Waspada! Kosmetik Yang Sering Anda Pakai Ini Memicu Kanker Loh...

N Gunawan -
Berbagai macam kosmetik telah hadir dan menjadi salah satu cara bagi banyak orang untuk tampil lebih cantik dan menarik. Ketika memilih kosmetik, banyak orang yang hanya melihat warna, tekstur, atau formula dari produk tersebut saja. Padahal, seharusnya komposisi dari produk kosmetik tersebut diutamakan pada saat memilih kosmetik. Hal ini disebabkan karena beberapa penelitian telah menyatakan bahwa beberapa bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam kosmetik ternyata berbahaya dan bahkan dapat memicu kanker!

Namun, Anda tak perlu khawatir. Untuk memperoleh kecantikan, Anda tidak harus mengorbankan kesehatan. Anda hanya perlu lebih cermat dalam mengecek komposisi dari kosmetik yang Anda gunakan. Yuk, baca informasi berikut dan hindari bahan-bahan berbahaya berikut agar Anda tetap sehat saat memakai kosmetik!

Cat Kuku

Walaupun terlihat manis pada kuku, beberapa cat kuku ternyata sangatlah berbahaya bagi tubuh karena memiliki kandungan phthalates. Phthalates merupakan bahan kimia yang membantu mengawetkan warna serta aroma dari cat kuku tersebut. 

Penggunaan cat kuku dengan komposisi phthalates dalam jangka panjang sangat berbahaya dan bahkan para ibu yang sedang hamil dan menyusui biasanya dilarang untuk menggunakan cat kuku. Selain berbahaya bagi ibu hamil, phthalates yang digunakan dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan gangguan hormon serta dapat memicu penyakit kanker. 

Skin Care

Paraben adalah bahan yang paling sering ditemukan dalam skin care atau produk perawatan kulit. Paraben merupakan bahan kimia yang berfungsi sebagai pengawet kosmetik. Penggunaan paraben yang terlalu berlebihan telah dikaitkan dengan beragam masalah kesehatan. Hal tersebut diakibatkan karena kulit akan menyerap paraben hingga ke sistem peredaran darah. Paraben yang terserap ke sistem peredaran darah dapat berdampak buruk terhadap hormon serta sistem imunitas tubuh. 

Selain itu, paraben juga berkaitan dengan gangguan fungsi sistem reproduksi serta kanker payudara. Bahayanya, bau zat kimia beracun ini biasanya dapat ditutupi dengan fragrances atau wangi-wangian yang telah ditambahkan ke dalam produk sehingga Anda tidak merasa terganggu ketika menggunakannya. 

Deodorant

Deodorant memang sangat penting bagi orang yang mengeluarkan keringat secara berlebihan dan memiliki masalah bau badan. Namun, banyak deodorant memiliki zat kimia berbahaya sehingga dapat memicu kanker payudara. Pada umumnya, salah satu bahan yang terkandung dalam deodorant adalah triclosan. Triclosan dapat menyebabkan gangguan sistem hormon pada tubuh serta menghambat pertumbuhan payudara.

Bahan lain yang sering terkandung dalam antiperspirant deodorant adalah aluminium atau logam berat lainnya. Aluminium atau logam berat dapat memberi efek samping yaitu iritasi pada organ tubuh serta dapat memicu kanker payudara. Oleh sebab itu, pilihlah deodorant yang mengandung bahan-bahan alami seperti dari minyak kelapa atau minyak bergamia, serta memiliki wangi yang alami dan natural. 

Pewarna Rambut

Meskipun belum jelas resiko kanker yang disebabkan oleh penggunaan pewarna rambut, penelitian telah menyebutkan bahwa kebanyakan pewarna rambut memiliki kira-kira 5000 zat kimia di dalamnya. Di antara zat kimia tersebut, terkandung paraben, ammonia, serta PPD (para-phenyulenediamine) yang sangat beracun dan dapat memicu kanker. 

Walaupun pewarna rambut dapat membuat penampilan Anda lebih trendi dan menarik, berhati-hatilah dalam memilih pewarna rambut. Pilihlah pewarna rambut yang dibuat dari bahan-bahan alami seperti ekstrak tumbuh-tumbuhan. Tak hanya itu, pilih juga pewarna rambut yang dapat menutrisi dan meningkatkan kesehatan rambut Anda. 

Di jaman sekarang ini, begitu banyak produk-produk kecantikan yang ditawarkan ke hadapan Anda. Namun, bukan berarti menjadi lebih cantik dan menarik harus sampai mengorbankan kesehatan Anda. Bijaklah dalam memilih produk kecantikan dan pastikan tidak ada bahan-bahan berbahaya di dalamnya. Jika ada bahan-bahan yang tidak Anda mengerti, segera cari tahu atau konsultasikan ke spesialis kecantikan Anda. Jika Anda ragu, cek bagian “Beauty & Body” di Lemonilo untuk mendapatkan produk-produk kecantikan yang alami dan sehat untuk Anda!

Bagikan Artikel

Produk Dalam Artikel Ini

Good Vibes Organic Brightening Deodorant
16 ml
(3)
110.500
Rp 85.000
Hemat Rp 25.500
Peek.Me Luscious Lipbalm Chocomint
5 gr
(1)
58.500
Rp 45.000
Hemat Rp 13.500
Tattvika Anti Acne Serum
15 ml
266.500
Rp 205.000
Hemat Rp 61.500
16 ml
(4)
91.000
Rp 70.000
Hemat Rp 21.000
100 ml
(4)
130.000
Rp 115.000
Hemat Rp 15.000
150 ml
(1)
Cashback 2%
221.000
Rp 180.000
Hemat Rp 41.000