Cara Mendidik Anak yang Baik, Inilah 5 Tips Mudahnya

Mendidik anak termasuk salah satu tugas orangtua yang paling sulit. Pasalnya, anak-anak merupakan masa di mana si kecil masih ingin bebas melakukan hal sesuai keinginannya. Cara mendidik anak yang dilakukan setiap orangtua pun berbeda-beda, ada yang lebih sabar, tapi ada juga sebaliknya yang cenderung marah-marah bahkan melibatkan kekerasan seperti menjewer, memukul, atau membentak. Untuk itu berikut tips cara mendidik anak yang baik. 

banner consideration shipping bg blue

1. Menebarkan Cinta

Sebagai orang tua kamu cenderung berpikir bahwa anak-anak secara alami akan mencintai, bersikap murah hati, dan penuh dengan kasih sayang. Hal ini memang benar, namun sebagai orang tua kamu memiliki kewajiban juga untuk mengajarinya. Biarkan Si anak melihat bagaimana cara kamu menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada orang-orang di dalam lingkungan sekitarnya.
 
Berikan ciuman dan juga pelukan pada pasangan kamu ketika sedang bersama anak-anak. Katakan padanya bahwa kamu sangat mencintai dan menyayangi kakek, nenek, paman, dan semua anggota keluarga kamu. Hal ini dapat menularkan rasa cinta dan kasih pada anak-anak sehingga saat dewasa ia akan tumbuh menjadi pribadi yang penyayang dan penuh kasih kepada orang-orang di sekitarnya.

2. Memiliki Sopan Santun

Ajarkan pada anak kamu tentang sopan santun. Tunjukkan padanya bahwa saat meminta bantuan harus mengatakan “tolong”, mengucapkan “terima kasih” ketika telah ditolong atau diberikan sesuatu oleh orang lain dan mencium punggung tangan orang yang sudah tua. Hal ini bisa membantunya untuk menjadi anak yang memiliki sikap sopan, terutama pada orang yang berusia lebih tua.

3. Mengajarkan Keadilan

Ketika anak kamu merasakan iri pada mainan temannya sehingga merusak mainan tersebut, kamu dapat menggunakan kejadian tersebut untuk mengajarkannya agar bersikap adil. Caranya, dengan mendengarkan terlebih dahulu apa alasannya merusak mainan temannya, lalu nasehatilah dia agar mau meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan pada temannya itu. 

banner consideration promotion bg blue

Setelah itu, kamu bisa menyarankannya untuk mengganti atau membantu membereskan mainan temannya yang telah dia rusak. Hal ini dapat mengajarkannya bagaimana untuk bersikap adil dan belajar untuk menebus kesalahannya terhadap temannya.

4. Menerapkan Kejujuran

Nilai kejujuran sangat penting  diajarkan pada Si anak. Cara terbaik untuk mengajarkannya, yaitu dengan menjadi orang yang jujur ketika bersamanya. Kamu harus menjadi orang yang jujur untuk mengajarkan nilai kejujuran padanya agar anak dapat mencontohnya secara langsung. Biarkan dia mengetahui sikap jujur kamu, baik pada pasangan, tetangga, dan orang dewasa lainnya. 
Usahakan juga untuk tidak bereaksi berlebihan ketika anak sedang berbohong pada kamu. Atasilah dengan membantu Si anak untuk mengatakan sesuatu hal dengan jujur sehingga dia akan terdorong untuk selalu berkata dan bertingkah jujur.

5. Jangan Ragu Memberi Hukuman

Banyak orangtua yang tidak tega jika harus memberikan hukuman pada anak. Memberi hukuman diperlukan untuk menunjukkan sikap tegas dalam mendidik anak. Akan tetapi ingat, kamu juga harus mengukur hukuman yang diberikan pada si anak, jangan terlalu memberatkan dan menyakitinya. Hal ini dilakukan agar membuat anak belajar disiplin.Misalnya saja, saat si kecil memukul, menggigit, atau melemparkan makanannya, kamu bisa menghukumnya dengan membawa si kecil ke kamar. 
Selain itu kamu juga bisa memintanya untuk diam di ruangan tersebut dan memikirkan apa yang telah ia lakukan selama beberapa saat. Di sini kamu ajarkan bagaimana harus bersikap lebih tenang dan berikan pemahaman terkait sikapnya yang perlu diperbaiki beserta alasannya. Cara Mendidik anak ini dapat membuat anak belajar bahwa tidak semua hal dapat dia lakukan begitu saja, terlebih jika itu merugikan orang lain.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 5 cara mendidik anak yang baik. Dengan menerapkan cara untuk mendidik anak yang baik tersebut, maka pertumbuhan dan perkembangan anak bisa menjadi lebih baik karena dididik dengan lingkungan yang mendukung bagi tumbuh kembangnya. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami