Agar Dapurmu Selalu Bersih dan Nyaman Digunakan, Lakukan 5 Hal Ini ya!

Lemonizen pasti setuju kalau dapur yang bersih dan nyaman akan membuat kita semakin semangat memasak. Dapur yang bersih membawa suasana positif dan bikin kita betah berlama-lama sehingga bisa dengan nyaman meracik masakan untuk keluarga tersayang. Apalagi di bulan Ramadan seperti sekarang, di mana kita jadi lebih banyak menghabiskan waktu di dapur karena harus menyiapkan masakan sahur dan berbuka.

banner consideration shipping bg blue

Menjaga dapur tetap bersih dan terawat setiap hari memang bukan hal mudah, tapi jangan khawatir dulu. Mama Nilo punya 5 tips bersih-bersih dapur yang bisa kamu lakukan agar dapurmu selalu bersih dan terawat sehingga nyaman digunakan.

1. Atur Sirkulasi Udara di Dapur

Salah satu masalah dapur yang sering dijumpai adalah sirkulasi asap atau udara yang tidak diatur dengan baik. Asap dari proses memasak jika tidak bisa disirkulasikan dengan baik akan berputar-putar di dapur dan membuat lingkungan dapur menjadi tidak sehat dan nyaman. Apalagi, kalau dibiarkan terus-menerus, uap minyak yang bercampur dengan uap air juga dapat merusak dinding dapur.
Nah, supaya hal tersebut nggak terjadi, pastikan agar dapurmu memiliki jendela ya. Selain sebagai penerangan, jendela juga bisa menjadi sumber sirkulasi udara yang baik. Kamu juga bisa memasang exhaust fan atau cerobong asap yang berfungsi untuk menyerap udara panas dan bau tidak sedap selama memasak. 

2. Rajin-Rajin Memilah Sampah ya!

Sampah yang nggak dipilah dengan baik akan berdampak pada lingkungan. Pilah sampah secara sederhana menjadi dua jenis; sampah yang mudah terurai dengan tanah (sampah basah, sisa makanan, kertas, dll) dan sampah yang sulit terurai dengan tanah (plastik, botol, styrofoam, dll). Sampah yang mudah terurai bisa kamu olah kembali menjadi pupuk dan yang tidak terurai bisa kamu berikan ke pusat pengolahan sampah. Nah, dapur jadinya lebih nyaman karena sampahnya sudah dibersihkan!

banner consideration promotion bg blue

3. Bersihkan Wastafel atau Tempat Cuci Piring

Lemonizen masih ada yang suka kelupaan membersihkan wastafel setelah memasak? Sebaiknya wastafel atau tempat cuci piring langsung dibersihkan setelah memasak ya. Perlengkapan memasak dan sisa-sisa kotoran setelah memasak jika tidak segera dibersihkan akan menjadi sumber kuman, jadi baiknya selalu pastikan wastafel dan tempat cuci piring bersih ya. 

4. Rajin Bersihkan Isi Kulkas

Hal berikutnya adalah rajin-rajin membersihkan isi kulkas. Pertama, pastikan kulkas dibersihkan berkala dari noda tumpahan bumbu dan makanan atau kotoran lain yang bisa menimbulkan bau tidak sedap juga menjadi sumber kuman. 
Kedua, pastikan membersihkan isi kulkas dari produk-produk yang sudah kadaluarsa. Cek kembali stok makanan atau bumbu di dalam kulkas, mulai dari kecap, soy sauce, sambal dan pastikan semua masih dalam rentang waktu yang aman digunakan. Segera buang jika sudah ada yang melewati tanggal kadaluarsa ya.

5. Letakkan Barang Berbahaya di Tempat Aman

Tips yang terakhir ini nggak kalah penting, apalagi kalau di rumahmu banyak anak kecilnya. Letakkan barang dapur berbahaya di tempat yang aman seperti laci atau rak di bagian atas. Berbahaya itu maksudnya seperti beragam jenis pisau, blender, dan benda tajam lainnya. Jadi, jika kamu memasak di dapur dengan mengajak si kecil juga, dapurmu akan tetap aman dan kamu bisa tetap memasak dengan nyaman.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Ada banyak tips lain juga untuk membuat dapurmu semakin bersih dan nyaman. Tapi, 5 tips di atas jadi tips dasar yang bisa kamu coba mulai praktikkan dari sekarang. Yuk, mulai merawat dapur agar tetap nyaman dan bersih jadi masak masakan sehatmu jadi lebih semangat! Selamat mencoba, Lemonizen.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami