9 Manfaat Bawang Bombay yang Harus Diketahui

Bawang Bombay merupakan salah satu bumbu masakan yang kerap dipergunakan untuk menambah rasa masakan. Namun selain itu, ternyata masih banyak manfaat bawang Bombay lainnya, yakni bermanfaat bagi kesehatan.
Bawang Bombay mengandung berbagai nutrisi serta zat – zat yang diduga bisa memberikan pengaruh untuk kesehatan kamu. Maka tidak heran apabila Bawang Bombay ini juga kerap kali dipergunakan sebagai bahan obat – obatan. Inilah manfaat dari bawang bombay yang harus kamu ketahui. 

banner consideration shipping bg blue

1. Menghilangkan Luka Bekas Operasi

Efektif menghilangkan bekas luka pasca operasi. Dari sejumlah penelitian telah menyebutkan bahwasanya dengan mengoleskan gel yang memiliki kandungan ekstrak bawang Bombay dalam kurun waktu 10 minggu.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah 

Sumber: Freepik.com/photo by jcomp
Bagi penderita diabetes, kadar gula dalam darah pun bisa menurun jika rajin mengkonsumsi minimal 100 gram setiap harinya. Tetapi untuk yang satu ini, masih teori saja sebab untuk saat ini masih minim penelitian yang membuktikan teori itu. Jadi, masih diperlukan penelitian lanjutan. 

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang

Mengonsumsi bawang Bombay juga bisa meningkatkan kepadatan tulang. Hasil studi yang telah dilakukan menunjukkan apabila rajin mengkonsumsi bawang Bombay mampu meningkatkan kepadatan tulang, utamanya pada wanita.

4. Menekan Perkembangan Bakteri Jahat

Sumber: Freepik.com/photo by stockking
Minyak serta ekstrak esensial dari bawang Bombay telah dipercaya mampu menekan berkembangnya bakteri. Bawang Bombay mampu menangkal para bakteri jahat yang bisa saja akan  memberikan dampak negatif untuk tubuh kamu.

5. Menurunkan Resiko Terkena Kanker 

Rutin mengkonsumsi bawang Bombay, diklaim mampu menurunkan risiko pada beberapa kanker. Mulai kanker prostat, kanker lambung dan kanker usus besar. Hal tersebut disimpulkan karena kandungan antioksidan yang terdapat dalam bawang Bombay memiliki peranan sebagai anti radang serta mampu menurunkan risiko kanker.

banner consideration promotion bg blue

6. Menurunkan Kadar Kolesterol 

Sumber: Freepik.com/photo by Racool_studio
Manfaat bawang bombay selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Kandungan yang terdapat dalam bawang Bombay bisa menurunkan kadar trigliserida serta kadar kolesterol. Dapat disimpulkan apabila rutin mengkonsumsi bawang Bombay bisa menurunkan resiko kamu, untuk terkena penyakit jantung.

7. Mencegah Depresi

Pada bawang Bombay juga telah ditemukan adanya kandungan folat. Berdasarkan penelitian, folat mampu mengurai gejala depresi. Folat mampu meminimalisir terbentuknya homosistein yakni senyawa yang mampu mencegah zat gizi dan darah menuju otak secara maksimal.

8. Membantu Kerja Sistem Pencernaan 

Sumber: Freepik.com/photo by wayhomestudio
Serat yang terdapat pada bawang Bombay mampu membuat kerja dari sistem pencernaan bisa berfungsi baik. Serat dari bawang Bombay ini merupakan serat larut disebut oligofructose. Serat satu ini mampu mendorong tumbuhnya bakteri baik dalam usus. Selain itu, oligofructose juga mampu mengobati diare. Selain itu kandungan prebiotik yang terdapat pada bawang Bombay juga baik untuk kesehatan pencernaan.

9. Pelengkap Nutrisi dan Gizi 

Bawang Bombay rendah akan kalori tetapi tinggi vitamin C, B6, serat, senyawa antioksidan serta mineral. Ada pula senyawa kalium, sulfur, fosfor, zat besi serta kalsium. Maka dari itu mengonsumsi bawang Bombay bisa menjadi pelengkap nutrisi dan gizi.
Apabila bawang Bombay dikonsumsi secara wajar, bisa dikatakan hampir tidak ada efek samping yang timbul. Maka dari itu, mulai sekarang tambahkan bawang Bombay pada masakan kamu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Namun, seperti dengan makanan sehat yang lainnya, apabila kamu telah mengkonsumsi bawang Bombay pada jumlah yang berlebih, bukan manfaat bawang Bombay yang kamu dapatkan, tetapi justru bisa membahayakan kesehatan. Oleh sebab itu, dalam mengonsumsi bawang Bombay sebaiknya secukupnya saja. Supaya bisa mendapatkan manfaat bawang Bombay dengan lebih maksimal. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami