Tak Hanya Pedas, Ternyata Cabai Kaya Akan Manfaat Kesehatan

Shella Rafiqah Ully -
Cabai jadi bahan makanan yang pasti selalu ada di dapur dan meja makan kita. Bagi sebagian orang, mengonsumsi cabai atau makanan pedas adalah sebuah kenikmatan. Sensasi rasa pedasnya akan bikin kita ketagihan. Makan nasi tanpa sambal akan hambar rasanya, makan gorengan tanpa cabai tidak akan nikmat rasanya. That’s why kita semua pasti uring-uringan kalau harga cabai melambung tinggi.

Kabar baik buat kamu pecinta cabai dan makanan pedas, ternyata selain memberikan cita rasa pada makanan dan menambah nafsu makan, cabai juga menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh lho! 

Cabai mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin A, Lycopene, vitamin B6, vitamin C, Kalium dan Capcaicin. Masing-masing nutrisi ini sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh serta mencegah penyakit. Berikut penjelasannya.

Vitamin C Pada Cabai Berfungsi Sebagai Antioksidan

Tubuh membutuhkan antioksidan untuk melindungi sel-selnya dari kerusakan atau molekul berbahaya dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mengkonsumsi cabai sebagai makanan yang kaya vitamin C secara teratur akan membantu melindungi tubuh dari penyakit kulit seperti kudis, akan meningkatkan imunitas, dan menangkal radikal bebas berbahaya.

Senyawa Capcaicin Pada Cabai Cocok Untuk Sukseskan Diet

Capcaicin tersimpan dalam urat yang bewarna pucat tempat menempalnya biji cabai. Sebenarnya, senyawa inilah yang menimbulkan rasa pedas atau sensasi seperti rasa terbakar atau panas di lidah saat menggigit cabai. Capsaicin dapat bekerja sebagai penekan nafsu makan dan meningkatkan perasaan kenyang sehingga ia jadi alat ampuh untuk sukseskan dietmu.

Kandungan Mineral Pada Cabai Dapat Mengendalikan Tekanan Darah

Cabai mengandung banyak mineral seperti kalium, mangan, besi, dan magnesium. Semua komponen ini sangat membantu kesehatan tubuh. Kalium misalnya, ia menjadi komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Sedangkan mangan biasanya digunakan oleh tubuh manusia sebagai faktor pendamping untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.

Makan Cabai Bisa Mengurangi Lemak dalam Tubuh

Cabai dapat membantu meningkatkan Lipid Catabolism yang akan mengurangi lemak dalam organ tubuh. FYI, katabolisme adalah proses perombakan molekul kompleks menjadi molekul yang sederhana. Ini penting bagi tubuh agar terhindar dari penyakit seperti obesitas, kolesterol, mengurangi resiko penyakit jantung atau cardiovaskuler. 

Kandungan Kapsisikolnya Bisa Redakan Pegal-Pegal

Pernah dengar atau pakai koyo cabai kan sebelumnya? Nah, koyo ini dibuat dengan tambahan senyawa kapsisikol yang ada pada cabai. Senyawa kapsisikol pada cabai ini memberikan rasa hangat alami sehingga dapat membantu meredakan pegal-pegal pada tubuh usai melakukan pekerjaan berat. Banyak juga ya manfaatnya.

Eits, tapi bukan karena punya segudang manfaat lantas kamu boleh mengonsumsi cabai atau makan makanan pedas dengan berlebihan ya. Tetap harus dijaga takarannya, sebab segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik apalagi jika berhubungan dengan kesehatan. Kalau tubuhmu sudah menunjukan reaksi alami perut panas dan melilit atau tenggorokan meradang, itu artinya kamu sudah harus berhenti dulu makan makanan pedasnya.

Mau rasakan segudang manfaat cabai dalam keseharianmu? Lemonilo punya solusinya. Cobain produk Chilita (Chili Tabur Alami) 40 derajat yang terbuat dari 100% cabai asli dengan kualitas terbaik. Chilita diramu dengan bahan-bahan alami terbaik, tanpa MSG tambahan, tanpa pengawet, dan tanpa pewarna. Kemasannya yang minimalis cocok untuk dibawa ke mana aja, dan bisa di sajikan dengan makanan apa saja!

Kamu pecinta sambal dan penggemar makanan pedas wajib punya. Yuk, pesan Lemonilo Chilita sekarang!
Bagikan Artikel

Produk Dalam Artikel Ini

Dikirim oleh Lemonilo
Lemonilo Chilita 40 Derajat
50 gr
(57)
Cashback 2%
Rp 17.500