Mulut Kering? Jangan Khawatir, Inilah 4 Cara Mengatasi Mulut Kering!

Banyak gangguan kesehatan yang bisa saja membuat kamu merasa tidak nyaman untuk dirimu sendiri, salah satunya mulut kering. Gangguan kesehatan ini memberikan efek berupa sulit menelan atau sakit ketika berbicara. Hal ini disebabkan oleh produksi saliva (ludah) yang tersedat oleh kelenjar ludah di mulut. banner consideration shipping bg blue

Tak perlu panik atau cemas karena gangguan mulut kering ini bisa diselesaikan dengan beberapa cara. Tak perlu obat ataupun, kamu bisa mencoba beberapa cara dan bahan alami yang menjamin gangguan mulut kering ini tidak lagi terasa. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Basmi Mulut Kering Dengan Lemon

Lemon adalah salah satu jenis buah yang punya banyak manfaat alami untuk tubuh salah satunya membebaskan kamu dari mulut kering. Asam sitrat (citric acid) di dalam lemon merangsang kelenjar ludah untuk memproduksi ludah (saliva) yang memberikan sensasi basah pada mulut kamu. Selain itu, lemon juga menghindari infeksi oleh kuman di mulut yang menyebabkan bau mulut dan ganggua mulut lainnya. Caranya, peras lemon dan tambahkan sedikit madu, lalu minum. 

Aloe Vera, Sensasi Menyegarkan Dari Tumbuhan Multifungsi 

Selain membantu menutrisi dan menghitamkan rambut, aloe vera atau lidah buaya ternyata bermanfaat untuk menyembuhkan gangguan mulut kering. Aloe vera mengandung antioksidan dan beragam senyawa lainnya yang merangsang produksi saliva (ludah) di mulut dan mencegah infeksi mulut akibat mulut kering. Caranya, potong isi lidah buaya dan rebus sebentar dalam air. Setelahnya, masukkan ke dalam gelas dan beri sedikit madu untuk timbulkan rasa manis. 

banner consideration promotion bg blue

Minumlah Banyak Air Putih

Tak perlu repot untuk menyembuhkan mulut kering. Kamu bisa menyembuhkannya dengan banyak minum air putih. Selain memberikan sensasi basah pada mulut dalam waktu yang singkat, air putih juga merangsang kelenjar ludah untuk bekerja lebih optimal. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Hindari Merokok dan Bernapaslah Menggunakan Hidung

Salah satu kegiatan yang menjadi akar mulut kering diantaranya merokok. Asap yang dihasilkan ketika merokok menjadikan mulut menjadi terasa kering. Jika terus dibiarkan, merokok benar-benar menjadi penyebab timbulnya gangguan mulut kering. Untuk itu, berhentilah merokok. Selain itu, minimalisir bernapas dengan mulut karena udara yang keluar masuk lewat mulut memberikan efek kering pada rongga mulut. 
Sumber: Organicfacts
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami