Agar Tak Latah Beli Makanan Berpengawet Buatan, Ini Tipsnya!

Makanan kemasan dengan kandungan bahan kimia berupa pemanis dan pengawet buatan tak lepas dari keseharian kita. Salah satu alasan konsumsinya adalah karena makanan kemasan dikenal praktis dan dan tahan lama untuk disimpan. Sayangnya, masih banyak produsen penghasil makanan kemasan yang tidak peduli pada dampak buruk pengawet bagi kesehatan konsumen. 

banner consideration shipping bg blue

Tahukah kamu, latah membeli makanan dengan kandungan pengawet dan pemanis buatan ini berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Bahkan resikonya bisa sampai menyebabkan kematian. Yuk, simak tips berikut agar terhindar dari membeli produk makanan kemasan yang mengandung bahan pengawet buatan yang berbahaya!

1. Cermati Daftar Bahan Pada Makanan Kemasanmu Sebelum Putuskan Beli

1. Cermati Daftar Bahan Pada Makanan Kemasanmu Sebelum Putuskan Beli
Ada baiknya bekali dulu dirimu dengan pengetahuan seputar bahan-bahan kimia yang berupa pemanis dan pengawet buatan. Ini penting sebab sebelum putuskan membeli makanan kemasan kamu harus lebih dulu cermati daftar bahannya.

banner consideration promotion bg blue

Misal, cermati kadar BHA (Butylated hydroxyanisole) dan BHT (Butylated hydroxytoluene) dalam makanan kemasanmu. Kedua bahan ini adalah pengawet yang paling dominan digunakan dan bersifat karsinogen yang jika kamu konsumsi terus menerus ini dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan tumor. Duh, bahaya banget kan!

2. Selalu Pilih Produk yang Sudah Lulus Uji Kelayakan BPOM

2. Selalu Pilih Produk yang Sudah Lulus Uji Kelayakan BPOM
Ini penting untuk memastikan makanan kemasan yang akan kamu beli sesuai dengan standar kesehatan dan keselamatan konsumen. Cek kemasannya, apakah ia sudah diberi label sah oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)? Kalau sudah, kamu bisa mengonsumsinya tanpa perlu khawatir. BPOM sendiri menyarankan kamu untuk terapkan proses cek kemasan, label, izin edar, kedaluarsa (Ce-KLIK) pada produk tiap kali akan membelinya. Jangan sampai skip loh ya!

3. Yuk, Mulai Olah Sendiri Makananmu dengan Bahan-bahan Dasar!

3. Yuk, Mulai Olah Sendiri Makananmu dengan Bahan-bahan Dasar!
Daripada berjudi dengan segala dampak buruk dari kandungan bahan kimia dalam makanan kemasanmu, kenapa tidak mencoba untuk mengolahnya sendiri? Untuk membuat saus alami tanpa pengawet misalnya, kamu bisa menggunakan campuran tomat segar dan tepung tapioka. Kamu bisa masak semua makananmu dengan bahan-bahan dasar sedari awal. Alih-alih menggunakan vetsin sebagai penyedap pada hidangan sop buatanmu, lebih baik gunakan rempah yang memang jadi kekayaan Indonesia!

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami