Tips Atasi Migrain yang Efektif agar Lekas Membaik ada 5 Tipsnya yang Kamu Wajib Tahu

Migrain adalah sebuah kondisi di mana sering ditandai dengan sakit kepala yang intens dan melemahkan. Berbeda dengan sakit kepala biasanya, migrain ini bisa juga diawali dengan gejala mual, muntah, kesulitan berbicara, mati rasa atau kesemutan, serta kepekaan terhadap cahaya dan suara. Bagaimana tips atasi migrain agar lekas membaik? Simak ulasannya di bawah ini:

banner consideration shipping bg blue

1. Terapi Suhu dengan Menggunakan Kompres

Langkah awal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa sakit pada kepala adalah dengan meggunakan kompresan dingin atau hangat di kepala atau leher berefek dalam mengatasi sakit kepala sebelah. Pasalnya, kompresan dingin ini mampu membantu untuk meringankan rasa sakit yang dialami. Sementara kompresan hangat atau yang biasa juga disebut kantongan pemanas berfungsi untuk melemaskan otot-otot yang tegang, sehingga dapat meminimalisir migrain yang terjadi. 

2. Mengonsumsi Kafein

Tips atasi migrain yang kedua adalah dengan konsumsi kafein. Mengonsumsi kafein yang terdapat di dalam kopi secara berlebih memang bisa membuat kepala menjadi sakit, namun kafein juga mampu meredakan rasa nyeri saat terjadi migrain yang menyiksa. Sehingga dalam hal ini, mengonsumsi kopi bisa memberikan efek kelegaan dan juga dapat membantu tubuh menyerap beberapa obat migrain lebih cepat.
Bagi kamu yang tidak suka minum kopi, jangan dipaksakan untuk mengonsumsi kafein ini. Kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti mengompres menggunakan air hangat maupun air dingin, atau sekedar beristirahat yang cukup, dan tidak banyak pikiran sehingga bisa menimbulkan stres.

3. Makanan yang Kaya Vitamin B Kompleks

Selain mengonsumsi kafein, tips efektif mengurangi rasa sakit pada saat kepala migrain adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks. Kandungan yang terdapat dalam vitamin B kompleks membantu mengurangi kemunculan sakit kepala sebelah dengan cara mengatur zat-zat kimia di otak.

banner consideration promotion bg blue

Banyak sekali makanan yang mudah dijumpai dan mengandung vitamin B kompleks ini, seperti yogurt, kerang, telur, daging sapi, susu, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, salmon, organ dalam, daging ayam, dan biji bunga matahari. 

4. Jahe

Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang telah lama dipercaya menangkal masuk angin. Bahkan masyarakat Indonesia sendiri sering menggunakan jahe sebagai salah satu alternatif alami untuk mengatasi migrain. Sebuah penelitian juga telah menyebutkan bahwa jahe bisa menangani sakit kepala sebelah atau migrain, sehingga tidak salah jika masyarakat Indonesia menggunakan jahe sebagai obat alternatif mengatasi migrain. Kamu bisa meminum rebusan air jahe yang sudah dicampur dengan madu, atau mengonsumsi ekstrak jahe secara langsung.

5. Istirahat yang Cukup

Tips atasi migrain terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan istirahat dengan cukup. Pasalnya, bisa jadi migrain terjadi karena tubuh terlalu lelah beraktivitas sehingga otot-otot kepala dan leher menjadi tegang dan berakibat pada migrain. 
Untuk itu, kamu bisa menutup mata secara teratur untuk membantu mencegah migrain. Normalnya, waktu istirahat seseorang adalah 7-8 jam. Kamu bisa istirahat dengan tidur siang yang cukup sekitar 1-2 jam agar otot kembali berelaksasi dan tenang, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri pada kepala sebelah alias migrain.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah kelima tips atasi migrain secara efektif yang bisa kamu lakukan. Dengan mengetahui informasi ini, migrain yang bisa menyerang kamu tentu bukan lagi menjadi masalah ya! Namun harus selalu diingat jika migrain berlanjut dan tidak kunjung sembuh meski sudah mengkonsumsi obat, maka kamu akan sangat dianjurkan untuk pergi ke dokter, agar mendapat penanganan lebih lanjut. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami