Mengenal Bumbu Dasar Dalam Nikmatnya Masakan Indonesia

Sebagai salah satu negara dengan banyak budaya, Indonesia terkenal dengan pesona kuliner yang beragam. Hampir tiap daerah memiliki masakan khas atau kuliner khas yang menggunakan bumbu dan cara masak andalan sebagai ciri khasnya. Misalnya, Sumatera Barat yang terkenal akan kenikmatan rendang atau Yogjakarta yang populer dengan gudegnya yang punya rasa khas. 

banner consideration shipping bg blue

Secara umum, masakan Indonesia terdiri dari beraneka rempah dan hampir semua masakannya menggunakan bumbu masak dan sambal yang terbuat dari rempah-rempah tersebut. Beberapa resep makanan memiliki kemiripan bahan penyusun bumbu masaknya sehingga Anda bisa menyiapkan beberapa bumbu dasar kemudian menambahkan beberapa bumbu tambahan sesuai dengan jenis masakan yang akan Anda buat. Berikut ini adalah beberapa bumbu dasar yang biasa digunakan di masakan Indonesia.

Bumbu Dasar Merah

Bumbu masak yang digunakan dalam masakan sambal goreng, balado, urap, rendang, pepes, nasi goreng, sambal bajak, dan gulai ini memiliki rasa pedas karena memang menggunakan cabai sebagai salah satu bahan penyusunnya. Untuk membuat bumbu dasar merah ini diperlukan cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan merica. Jika suka, Anda juga dapat menambahkan kemiri, ketumbar, dan terasi ke dalamnya. Haluskan semua bumbu lalu tumis sampai harum dan matang. Simpan dalam botol bersih bertutup rapat, hilangkan uap panasnya lalu simpan dalam lemari pendingin.

Bumbu Dasar Putih

Bahan pembuat bumbu dasar putih hampir mirip dengan bumbu dasar merah. Bedanya hanya pada penggunaan cabai di dalamnya. Bumbu dasar putih hanya terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar yang digiling halus bersamaan lalu ditumis sampai harum dan matang. Bumbu masak ini digunakan untuk masakan yang memiliki cita rasa gurih dan berwarna putih. Beberapa contoh makanan yang menggunakan bumbu masak ini antara lain adalah gudeg, sayur bobor, soto, lodeh, rawon, opor, oseng-oseng, tempe bacem, dan aneka tumis.

banner consideration promotion bg blue

Bumbu Dasar Kuning

Warna kuning pada bumbu masak ini berasal dari penggunaan kunyit. Bahan penyusunnya mirip dengan bumbu dasar putih dengan penambahan kunyit yang akan menambah aroma rempahnya. Masakan yang menggunakan bumbu masak ini merupakan masakan-masakan yang memilki rasa gurih dan berwarna kuning cerah. Beberapa contoh masakan yang menggunakan bumbu masak ini adalah kari, acar kuning, nasi kuning, kari ayam, pesmol ikan, pepes, dan ayam goreng.

Bumbu Dasar Oranye

Jenis bumbu masak ini merupakan variasi terbaru selain ketiga bumbu dasar di atas. Rempah-rempah yang digunakan juga lebih beragam. Untuk membuat bumbu masak ini diperlukan jintan, kapulaga, ketumbar, kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, merica, dan cabe merah keriting. Warna oranye timbul dari perpaduan warna kuning kunyit dan warna merah cabe merah keriting yang digunakan. Bumbu dasar oranye digunakan untuk masakan yang berwarna kuning cerah, cita rasa pedas, dan memiliki aroma rempah kuat seperti gulai atau pepes.

Bumbu Dasar Sambal Kacang

Bumbu sambal kacang biasa digunakan dalam masakan pecel, sate, gado-gado, lotek, serta rujak. Bahan-bahan penyusun bumbu masak ini adalah kacang tanah goreng, kemiri, bawang putih, gula merah, dan cabai. Untuk membuat bumbu yang satu ini memang cukup menyita waktu karena sebelum dihaluskan, kita harus menggoreng kacang tanah terlebih dahulu. Oleh karenanya, umumnya bumbu dasar sambal kacang disiapkan terlebih dahulu sebelum mengolah masakan inti.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami