Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui

Daun bidara adalah sejenis tanaman yang tumbuh di daerah kering. Berbagai manfaat daun bidara masih belum diketahui banyak orang. Padahal, faktanya tanaman yang dikenal dengan nama jujube ini mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, terutama bagian daunnya. Apa saja manfaatnya?Yuk, disimak! 

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara yang pertama adalah dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal ini karena daun bidara memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang sangat baik untuk membantu mempercepat proses regenerasi kulit. Berbagai jenis luka, seperti luka sayatan, lecet hingga luka akibat goresan dapat disembuhkan menggunakan daun bidara.
Selain itu, kandungan senyawa glikosida yang terkandung dalam daun bidara juga bisa menghilangkan bekas luka di kulit dan luka bakar. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu tinggal meminum rebusan air daun bidara. Selain itu kamu juga bisa mengambil bubuk ekstrak daun bidara, lalu campur sedikit air hingga menjadi pasta. Kemudian balurkan pada area yang kulit yang terluka.

2. Menyembuhkan Berbagai Masalah Pencernaan

Manfaat daun bidara selanjutnya dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, terutama maag. Hal ini karena daun bidara membantu meringankan dampak negatif dari asam lambung. Selain itu, risiko gangguan pencernaan lainnya juga dapat diatasi oleh daun bidara, karena daun bidara mampu membantu mengeluarkan racun di dalam pencernaan dan mencegah terjadinya infeksi pada salurannya.
banner consideration promotion bg blue
Cara menggunakan daun bidara untuk masalah pencernaan, minumlah air rebusan daun bidara secara rutin atau dengan cara mengaplikasikan daun bidara secara langsung pada bagian anus yang membengkak jika kamu sedang mengalami wasir.

3. Mengatasi Sariawan

Manfaat daun bidara selanjutnya dapat mengatasi sariawan dan beberapa masalah pada mulut lainnya. Bahkan, daun bidara juga dapat menjaga agar bibir terhindar dari pecah-pecah. Hal ini berkaitan dengan kandungan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Antioksidan dalam daun bidara tersebut dapat membentengi bakteri yang akan menetap di dalam mulut.

4. Mencegah Penuaan Dini pada Kulit

Menggunakan masker daun bidara dapat membantu mencegah keriput dan lingkaran hitam di bawah lingkaran mata kamu yang merupakan gejala awal penuaan dini. Kamu bisa menggunakan daun bidara berbentuk serbuk yang dicampur madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu balurkan pada wajah seperti masker dan biarkan sampai mengering. Kemudian bilas wajah kamu menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan dua kali seminggu agar wajah berseri dan mengurangi keriput.

5. Mengatasi Jerawat

Daun bidara bisa membantu membersihkan dan menjaga kulit kamu agar tetap sehat. Kandungan antibakteri di dalamnya dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah, siapkan 5 lembar daun bidara, lalu tumbuk sampai halus. Selanjutnya, tambahkan sedikit air atau perasan lemon hingga kental seperti pasta, lalu oleskan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Diamkan selama sekitar 20 menit atau sampai masker mengering. Bilas wajah hingga bersih. Lakukan cara ini sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan. Kamu juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotik agar lebih mudah.

6. Merawat Rambut

Cara menggunakan daun bidara untuk merawat rambut kamu yaitu dengan menjadikan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic rambut. Selain itu, kamu akan merasakan manfaat daun bidara yang dapat membuat rambut kamu lebih kuat dan mencegah dari kerusakan dan kerontokan.
Itulah manfaat daun bidara yang harus kamu ketahui. Dengan berbagai manfaat ini, daun bidara sangat dianjurkan untuk kamu gunakan secara rutin untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit maupun rambut kamu. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami