Mengolah dan Memasak Bihun Agar Kenyal dan Tak Mudah Hancur

Bihun menjadi bahan makan yang banyak ditemukan dalam berbagai hidangan nusantara seperti bihun goreng, soto, ketoprak, risol, dan hidangan lainnya. Walaupun bentuknya tampak serupa dengan mie, bihun memiliki trik dan cara memasak yang berbeda dengan mie. 

banner consideration shipping bg blue

Bila diolah dengan cara yang salah, bihun bisa jadi menggumpal dan lembek. Tentunya, hal ini akan merusak kenikmatan saat menikmati hidangan, ya? Lalu, bagaimana cara mengolah bihun yang tepat? Pelajari dan praktikkan tips-tips berikut ini untuk menyajikan bihun yang kenyal dan tak mudah hancur dalam hidangan buatanmu.

1. Pilih Bihun Berkualitas

1. Pilih Bihun Berkualitas
Kualitas bihun tentu akan mempengaruhi hasil sajian yang Lemonizen siapkan. Biasanya, kamu dengan mudah bisa menemukan bihun di pasar atau supermarket dalam 2 bentuk: Kemasan atau eceran. Sebisa mungkin, pilihlah bihun yang dijual dalam kemasan dan memiliki tanggal kedaluwarsa yang jelas tertera pada kemasannya. 
Hal ini dilakukan guna mencegah kamu membeli bihun yang sudah tersimpan lama. Hanya, jika kamu  terpaksa membeli bihun secara eceran, pilihlah bihun berwarna putih agak kusam untuk bihun beras atau berwarna agak kekuningan untuk bihun jagung.

2. Bihun Sebaiknya Tidak Direbus

2. Bihun Sebaiknya Tidak Direbus
Bihun punya karakteristik yang lebih rapuh dan lebih mudah matang dibandingkan mie telor atau mie jenis lainnya. Karena itu, agar bihun tetap kenyal dan tidak lembek, bihun sebaiknya tidak usah direbus. 
Rendam saja bihun dengan air hangat dan aduk sesekali agar bihun tidak saling menempel, kurang lebih sekitar 5 menit. Setelah itu, tiriskan bihun hingga kering.

3. Sesuaikan Waktu Merendam Bihun dengan Sajian yang Akan Disiapkan

3. Sesuaikan Waktu Merendam Bihun dengan Sajian yang Akan Disiapkan
Jika bihun akan langsung disantap setelah direndam, kamu perlu merendam bihun hingga sampai benar-benar matang dan mencapai tekstur kekenyalan yang kamu inginkan. 

banner consideration promotion bg blue

Jika bihun akan diolah untuk menjadi makanan lain, misalnya ditumis bersama bahan masakan lain untuk membuat bihun goreng, bihun hanya perlu direndam hingga setengah matang. Selain itu, kalau bihun akan digunakan dalam sajian seperti soto ayam, bihun tidak perlu direndam dulu. Hal ini perlu diperhatikan agar bihun tidak menjadi terlalu matang dan lembek.

4. Tambahkan Sedikit Minyak

4. Tambahkan Sedikit Minyak
Permasalahan ketika memasak bihun adalah bihun yang menggumpal dan menempel. Untuk menyiasatinya, segera tambahkan sedikit minyak wijen pada bihun yang telah ditiriskan. 
Bila tidak memiliki minyak wijen, kamu bisa menggunakan minyak goreng biasa. Tapi, penggunaan minyak wijen akan membantu menambah cita rasa bihun, apalagi kalau bihun akan diolah dalam sajian bihun goreng.

5. Bihun Tak Perlu Terlalu Sering Diaduk

5. Bihun Tak Perlu Terlalu Sering Diaduk
Bila bihun diolah dalam sajian yang ditumis seperti bihun goreng, usahakan untuk tidak terlalu sering mengaduk bihun untuk menjaga bentuk bihun. Bila terlalu diaduk saat ditumis, bentuk bihun akan rusak dan patah-patah.
 
Saat ini, sudah banyak variasi merk bihun yang bisa kamu gunakan sehingga kamu jadi punya banyak pilihan ketika hendak memasak bihun. Kalau kamu penyuka mie instan, Lemonilo juga punya pilihan Mie Goreng Instan Alami yang lebih sehat karena rendah gluten, tidak mengandung lemak trans, dibuat dari bahan alami, dan tidak mengandung pengawet ataupun MSG. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Walaupun warnanya hijau, mie goreng ini juga tidak mengandung pewarna buatan, karena warna hijaunya didapat dari sari bayam yang digunakan dalam proses pembuatannya. Kalau Lemonizen ingin menikmati bihun goreng atau mie goreng, Mie Goreng Instan Alami ini bisa jadi salah satu pilihan sajian lezat yang lebih sehat. Coba juga tips-tips di atas untuk menyajikan bihun goreng yang lezat, kenyal, dan tidak menggumpal. Selamat mencoba!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami