Mudik Anti Panik Saat Bawa Si Kecil, Begini Persiapannya

Shella Rafiqah Ully -
Musim mudik telah tiba, perjalanan pulang ke kampung halaman tentu jadi hal yang membahagiakan bagi keluarga. Bagi keluarga yang memutuskan mudik dengan membawa si kecil haruslah melakukan persiapan ekstra untuk membuat si kecil tetap nyaman dan tenang selama dalam perjalanan hingga tiba ke tujuan. Berikut tips mudik anti panik yang bisa orang tua terapkan sebelum bepergian!

Pertama, sebelum menempuh perjalanan jauh pastikan keluarga sudah melakukan cek kesehatan lebih dulu. Misal, cek kondisi jantung atau paru keluarga sehingga dapat dipastikan apakah nantinya cukup aman dibawa selama perjalanan. Ini sangat penting untuk memastikan anak dan orang tua sedang dalam kondisi prima sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Selanjutnya, baik mudik naik pesawat atau melalui jalan darat, orang tua harus lebih dulu mengestimasikan waktu tempuh selama perjalanan hingga tiba di daerah tujuan. Perkiraan ini penting untuk menyesuaikan kebutuhan si kecil selama dalam perjalanan. Misal, saat berkendara melalui jalan darat ada kemungkinan menghabiskan waktu tempuh yang lebih lama sehingga keperluan ganti si kecil seperti popok bisa diperhitungkan lebih banyak.

Lalu, jangan lupa untuk membawa makanan, mainan dan obat-obatan. Tantrum pada si kecil bisa terjadi kapan saja. Pun, rasa lelah dan bosan selama perjalanan memang kerap tak terhindarkan. Menyodorkan makanan dan mainan pada si kecil bisa menjadi salah satu cara mengusir bosan dan lapar selama perjalanan. Orang tua bisa menyediakan mainan seperti mobil-mobilan, boneka, robot, buku bergambar dan camilan sehat untuk persiapan selama perjalanan.

Tips Mudik Naik Pesawat Bersama Si Kecil

Kapasitas bagasi pesawat terbatas sehingga ibu harus lebih selektif membawa barang. Penting untuk langsung memisahkan kebutuhan si kecil selama dalam perjalanan dalam satu tas khusus sehingga mudah diambil saat dibutuhkan. Saat naik pesawat, ibu dianjurkan untuk menyediakan lebih banyak minuman atau sesuatu yang bisa dikunyah oleh si kecil untuk mengantisipasi agar telinga si kecil tidak sakit karena tekanan udara saat lepas landas dan terbang. Usahakan juga untuk memilih penerbangan yang sesuai dengan jadwal tidur baik tidur siang maupun tidur malam, sehingga meminimalisir rasa lelah dan bosan pada si kecil. 

Tips Mudik Naik Mobil Bersama Si Kecil

Saat memutuskan mudik naik mobil, penting untuk menyiapkan ruang yang cukup agar anak bisa duduk dan tidur dengan nyaman selama berada dalam perjalanan. Bawa banyak makanan dan mainan untuk mengusir rasa bosan dan lelah si kecil, bawa juga selimut serta bantal kesayangannya. Saat berkendara, pilihlah jalur yang paling singkat dan banyak lokasi peristirahatannya sehingga dapat lebih banyak pilihan untuk berhenti agar anak dapat buang air, bermain, dan melepas bosan.

Jangan Ajak Si Kecil Mudik Naik Sepeda Motor!

Mengajak si kecil mudik naik sepeda motor apalagi untuk perjalanan jauh akan berisiko tinggi untuk keselamatan dan kenyamanan selama perjalanan. Sepeda motor menjadi alat transportasi paling tidak aman untuk digunakan berjalan jauh sebab saat kecelakaan terjadi, badan pengendara dan penumpang akan langsung bertabrakan dengan kendaraan lain ataupun jalanan. Selain itu, si kecil juga sudah tentu tidak nyaman dengan space kecil dan terhimpit dengan naik sepeda motor. 

Persiapan yang matang akan membuat mudikmu lebih aman dan menyenangkan meskipun membawa si kecil. Jadi, sudah siap mudik anti panik bersama anak?
Bagikan Artikel

Produk Dalam Artikel Ini

Dikirim oleh Lemonilo
Lemonilo Chilita 40 Derajat
50 gr
(132)
Cashback 3%
17.500
Rp 15.500
Hemat Rp 2.000