Membiasakan Si Kecil Puasa Sehat, Begini Cara Kamu Memulainya!

Ramadan telah tiba, ini saatnya kamu dan keluarga mulai berpuasa. Biasanya, kamu dan keluarga butuh waktu adaptasi untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan waktu puasa. Nah, di saat seperti ini, anak-anak menjadi anggota keluarga yang paling sulit beradaptasi, apalagi untuk memulai puasa sehat. 

Jangan bingung. Puasa sehat itu memang harus dimulai sejak dini. Kemampuanmu untuk meng-handle kebiasaan buruk anak-anak menunjang kebisaan dan kebiasaan mereka berpuasa sehat di tahun-tahun berikutnta. Untuk itu, yuk simak beberapa tips memulai si kecil berpuasa sehat. 

Mulailah Dengan Mengurangi Permen dan Makanan Manis Kesukaannya

Anak-anak memang sangat menyukai makanan manis terutama permen ataupun manisan. Padahal, kedua jenis makanan ini bisa dibilang tidak baik untuk dikonsumsi terlalu banyak karena bisa membuat anak-anak rentan terkena diabetes. Untuk itu, mulailah mengurangi dan menjauhkan anak-anak dari permen atau manisan sehingga puasa mereka lebih sehat. 

Mulailah Memasak Makanan Sehat Untuk Sahur & Berbuka

Untuk mendukung puasa sehat si kecil, peran serta orang tua itu penting. Untuk itu, biasakan masak untuk sahur dan berbuka dengan santapan yang sehat. Buatlah dengan variasi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan mineral dan vitamin untuk pertumbuhannya. Selain itu, hindari MSG dan terlalu banyak gula agar tubuh si kecil bebas dari gangguan kesehatan apapun. 

Ceritakan Kenapa Ramadan Harus Sehat Pada Si Kecil

Memulai puasa yang baik adalah dengan membantu si kecil memunculkan motivasi besar di dalam dirinya. Untuk itu, kamu bisa mulai motivasi di dalam dirinya mengenai puasa sehat dengan menceritakan kenapa harus puasa sehat dan apa dampaknya untuknya. Dengan begitu, mulai terbentuk kesadaran di dalam dirinya. 

Jangan Terlalu Memaksakan Si Kecil Untuk Puasa Full



Di usia yang terlalu muda, kamu perlu bijak dalam menerapkan jam puasa bagi si kecil. Jangan terlebih dulu memaksakan dia untuk puasa full, terlebih kalau ini baru puasa pertamanya. Organ pencernaan dan metabolisme yang masih sangat aktif bisa membuatnya cepat lapar atau haus. Untuk itu, jika si kecil sudah merasa lemas atau mulai tidak bersemangat, cobalah berbicara dengannya. Jika dia sudah tidak kuat, persilahkan untuk menjalani puasa setengah hari.
Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membiasakan berpuasa sehat untuk si kecil. Ibadah merupakan hal yang wajib, namun lebih baik ketika kamu bisa menggabungkan ibadah puasa dengan kebiasaan sehat sehingga ibadahmu lebih punya faedah untuk iman dan tubuhmu. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami