Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang putih termasuk salah satu rempah-rempah asli Indonesia yang wajib tersedia di dapur. Memasak tidak akan lengkap rasanya jika tidak memakai bahan yang satu ini tersebut. Namun, selain untuk menyedapkan masakan, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi jika dimakan ketika masih mentah. Inilah berbagai manfaat bawang putih untuk kesehatan. 

banner consideration shipping bg blue

1. Mencegah Kanker

Manfaat pertama bagi kesehatan adalah mencegah kanker. Hal ini karena terdapat penelitian yang mengatakan bahwa rempah tersebut dapat menekan aktivitas sel kanker dalam tubuh. Dari hasil temuan tersebut, bawang memiliki potensi sebagai sumber anti kanker. 
Ada juga penelitian lain yang menunjukkan bahwa mereka yang terbiasa mengkonsumsi rempah tersebut berisiko lebih kecil terkena kanker usus besar. Namun, masih dibutuhkan penelitian yang lebih dalam untuk menerapkannya sebagai pengobatan secara medis.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menurunkan kolesterol. Rempah ini telah lama dipercaya menjadi makanan yang mampu untuk mencegah kolesterol tinggi. Hal ini terbukti pada penelitian yang sudah lama dimuat dalam Journal of Postgraduate Medicine, bahwa makan sekitar 10 gram atau 2 siung kecil rempah tersebut setiap hari berhasil menurunkan kolesterol cukup drastis dalam dua bulan.
Hasil penelitian ini ternyata diperkuat juga oleh hasil studi yang termuat dalam International Journal of Medical Science and Public Health di tahun 2016. Pada awalnya, ada tim peneliti yang berasal dari India, meminta sekitar 50 orang yang memiliki tingkat kolesterol tinggi untuk secara rutin makan 3 gram bawang mentah satu kali setiap hari. Hasilnya diperoleh setelah kurun waktu 90 hari, dan seluruh peserta tadi mengalami kadar penurunan kolesterol sekitar 10-13 persen.

3. Mencegah Pilek

Manfaat selanjutnya yaitu dapat mencegah pilek. Rempah tersebut dipercaya dapat mencegah pilek karena mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu untuk melawan virus. Berdasarkan hasil penelitian mengatakan bahwa mereka yang terbiasa mengkonsumsi rempah tersebut jarang mengalami flu dan pilek dan ketika mengalaminya akan lebih cepat sembuh dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsinya. Manfaat tersebut dapat dirasakan jika dikonsumsi ketika masih mentah karena bila dimasak terlalu matang dapat menghancurkan kandungan penting di dalamnya.

banner consideration promotion bg blue

4. Mengendalikan Tekanan Darah

Jika kamu termasuk orang yang memiliki hipertensi, menjaga pola makan adalah salah satu kunci agar tetap sehat. Kamu bisa mengkonsumsi bawang putih untuk mengatasinya. Hal ini karena kandungan allicin pada rempah tersebut bisa mengatasi tekanan darah. Namun hanya bisa didapat ketika siung yang mentah dikunyah, diulek, atau dipotong. Cara ini membuat allicin lebih mudah diserap oleh tubuh.

5. Mengatasi Jerawat

Manfaat yang terakhir yaitu dapat mengatasi jerawat. Berbagai studi yang dilakukan telah membuktikan bahwa allicin memiliki sifat antibakteri, antijamur, antivirus, dan antiseptik yang dapat membantu membunuh kuman penyebab jerawat kamu. Berbagai sifat ini akan membantu meredakan pembengkakan dan peradangan kulit, serta meningkatkan sirkulasi darah untuk mencerahkan rona kulit.
Selain itu, rempah yang satu ini juga mengandung vitamin dan mineral lain yang dapat membasmi jerawat, seperti vitamin C, vitamin B-6, selenium, tembaga, dan seng yang bermanfaat untuk mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, itulah manfaat bawang putih bagi kesehatan yang bisa kamu coba. Dengan mengetahui berbagai manfaat ini, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi bawang putih ya!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami