Inilah 7 Cara Menghilangkan Bau di Kulkas Kamu

Sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman untuk waktu yang lama, kulkas mutlak menjadi benda elektronik yang sangat dibutuhkan di rumah. Namun, kebiasaan menyimpan makanan atau minuman yang tidak benar bisa menyebabkan kulkas menjadi bau dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Untuk itulah memahami bagaimana cara menghilangkan bau kulkas menjadi hal penting yang harus kamu ketahui. 

banner consideration shipping bg blue

Penyebab kulkas menjadi bau sendiri bisa sangat beragam. Namun kebanyakan diakibatkan dari ketidak rapian dalam menyimpan makanan atau minuman di dalam kulkas. Selain itu juga bisa diakibatkan oleh beberapa sebab seperti adanya makanan atau minuman yang tumpah, sampai terlalu lama menyimpan makanan dalam kulkas hingga membatu ataupun berjamur. Inilah beberapa cara menghilangkan bau kulkas yang bisa kamu lakukan dengan mudah. 

1. Cuka

Jika kamu menyimpan cuka di dapur, ternyata cuka juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir bau kulkas. Caranya dengan cukup membasahi lap dengan cuka, lalu gosokkan di permukaan bagian dalam kulkas dan lapisan sekat kulkas. Kemudian biarkan selama 30 menit. Kulkas pun kembali segar dan bebas bau tak sedap. 

2. Lemon

Kesegaran aroma lemon memang patut diandalkan untuk melenyapkan segala macam bau, salah satunya bau kulkas yang menyengat. Caranya cukup tempatkan wadah berisi air yang diberi perasan air lemon di dalam freezer. Biarkan hingga setengah jam. Nantinya aroma dari lemon yang segar akan menggeser bau tak sedap di dalam kulkas menjadi lebih harum seperti lemon baru dipetik ketika kulkas kamu dibuka.

3. Vanili

Aroma vanili yang sedap ternyata tidak hanya berguna untuk memberi wangi pada kue, Tapi juga mampu mengusir bau kulkas yang tidak sedap. Caranya cukup dengan mengoleskan kapas dengan cairan vanili. Lalu tempatkan kapas ini di dalam kulkas. Biarkan hingga semalaman, keesokan hari bau kulkas yang menyengat akan berganti menjadi lebih segar dan wangi vanili.

4. Bubuk Kopi Hitam

Bubuk kopi hitam mempunyai sifat menyerap bau yang bisa dimanfaatkan untuk menangkal serangan bau kulkas yang tidak sedap. Caranya, bungkus tiga sendok bubuk kopi hitam menggunakan selembar tisu. Lalu letakkan ke bagian pojok dalam kulkas. Biarkan saja selama beberapa hari berlalu. Bubuk kopi akan menyerap bau di kulkas sehingga membuat urusan bau di kulkas jadi lebih mudah lenyap.

banner consideration promotion bg blue

5. Baking Soda

Cara menghilangkan bau kulkas selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda. Caranya tempatkan wadah berisi campuran air dan baking soda di dalam kulkas. Kemudian tutup kulkas dan biarkan beberapa saat. Selamat, bau kulkas perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

6. Garam

Penyedap rasa makanan yang satu ini bisa juga dipakai untuk menghilangkan bau menyengat di dalam kulkas. Caranya cukup larutkan sekitar satu genggaman tangan garam ke dalam larutan air hangat 3 liter. Celupkan spons ke dalam larutan tersebut lalu gosok permukaan kulkas yang bau. Pastikan garam dan air sudah tercampur rata dan larut, karena dikhawatirkan bila garam masih terasa kasar dapat menggores permukaan dinding kulkas.

7. Bersihkan Kulkas

Meskipun bau kulkas bisa diusir dengan bahan-bahan alami tersebut, sebaiknya kulkas dibersihkan secara teratur. Baik seminggu sekali, sebulan dua kali atau tiga kali. Keluarkan juga semua sisa makanan dan minuman yang tidak layak dikonsumsi lagi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Bersihkan permukaan lapisan dalam kulkas, sekat juga bagian dalam pintu kulkas. Jangan lewatkan juga untuk membersihkan sisa-sisa es batu yang menempel di permukaan freezer dengan cara mematikan kulkas hingga es bisa seluruhnya mencair.
Itulah 7 cara menghilangkan bau kulkas yang bisa kamu terapkan. Dengan melakukan 7 cara ini, maka bau tidak sedap bukan lagi menjadi masalah untuk kulkas kamu. Selamat mencoba!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami