Kenali 7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Lemonizen yang gemar memasak pasti sudah tidak asing lagi dengan cuka apel alias apple cider vinegar. Jenis cuka ini sering digunakan dalam berbagai resep hidangan, seperti salad, marinasi daging, bahkan minuman, untuk menambahkan rasa asam yang segar. 
Tak hanya sampai situ, cuka apel juga menyimpan manfaat untuk membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu. Sila simak ulasan berikut ini untuk mengetahui beragam manfaat cuka apel untuk wajah dan cara mengaplikasikan cuka apel dalam berbagai produk perawatan wajah sehari-hari kamu. Tapi, sebelum kamu tahu soal manfaat tersebut, yuk ketahui dulu kandungan di dalam cuka apel. banner consideration shipping bg blue

Kandungan Cuka Apel

Cuka apel adalah sebuah jenis minuman yang didapat dari proses fermentasi jus apel. Dalam proses fermentasi inilah, kandungan gula pada apel diubah menjadi asam asetat yang merupakan bahan aktif dalam cuka yang membuat cuka apel kaya manfaat.. Selain asam asetat, cuka ini juga mengandung vitamin (A, B1, B2, B6, C, dan E), potasium, kalsium, dan magnesium.
 
Walaupun masih termasuk dalam jenis cuka, cuka apel punya perbedaan sangat mencolok dengan cuka putih, salah satunya dari segi manfaat. Cuka apel diketahui tidak mempunyai manfaat, sedangkan cuka apel punya banyak bahan aktif yang berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah, membantu menurunkan berat badan, mengurangi lemak di bagian perut, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan jantung.

7 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah

Selain beragam manfaat kesehatan yang telah disebutkan di atas, jenis cuka ini juga dapat digunakan dalam rutinitasmu sehari-hari dalam menjaga kecantikan, salah satunya membersihkan dan mencerahkan wajah. Pertanyaannya, memangnya boleh membersihkan wajah dengan cuka apel? Tentu boleh!
 
Alami dan natural, jenis cuka alami ini mampu menghilangkan bekas make up dan membantu menyerap minyak berlebih penyebab jerawat. Tak hanya itu, berikut adalah beberapa manfaat yang kamu dapatkan dari cuka apel berkaitan dengan kecantikan. Check this out!

1. Mengurangi Bintik-Bintik yang Muncul Akibat Penuaan

Jika kamu cermat dan rajin mencari bahan dari produk kosmetik dan kecantikanmu, kamu akan menemukan bahwa salah satu unsur yang digunakan adalah Alpha Hydroxy Acid atau AHA. AHA inilah yang menjadi senyawa kimia yang sering kamu tempelkan di wajahmu demi tampil cantik nan mempesona. 
Beruntung, senyawa yang sama bisa kamu temukan dalam cuka apel (Apple Cider Vinegar). Tak heran, banyak ahli menyebut bahwa cuka apel dapat membantu menghilangkan kulit mati dan mendorong pembentukan sel kulit baru yang sehat sehingga kulit cantik terawat bukan hanya mimpi. Selain itu, bekas jerawat pada kulit pun akan memudar dan perlahan-lahan menghilang.

2. Mengatasi Jerawat

Sering risih dengan masalah jerawat membandel? Apalagi kalau mau ketemu dengan gebetan. Bakal jadi malu deh kalau ada jerawat! Nah, cuka apel jadi pilihan untuk membantu mengatasi jerawat membandel di wajah kamu.
Cuka apel diketahui mengandung asam malat yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Penggunaan cuka ini secara teratur pada wajah tentunya akan menghindarkan bercampurnya kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat. Tak heran, cuka ini cukup bisa kamu andalkan dalam soal menghilangkan jerawat.

3. Menyeimbangkan pH Kulit Wajah

Kamu sering merasakan kulit yang terlalu berminyak? Kulit terlalu kering? Atau, kulit wajah kurang kencang dan elastis? Itu bisa jadi disebabkan karena pH wajah yang kurang seimbang. Wah, gawat! pH yang kurang seimbang bisa saja mengundang gangguan kulit wajah lainnya. 
Jangan khawatir! Kamu bisa menggunakan cuka apel untuk membantu menyeimbangkan produksi sebum pada wajah. Kandungan pH pada cuka apel yang mirip dengan pH ada lapisan asam pada kulit menjadikan cuka ini cocok untuk digunakan sehari-hari untuk merawat kulit dan mencegah kulit wajah dari kering atau berminyak.

4. Mencegah Kerutan

Untuk kamu yang mulai khawatir dengan kerutan, cobalah menggunakan cuka apel setiap hari pada wajah. Kandungan asam di dalam apel memberikan manfaat untuk mengurangi garis-garis halus yang muncul pada wajah sehingga kamu akan tampil awet muda, mempesona, dan memikat. 

5. Menghilangkan Racun Dari Kulit Wajah

Polusi dan radikal bebas menjadi hambatan yang muncul pada kulit sehatmu. Hal ini kalau dibiarkan akan menimbulkan kulit kusam atau timbulnnya banyak jerawat yang memudarkan pesona wajah cantikmu. Bahkan, radikal bebas bisa saja menimbulkan kanker kulit yang tentunya kamu coba hindari. 
Untuk itu, cuka apel dapat kamu gunakan untuk membersihkan kulit wajah dan membuang racun penyebab kulit kusam dan jerawat. Kandungan beta karoten pada cuka apel juga membantu mencegah kerusakan kulit. Selain itu, kulit mati bisa diangkat dengan cuka ini sehingga wajah kamu tetap cantik dan terawat. Kandungan beta karoten pada cuka apel juga membantu mencegah kerusakan kulit.

6. Mengecilkan Pori-Pori

Seperti yang sudah disebutkan di atas, cuka apel mengandung Alpha Hydroxy Acid alami yang membantu mendorong pembentukan sel kulit baru sehingga penampilan kamu akan stand out dengan kulit wajah cantik, cerah, dan mempesona.
Tak hanya itu, kandungan AHA diketahui mampu mengecilkan pori-pori kulit sehingga menjadikan kulit halus ketika disentuh. Kandungan AHA juga memaksimalkan proses pigmentasi kulit yang menjadikan kulit wajahmu cerah.

7. Mengatasi Kulit yang Terbakar Matahari

Liburan di pantai yang seharusnya menyenangkan jadi terganggu karena masalah kulit terbakar matahari? Atasi masalah sakit dan perih pada kulit yang terbakar matahari dengan cuka apel. 
Kemampuan cuka apel untuk menyeimbangkan kadar pH kulit membantu kamu mengatasi masalah kulit terbakar matahari, mempercepat penyembuhan, serta mencegah kulit yang terbakar matahari menjadi lecet dan terkelupas.

Memanfaatkan Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Berminat mencoba menggunakan cuka apel secara rutin pada kulit wajah kamu? Cuka apel bisa digunakan dalam masker, toner, ataupun pembersih wajah kamu sehari-hari. Kandungan manfaatnya menjamin hasil yang terbaik untuk kulit wajahmu. 
Eits, tapi jangan sembarangan, lho. Kamu tidak disarankan untuk mengoleskan cuka apel secara langsung ke kulit wajah kamu. Tambahkan sedikit air sebelum kamu mengoleskan cuka ini ke kulit wajah. Berikut ini adalah beberapa produk kecantikan dengan bahan cuka apel yang bisa kamu aplikasikan sendiri di rumah.

1. Masker Wajah

Untuk kamu yang memiliki kulit wajah yang kering, kamu bisa mencoba membuat masker yang sangat mudah ini. Kamu hanya perlu mencampur 2 sendok makan madu dengan 1 sendok makan cuka apel hingga rata. Setelah itu, oleskan pada wajah yang telah dibersihkan, lalu biarkan selama 20 menit. Bilas dengan air hangat suam-suam kuku, lalu bilas kembali dengan air yang agak dingin. Masker ini bisa digunakan 3 kali seminggu untuk menenangkan kulit wajah yang rusak, melembapkan kulit wajah, menyeimbangkan pH kulit, dan mengatasi kulit wajah yang kering.
 

banner consideration promotion bg blue

Agar masker wajah ini memiliki efek mencerahkan kulit, kamu bisa menambahkan 2 sendok makan krim asam pada campuran masker wajah di atas. Masker ini bisa digunakan 2 kali seminggu untuk melembapkan kulit, membantu pengelupasan kulit mati, mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, menghilangkan bekas jerawat, dan mencegah timbulnya jerawat.

2. Toner Wajah

Toner biasanya digunakan setelah proses membersihkan wajah untuk membantu membersihkan sisa minyak dan makeup pada wajah. Toner yang bagus juga membantu menenangkan dan menghaluskan kulit wajah. 
Cuka apel juga bisa kamu gunakan dalam toner wajah. Untuk membuatnya, campurkan air dengan cuka apel dengan perbandingan 1 : 2. Misalnya, campur 100 ml cuka apel dengan 200 ml air. Setelah itu, oleskan toner ini dengan kapas lembut untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dan membantu menyehatkan kulit wajah. Tapi ingat, bila kulit kamu termasuk kulit yang sensitif, cuka apel sebaiknya dicampur dengan lebih banyak air untuk membuatnya menjadi lebih encer.

3. Garam Mandi

Kamu suka berendam di bak mandi dengan air hangat demi mendapatkan relaksasi setelah seharian beraktivitas?  Kamu tentu tidak melupakan menambahkan garam mandi sehingga waktu berendam kamu juga menjadi waktu yang tepat untuk membersihkan kulit. 
Supaya kebiasaan berendam ini jadi semakin bermanfaat, kamu bisa menambahkan cuka apel pada air rendaman yang kamu gunakan. Caranya, campurkan 500 ml cuka apel dengan 650 gram garam Epsom dan 15 tetes essential oil lavender ke air dalam bak mandi. Manfaat cuka apel untuk kesehatan kulit pun tak cuma kamu rasakan pada kulit wajah saja, tapi juga kulit tubuh.

4. Obat Jerawat

Cuka apel punya fungsi sebagai anti bakteri dan anti virus bagi tubuhmu. Untuk itu, tidak heran jika cuka apel banyak digunakan sebagai obat jerawat yang ampuh. Oleskan saja sedikit cuka apel yang telah dicampur dengan air pada bagian kulit yang mengalami masalah jerawat. 
Campurkan cuka apel dengan air pada perbandingan 1 : 3, misalnya 100 ml cuka apel dicampur dengan 300 ml air. Setelah itu, oleskan campuran cuka apel ini pada area kulit yang bermasalah jerawat. Biarkan selama sekitar 5 – 20 detik, lalu bilas dengan air, dan keringkan. Bekas jerawat pun perlahan-lahan akan menghilang dengan penggunaan cuka apel secara rutin.

5. Pereda Kulit Terbakar Matahari

Pernah merasakan sakitnya kulit terbakar matahari? Untuk itulah, kamu membutuhkan lotion yang membantu mencegah pembakaran kulit oleh matahari. Jika kamu lupa membawanya, kamu bisa jadikan cuka apel sebagai lotion alami yang mencegah kulit terbakar matahari. 
Cara membuatnya adalah campurkan sekitar 125 ml cuka apel dengan 1 liter air. Gunakan handuk atau lap bersih yang sudah dibasahi dengan campuran cuka apel dan air ini. Lalu, tepuk-tepuk lembut bagian kulit yang terbakar matahari menggunakan handuk atau lap bersih tersebut. Cuka apel tak hanya membantu mendinginkan kulit, tapi juga mendorong penyembuhan kulit yang terbakar matahari.

6. Mengatasi Gigitan Serangga

Kulit yang digigit serangga tentunya akan terasa gatal dan mengganggu. Ternyata masalah ini juga bisa diatasi secara alami dengan cuka apel. Kamu cukup menepuk lembut bagian kulit yang digigit serangga dengan kapas yang telah dibasahi dengan cuka apel. Asam dalam cuka apel membantu menghilangkan rasa gatal, sedangkan khasiat menyeimbangkan pH kulit yang dimiliki cuka apel membantu proses penyembuhan kulit.

Memilih Cuka Apel Terbaik

Saat ini, cuka apel bisa didapatkan dengan mudah di berbagai supermarket. Tapi untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang terbaik dari cuka apel, kamu wajib cermat dalam memilih cuka apel dengan kualitas terbaik. Lalu, bagaimanakah cara memilih cuka apel yang baik?
 
Ada beberapa jenis cuka apel yang bisa kamu pilih, namun pilihan terbaik adalah cuka apel organik yang belum dipasteurisasi dan belum disaring. Cuka apel organik tentunya lebih sehat karena bebas pestisida dan terbuat dari produk yang 100% alami. Selain itu, cuka apel yang belum dipasteurisasi dan belum disaring memiliki enzim dan bakteri bermanfaat yang lebih banyak dibandingkan cuka apel yang sudah dipasteurisasi dan sudah disaring. Maklum, cuka apel yang telah dipasteurisasi berarti telah dipanaskan dalam suhu tinggi sehingga beberapa bakteri dan enzim yang bermanfaat bagi kesehatan justru akan mati dalam proses tersebut.
 
Kalau kamu perhatikan, cuka apel yang belum dipasteurisasi dan belum disaring memang terlihat agak keruh. Biar begitu, kamu tidak perlu khawatir. Warna keruh dari cuka apel tidak berarti cuka apel sudah tidak segar, melainkan karena adanya bakteri dan enzim sehat dalam cuka apel tersebut. Selain itu, cuka apel yang berkualitas masih memiliki ‘Mother‘, alias lapisan menyerupai sarang laba-laba pada permukaan cuka apel. Keberadaan ‘Mother‘ ini menunjukkan bahwa bakteri dan enzim yang bermanfaat bagi kesehatan masih ada dan ‘hidup‘ pada cuka apel tersebut.
 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Berbagai manfaat kesehatan yang diberikan cuka apel membuat popularitas bahan alami ini semakin meningkat di masyarakat. Tentu saja, kamu tidak bisa hanya mengandalkan cuka apel untuk merawat kesehatan dan kecantikan. 
Asupan makanan yang sehat dan bergizi serta olahraga teratur tentu akan membuat kesehatan dan kecantikan kulit serta tubuh kamu semakin terjaga. Yuk, lengkapi gaya hidup sehat dengan memanfaatkan cuka apel untuk perawatan kesehatan dan kecantikan kulitmu!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami