Ada Minuman Terbaik Dan Terburuk bagi tubuh Anda, Minuman Mana Yang Sering Anda Konsumsi?

Berbicara tentang gaya hidup yang sehat, hal pertama yang mungkin Anda bayangkan di dalam pikiran Anda adalah beragam makanan sehat untuk Anda konsumsi. Hal ini tentu tidaklah salah mengingat makanan sehat yang Anda konsumsi memang punya peranan penting untuk tubuh dan gaya hidup sehat Anda. Walaupun begitu, janganlah lupa bahwa minuman yang Anda minum juga mempunyai dampak besar pada tubuh dan gaya hidup sehat Anda. 

banner consideration shipping bg blue

Di zaman modern ini, banyak tren minuman yang diperkenalkan dan disodorkan ke hadapan Anda, sebut saja Thai Tea ataupun Smoothie Mangga. Banyaknya pilihan membuat Anda juga sulit menentukan pilihan. Tren ini justru membuat banyak orang menjadi berpikir bahwa minuman mengandung buah sudah tentu sehat. 
Padahal, faktanya jus buah, minuman energi, dan teh dalam kemasan yang banyak dijual di pasaran mengandung banyak gula dan bahan 3P (Pengawet, Perasa, dan Pewarna buatan). Agar Anda tidak salah memilih minuman, ikuti panduan berikut mengenai minuman terbaik dan terburuk bagi kesehatan.

Minuman Terbaik untuk Kesehatan Anda

  • Air Putih
Dari beragam jenis minuman yang hadir di dunia, Air putih merupakan jenis minuman terbaik dan yang paling dianjurkan untuk menghilangkan dahaga dan terbebas dari dehidrasi. Hal ini sudah dibuktikan di banyak penelitian di seluruh dunia. Air putih mengandung mineral penting yang juga dibutuhkan tubuh seperti kalsium, sodium, magnesium, dan kalium. Selain itu, mengonsumsi air putih juga membantu ginjal, jantung, darah, dan paru-paru bekerja lebih optimal karena penyebaran oksigen ke organ tersebut lebih cepat.
Idealnya, Anda disarankan untuk minum 8 gelas air putih sehari untuk mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Jika Anda tidak menyukai rasa air yang tawar, Anda bisa menambahkan perasan lemon atau potongan buah-buahan agar rasa air lebih bervariasi namun tetap sehat tanpa menambah kalori ataupun perasa buatan. 
  • Kopi
Banyak orang berpikir bahwa kopi adalah minuman yang tidak sehat. Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa kopi sebenarnya dapat mencegah diabetes tipe 2, penyakit hati, serta menurunkan kemungkinan penyakit jantung Anda dengan catatan Anda menyajikan kopi tersebut secara benar. 
Mengapa demikian? Kopi merupakan salah satu sumber antioksidan terbaik. Selain itu, kopi juga mengandung vitamin dan mineral seperti potassium, vitamin E, dan magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang dan kesehatan kulit. Dua sampai empat cangkir kopi hitam tanpa krimer dan gula sehari baik untuk kesehatan Anda. Gunakan saringan kertas kopi untuk menghilangkan zat cafestol yang bisa meningkatkan kolesterol.
  • Teh
Sudah menjadi rahasia umum bahwa teh merupakan varian minuman yang menyehatkan tubuh Anda. Kaya akan kandungan antioksidan, teh menjadi jenis minuman yang dapat membantu menangkal radikal bebas, mencegah penyakit kronis, dan memperlambat penuaan pada kulit. 

banner consideration promotion bg blue

Ada beragam jenis teh yang bisa Anda coba dan konsumsi, seperti teh cokelat, teh hijau, teh hitam, ataupun teh kombucha (teh fermentasi). Untuk teh kombucha, terdapat kandungan zat seperti asam asetat, folat, asam amino esensial, vitamin B, dan vitamin C. Selain itu, kombucha juga mengandung starter mikroba seperti Acetobacter xylinum dan beberapa ragi, Saccharomyces cerevisiae, Zygosaccharomyces bailii, dan Candida sp. Hindari mengonsumsi minuman teh dalam kemasan karena bisa mengandung bahan 3P (Perasa, Pewarna, dan Pengawet buatan) yang membahayakan tubuh Anda.
  • Susu
Susu juga merupakan jenis minuman terbaik untuk dikonsumsi oleh tubuh Anda. Di jaman sekarang ini, Anda tidak hanya bisa mencicipi susu sapi, tapi Anda juga bisa mencoba dan menikmati susu dalam varian lain, seperti susu kambing.
Untuk Anda yang alergi terhadap protein hewani dalam susu atau Anda yang vegan, terdapat beragam varian susu nabati, seperti susu kacang kedelai, susu almond, rice milk, oat milk dan cashew milk yang mempunyai manfaat yang sama dengan susu dari produk hewani.   
  • Jamu
Jamu merupakan produk minuman asli Indonesia yang dibuat dari berbagai macam rempah dan tanaman obat, seperti kunyit, kencur, ginseng, temulawak, dan jahe. Nama jamu sudah dikenal hampir di seluruh Indonesia bahkan sampai ke mancanegara karena khasiat dan manfaatnya yang baik seperti meredakan konstipasi, memperkuat daya tahan tubuh, meredakan gejala haid, menyehatkan kulit, dan memperlambat penuaan dini. Minum jamu 1 kali sehari untuk tubuh yang lebih prima atau pada saat Anda mengalami gejala gangguan kesehatan tertentu. 

Minuman Terburuk untuk Kesehatan Anda

  • Minuman ringan (soft drinks)
Minuman ringan (soft drinks) tidak dianjurkan untuk diminum secara berkala karena selain mengandung gula dan kalori yang tinggi, jenis minuman ini banyak mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan yang tentu akan merugikan tubuh Anda. Minuman ringan (soft drinks) hampir tidak memiliki nutrisi sama sekali. Di beberapa negara, minuman ringan (soft drink) menjadi salah satu penyebab utama beberapa gangguan kesehatan seperti obesitas, diabetes tipe 2, dan penyakit kardiovaskular. 
Minuman diet soda
Banyak yang sering tertipu dengan minuman berlabel “Minuman Diet Soda.” Minuman ini tidak memiliki kandungan nutrisi apapun bagi tubuh Anda, malahan di dalam minuman ini terdapat bahan pengawet, perasa, dan pewarna berbahaya yang bisa menyebabkan berbagai gangguan penyakit seperti diabetes tipe 2 ataupun gangguan jantung. Jika Anda ingin mengonsumsi minuman diet, beralihlah ke air putih ataupun jus alami yang sudah pasti nutrisi dan kualitasnya. 
Minuman Energi 
Tidak ada anjuran resmi bahwa Anda harus mengonsumsi minuman berenergi di sela-sela kegiatan Anda sehari-hari. Jenis minuman ini pada dasarnya bisa merugikan tubuh Anda. Selain dibuat dengan kadar gula tinggi dan pewarna buatan, minuman berenergi akan merusak organ tubuh Anda seperti jantung dan ginjal jika diminum secara berkala. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Mengapa demikian? Kebanyakan minuman berenergi mengandung kafein yang membuat tubuh Anda yang lelah menjadi lebih bugar untuk beraktivitas. Kandungan kafein ini membuat jantung dan ginjal bekerja lebih keras dalam kondisi tubuh yang sudah lelah. Untuk itu, perlu dicermati bahwa lebih baik beristirahat ketika Anda lelah atau Anda bisa menggantinya dengan kopi atau teh. 
Tak hanya makanan, minumanpun juga turut andil dalam menunjang kesehatan Anda. Cermat dalam memilih minuman yang Anda konsumsi sehari-hari akan menjauhkan Anda dari bahaya penyakit-penyakit kronis. Lemonilo juga menghadirkan berbagai minuman terbaik untuk Anda seperti susu, teh, kopi, kombucha, ataupun jamu untuk menyehatkan Anda. Yuk, mulai pindah ke minuman yang lebih sehat!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami