Manfaat Lari Pagi Selain Membugarkan Tubuh Kamu, Ada 6 Manfaat Lainnya

Bangun pagi, ganti baju, mengenakan sepatu, dan olahraga lari pagi mungkin termasuk tantangan berat bagi kamu. Namun, ternyata olahraga yang murah dan mudah dilakukan ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat lari pagi? Yuk simak ulasannya.

banner consideration shipping bg blue

1. Jantung Sehat

Ketika berlari, tidak hanya otot-otot kaki saja yang bekerja dan meningkatkan fungsinya, tetapi jantung juga akan giat dalam memompa darah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi otot-otot yang digunakan untuk berlari. Apabila rutin melakukan lari pagi, maka jantung akan terlatih untuk terus bekerja dengan baik sehingga fungsinya menjadi lebih sehat dibanding jantung yang tidak terlatih. Hasil penelitian yang menunjukkan, bahwa dengan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan menekan resiko penyakit atau gangguan tekanan darah hingga 39%. 

2. Otot Kuat dan Sehat

Manfaat dari melakukan lari pagi selanjutnya adalah membantu membuat otot tubuh semakin kuat dan sehat. Otot merupakan bagian tubuh yang apabila semakin dipacu dengan taraf tertentu, maka akan semakin meningkat kemampuannya. Ketika otot-otot kaki digunakan untuk lari pagi, maka dia akan beradaptasi membentuk massa yang lebih padat, lebih banyak cadangan energinya, dan menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Namun ketika rutinitas lari pagi ini terhenti, maka otot akan kembali seperti semula.

3. Mengatasi Hipertensi

Gerakan lari pagi yang santai, terbilang cukup bagus untuk menjaga pola detak jantung. Hal ini membuat tekanan darah menjadi lebih normal dan detak jantung menjadi teratur. Bagi penderita hipertensi alias darah tinggi memang tidak boleh melakukan olahraga berat yang terlalu memacu kerja jantung. Namun, para pakar menyarankan agar mulai membiasakan lari pagi asal tidak boleh cepat-cepat. Konsultasikan dulu masalah ini dengan dokter kamu.

banner consideration promotion bg blue

4. Paru-Paru Sehat

Udara paling bersih dengan kandungan oksigen tertinggi adalah di pagi hari, saat kita lari pagi otomatis akan mendapatkannya. Terlebih saat berlari, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen dengan cara meningkatkan frekuensi nafas sehingga terhirup lah lebih banyak udara kaya oksigen ke dalam paru-paru. Maka hal ini akan membuat paru-paru menjadi lebih sehat.

5. Pernafasan Sehat

Udara yang masih segar membuat saluran pernafasan lainnya juga menjadi lebih sehat. Khususnya bagi mereka yang memiliki penyakit saluran nafas, seperti asma, PPOK, bronkitis, dan sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian yang melibatkan para penderita asma, mereka dianjurkan untuk lari pagi, yaitu berlari rutin setiap minggunya selama 3 bulan.  Hasilnya sungguh menakjubkan, serangan asma jarang kambuh setelah rutin melakukan lari pagi. Bahkan mereka jadi bernafas dengan lebih baik.

6. Otot Tidak Gampang Sakit

Mungkin kamu pernah mengalami rasa sakit pada otot-otot kaki setelah melakukan perjalanan jauh, atau pinggang pegal-pegal setelah mengangkat beban. Hal ini tidak akan terjadi pada orang yang memiliki otot kuat dan terlatih. Manfaat lari pagi ini akan membuat tubuh kamu bergerak aktif yang tentunya baik untuk proses metabolisme tubuh dan baik untuk membuat persendian tulang terlumasi dengan baik. 
Selain itu, juga akan membuat aliran darah menjadi lancar sehingga rasa nyeri dapat dihindari dan dapat diatasi. Ketika kamu mengalami pegal-pegal, maka cobalah untuk melakukan lari pagi secara perlahan dan rasakan manfaatnya.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat lari pagi yang bisa kamu rasakan jika melakukannya secara rutin. Dengan berbagai manfaat tersebut usahakan untuk selalu menyempatkan diri melakukan olahraga ini ya, agar kesehatan dan kebugaran kamu tetap terjaga. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami