebih rendah dibandingkan kandungan lemak di bagian lain seperti paha atau sayap. Jadi, kalau lagi ingin makan ayam goreng pastikan kamu memilih bagian dada ayam untuk digoreng ya!

Goreng dengan Minyak yang Tepat

Agar ayam goreng lebih sehat, goreng dengan minyak yang tepat seperti minyak kelapa, minyak canola, atau minyak kacang yang mengandung asam lemak tak jenuh tinggi sehingga tidak mudah membentuk lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan. Ketiga jenis minyak goreng ini juga memiliki titik didih yang tinggi, sehingga tepat digunakan untuk menggoreng.

Goreng dengan Minyak Baru

Menggoreng dengan minyak jelantah tidak hanya merusak rasa dan warna masakan, tapi juga membuat masakan menjadi semakin tidak sehat. Minyak goreng yang telah digunakan berulang kali akan berubah komposisinya menjadi lemak trans yang berbahaya. Karena itu, penggunaan minyak goreng bekas sangat tidak disarankan untuk menggoreng. Goreng ayam dengan minyak goreng baru ya!

Gunakan Tepung yang Tepat

Melapisi ayam dengan tepung adalah cara tepat untuk memberi tekstur renyah pada ayam, bahkan bila bagian kulitnya dibuang. Tapi jangan pakai sembarang tepung untuk menggoreng ayam ya. Hindari menggoreng dengan tepung terigu karena tepung terigu menyerap lebih banyak minyak. Kamu bisa ganti tepung terigu dengan tepung beras atau tepung jagung untuk dapatkan ayam goreng yang tidak merusak dietmu.

Goreng Ayam dengan Cara yang Benar

Ayam goreng yang terlalu berminyak tentu tidak baik untuk kesehatan. Agar ayam tidak menyerap terlalu banyak minyak, ayam harus digoreng dengan suhu yang tinggi dan stabil, yaitu sekitar 180 derajat celsius. Setelah digoreng, tiriskan ayam dengan baik agar minyak yang berlebih tidak meresap. Bila perlu, tiriskan ayam goreng di atas tisu dapur selama beberapa menit agar minyak berlebih benar-benar terbuang.

Cara-cara tersebut bisa Lemonizen coba untuk membuat ayam goreng yang lebih sehat agar tetap bisa dimakan saat diet. Tapi cara terbaik tetaplah mengolah ayam dengan cara yang lebih sehat. Goreng ayam dengan sedikit minyak pada wajan anti lengket dan hindari menggoreng ayam dengan banyak minyak (deep fried).

Bila ingin menikmati ayam goreng tepung yang renyah, kamu bisa mengolah ayam dengan dipanggang dalam oven bersuhu 220 derajat celsius selama beberapa saat hingga ayam menjadi renyah dan berubah warna menjadi keemasan. Sajian ayam yang renyah dan sehat pun bisa tersaji untuk makanan selama dietmu. Selamat mencoba!

Bagikan Artikel

Produk Dalam Artikel Ini