Cara Mudah Mencairkan Daging Beku yang Cepat dan Aman

Bagi sebagian orang daging menjadi bahan makanan yang wajib ada di rumah. Hal ini karena adanya kebiasaan makan dengan daging sebagai lauk pauk. Daging juga termasuk salah satu sumber protein yang baik, 100 gram daging saja terkandung kurang lebih 25 gram protein. Jumlah ini setara dengan setengah dari kebutuhan protein harian tubuh. Hal ini menjadikan daging beku harus tersedia di kulkas agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, ketika daging ingin diolah, mencairkan es yang ada pada daging menjadi salah satu masalah yang sering terjadi. Inilah 2 cara mencairkan daging beku yang cepat dan aman. 

banner consideration shipping bg blue

1. Menggunakan Air Dingin

Cara mencairkan daging beku menggunakan air dingin sangat cepat cair dan terbilang aman. Cara ini juga jauh lebih cepat dibandingkan dengan mencairkannya di dalam suhu kulkas. Namun, daging yang telah dicairkan dengan menggunakan air ini harus segera mungkin dimasak.
Cara mencairkannya, masukkan daging ke dalam kantong yang bisa ditutup rapat atau plastik pouch yang bisa melindungi daging agar tidak terserang bakteri yang ada di dalam air atau udara. Pilihlah kantong plastik yang berukuran besar dan tutup rapat kantong tersebut sambil mengeluarkan udara yang ada di dalamnya.
Setelah itu, rendam kantong yang berisi daging ke dalam mangkuk yang telah diiisi air dingin. Biarkan daging terendam dengan penuh hingga dagingnya benar-benar mencair. Setiap 30 menit sekali, buang airnya dan isi kembali dengan air yang baru. Ini berguna supaya air tetap dingin dan segar.

banner consideration promotion bg blue

Setelah es yang terdapat pada daging mencair, kamu bisa sesegera mungkin memasaknya. Hal ini perlu dilakukan sebab daging tersebut telah terpapar suhu yang hangat. Karenanya, daging harus segera dimasak dan jika ingin membekukannya kembali, harus tetap memasaknya terlebih dahulu.

2. Menggunakan Microwave

Cara mencairkan daging beku berikutnya dengan menggunakan microwave. Cara ini terbilang cukup mudah dilakukan dan aman. Hal ini karena microwave bisa mencairkan daging beku hanya dalam waktu beberapa menit. Namun, mencairkan daging dengan microwave bisa membuat daging matang sebagian atau membuatnya menjadi keras sehingga mempengaruhi kualitas makanan.
Cara mencairkan daging beku menggunakan microwave adalah sebagai berikut: 
  1. Buka pembungkusnya terlebih dahulu. 
  2. Lalu letakkan dagingnya pada wadah seperti piring yang terbuat dari keramik atau kaca yang tidak tercampur dengan bahan logam.
  3. Selanjutnya, masukkan daging beku tersebut ke dalam microwave lalu tekan tombol defrost. 
  4. Selama proses pencairan daging di microwave, kamu bisa melakukan pengecekan daging setiap satu menit atau lebih dengan cara menekan tombol pause untuk memeriksa dagingnya agar tidak masak.
  5. Kamu bisa cek daging dengan cara menyentuhnya. Apabila daging sudah terasa hangat tekan pause, biarkan daging menjadi dingin dahulu selama satu menit atau lebih lalu melanjutkan untuk mencairkannya lagi. Setelah daging beku sudah mencair keluarkan daging tersebut dari microwave.
Daging beku yang sudah cair bisa langsung diolah untuk dimasak menjadi makanan favorit kamu. Hal karena daging sudah terpapar suhu yang hangat sehingga memungkinkan tumbuhnya bakteri. Oleh karena itu, daging harus segera dimasak agar tidak terkontaminasi bakteri. Apabila ingin dibekukan kembali, ada sebaiknya untuk memasaknya terlebih dahulu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah cara mencairkan daging beku yang cepat dan aman. Dengan mengetahui tips mudah ini, daging beku sudah bukan lagi menjadi halangan untuk proses memasak kamu. Selamat mencoba! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami