Resep Spaghetti Carbonara yang Enak, Lezat, Mudah Bikin Dirumah

Makanan khas Italia yang satu ini memang sangat nikmat. Salah satunya adalah Spaghetti Carbonara. Hidangan ini memiliki citarasa dan aroma begitu legit yang dijamin bisa menumbuhkan selera makan. Makanan ini seperti halnya pizza sangat identik dengan negara Italia. Bahkan negara yang juga terkenal dengan sepakbolanya itu sering disebut dengan negeri Spaghetti. Bagi kalian yang suka dengan makanan khas Italia ini maka spaghetti carbonara resep adalah hal wajib yang harus kamu tau! 
Sebenarnya terdapat banyak resep spaghetti yang ada, tergantung dari bahan baku dan kombinasinya. Kali ini kita akan memasak spaghetti carbonara yang sausnya menggunakan bahan baku yang lebih murah dan mudah didapat yaitu susu cair.  
Inilah bahan-bahan yang harus kamu persiapkan:
  1. 200 gram Spaghetti
  2. 1 Liter air mineral
  3. 1/2 cup susu cair
  4. 1 butir Kuning Telur
  5. Chicken Nugget yang sudah digoreng secukupnya dan potong dadu
  6. 1 sdm Mentega
  7. 1 sdt Oregano
  8. 1 sdt Parsley
  9. Lada hitam secukupnya
  10. Garam dan Gula secukupnya.
Berikut ini adalah cara membuat spaghetti carbonara : 
  1. Pertama masak air hingga mendidih, lalu masukkan spaghetti dan sejumput garam. Masak sampai tekstur spaghetti sesuai yang diinginkan.
  2. Di panci yang berbeda masukkan susu cair, masak dengan api sangat kecil, jangan sampai mendidih, lalu matikan api.
  3. Kemudian masukkan sedikit susu kedalam mangkuk yang diisi telur, dan aduk perlahan. Lalu masukkan semua telur tadi ke panci dan aduk sampai rata.
  4. Setelah spaghetti matang, keluarkan airnya, campurkan dengan mentega selagi panas. Lalu tambahkan susu tadi kedalam panci tersebut. Masukkan nugget, garam, gula, oregano dan blackpepper. Aduk semuanya sampai rata dan mengental.
  5. Tata diatas piring, taburkan blackpepper dan parsley. Sajikan bersama saus carbonara yang harus kamu buat terlebih dahulu sesuai resep di bawah ini.

Resep untuk Saus Carbonara 

Cara pembuatan saus carbonara juga berbeda dari saus pasta yang lainnya. Satu hal yang membuat saus carbonara sangat khas, yaitu pencampuran telur dan keju lebih dahulu sebelum dijadikan menjadi saus. Untuk itu berikut resep membuat saus carbonara yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya.
banner consideration promotion bg blue
Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan diantaranya adalah:
  1. 2 butir kuning telur
  2. 2 butir telur
  3. 75 gr keju parmesan yang sudah diparut
  4. 2 sdm heavy cream
  5. 2 siung bawang putih dicincang
  6. 2 sdm minyak zaitun
  7. 2 lembar smoked beef, dipotong-potong
  8. garam dan lada secukupnya
Cara membuatnya adalah sebagai berikut: 
  1. Panaskan minyak zaitun. Masukan bawang putih dan smoked beef, masak hingga matang dengan api sedang agar minyak zaitun tidak mengeluarkan asap.
  2. Kemudian Kocok telur, kuning telur, heavy cream dan keju parmesan dalam wadah hingga merata. Lalu tambahkan garam dan lada bubuk secukupnya.
  3. Panaskan lagi tumisan bawang putih tadi, lalu masukkan semua bahan dan aduk merata hingga matang.
  4. Terakhir, masukkan spaghetti yang sudah dimasak tadi. Aduk sampai merata dan masak sebentar.
  5. Selesai. Spaghetti carbonara resep selesai dibuat dan siap dihidangkan. Selamat menikmati! 
Perlu diketahui juga bahwa cara penyajian spaghetti carbonara berbeda dengan spaghetti biasanya, di sini spaghetti dicampurkan langsung dengan saus, tidak dituang di atas pasta. Sehingga akan jauh lebih mudah dalam hal penyajiannya. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah cara membuat spaghetti carbonara resep yang lezat dan nikmat dan bisa kamu ikuti langkah-langkahnya dengan mudah. Selamat menikmati hasil masakan kamu bersama keluarga tercinta di rumah! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami