Kolaborasi Lemon dengan Bahan Alami Ini Bisa Jadi Senjata Atasi Ketombe

Shella Rafiqah Ully -
Ketombe yang tiba-tiba muncul di bahu pasti bikin gengges. Meski dianggap sepele, kehadirannya bisa sangat mempengaruhi rasa percaya diri. Masalah ketombe sebenarnya dialami oleh banyak orang, siapa sih yang seumur hidupnya nggak pernah ketombean? Data National Institute of Health juga menyebutkan, hampir separuh orang dewasa mengalami gangguan ketombe.

Walaupun demikian, jangan jadikan ini alasan untuk membiarkan masalah ketombemu jadi berlarut-larut lho ya! Paling tidak, pahami dulu kenapa ia sampai muncul dan mengganggu kemudian cari solusi untuk mengatasinya. Malu dong kalau lagi jalan sama gebetan atau lagi meeting sama atasan tiba-tiba ketombemu nyangkut di baju dan merusak keadaan? Apalagi, efek jangka panjangnya ternyata ketombe bisa menyebabkan kebotakan jika dibiarkan berlarut-larut sebab ia dapat menghambat folikel rambut.

Lantas, Apa Penyebab Munculnya Ketombe?

Ketombe biasanya muncul karena beberapa hal, bisa karena penyakit, jamur yang ada di kulit kepala, terlalu lama menggunakan penutup kepala, juga karena sensitivitas terhadap produk tertentu. 

Mengidap Dermatitis Seboroik

Orang dengan gejala dermatitis seboroik mengalami iritasi, kulit berminyak, dan mereka cenderung berketombe. Dermatitis seboroik berhubungan dengan jamur Malassezia, jamur yang biasanya hidup di kulit kepala dan memakan minyak yang dikeluarkan oleh folikel rambut. Jamur akan memakan minyak yang ada di lapisan kulit kepala sehinga kepala menjadi kering lalu mengelupas dan jatuh menjadi ketombe.

Menggunakan Produk Perawatan Rambut yang Tidak Cocok

Produk perawatan rambut tertentu dapat memicu kulit kepala bersisik merah, gatal, dan bersisik. Keramas dengan menggunakan produk yang tidak cocok dengan kondisi kulit kepala dapat menyebabkan ketombe, karena mengiritasi kulit kepala.

Terkena Penyakit Tertentu

Pengidap psoriasis, eksim, dan beberapa kelainan kulit lainnya cenderung lebih sering berketombe. Tinea capitis, infeksi jamur yang juga dikenal sebagai kurap kulit kepala adalah salah satu yang menyebabkan munculnya ketombe.

Kombinasi Lemon dan Bahan Alami Ini Bisa Atasi Masalah Ketombe, Coba Deh!

Jangan gusar dulu, kamu tetap bisa menyelamatkan penampilan dan kesehatan kulit kepalamu dari ketombe dengan campuran lemon dan beberapa bahan alami yang dapat dengan mudah kamu temui di rumah. Untuk informasi, lemon mengandung efek astringent (menciutkan) yang dapat menyeimbangkan sebum pada kulit kepala dan mencegahnya menjadi terlalu kering. Cek cara-cara berikut untuk atasi masalahmu segera!

 Kombinasi Lemon dan Bahan Alami Ini Bisa Atasi Masalah Ketombe, Coba Deh!

Campurkan Lemon dengan Madu Untuk Jaga Kulit Kepala Tetap Lembab
Madu mengandung senyawa anti-inflamasi dan antimikroba yang membantu menjaga aktivitas jamur di bawah kulit. Humektan menjaga kulit kepala tetap terhidrasi, sehingga mengakhiri masalah kekeringan dan gatal yang diakibatkan oleh ketombe. 

Cara pakainya, campurkan 1 sendok makan sari lemon dan 3 sendok makan madu lalu oleskan ke kulit kepala selama 30 menit. Lalu bilas dengan shampo seperti biasa. Untuk hasil maksimal, ulangi pemakaian setiap 3 hingga 4 hari sekali.

Campuran Lemon dan Yoghurt Bisa Sekaligus Menguatkan Rambut

Selain menghilangkan ketombe, mencampur lemon dan yoghurt untuk diaplikasikan di kulit kepala juag dapat seklaigus menguatkan rambut. Enzim dan asam alami dari kombinasi keduanya dapat sepenuhnya membantu menghilangkan ketombe. 

Campurkan sekitar 2 sendok makan yogurt dengan satu sendok makan sari lemon. Oleskan campuran tersebut ke kulit kepala dengan lembut. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan shampo ringan.

Kombinasi Lemon dan Aloe Vera Bantu Sehatkan Rambut Serta Bebas dari Ketombe

Lidah buaya memiliki sifat antijamur dan anti bakteri yang bisa membantu melawan kondisi dermatitis seboroik. Aloe vera juga memiliki sifat antiradang yang bisa membuat kulit kepala yang teriritasi jadi terasa lebih baik. Kombinasinya dengan lemon dapat sekaligus menyehatkan rambut.

Cara pakainya, campurkan sari lemon dengan satu sendok gel aloe vera lalu oleskan pada kulit kepala. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas kembali rambut dengan shampo ringan.

Bagaimana, mudah bukan? Yuk, mulai jaga kesehatan kulit kepala dari sekarang. Kulit kepala sehat bebas ketombe akan membuatmu jadi percaya diri dan menambah semangat beraktivitas.
Bagikan Artikel