7 Minuman Sehat Bikin Tubuh Tak Gampang Sakit

Air mineral memang minuman yang paling menyehatkan karena bebas kalori. Tetapi jika Anda ingin mengonsumsi air yang berasa sekaligus bernutrisi, saatnya untuk mengenali berbagai pilihan minuman yang juga dapat menjadi teman sehat di bawah ini.  
Minuman-minuman sehat ini dapat dibuat sendiri di rumah, ataupun dibeli dalam kemasan jadi. Namun jika Anda tidak mengolahnya sendiri, hati-hati dengan tambahan kalori seperti gula berlebih yang justru berisiko menyebabkan pertambahan berat badan. 
Susu almond
Susu almond terbuat dari biji almond yang dihaluskan. Susu almond dipilih menjadi alternatif minuman sehat karena lebih rendah kalori selama tidak dipadukan dengan pemanis buatan. Selain itu susu almond juga bebas laktosa alami, lemak jenuh, dan kolesterol, serta kaya vitamin A dan D. Meski demikian, susu jenis ini tidak mengandung protein ataupun kalsium yang dibutuhkan orang dengan osteoporosis. 
Susu kedelai 
Susu kedelai sering dipilih menjadi minuman sehat terutama bagi para vegetarian dan mereka yang mengalami intoleransi laktosa. Karena terbuat dari tanaman, susu kedelai rendah lemak jenuh, bebas kolesterol, dan bebas laktosa. Selain itu susu kedeali merupakan sumber potasium dan protein yang bagus untuk tubuh.
Infused water
Infused water umumnya dapat dibuat sendiri dengan memasukkan irisan buah pilihan ke dalam segelas atau sebotol air. Lemon, anggur, beri, dan jeruk adalah buah yang biasa digunakan. Dapat juga ditambahkan mentimun dan jahe. 
Teh hijau 
Penelitian menemukan bahwa teh hijau terbukti menjaga kadar gula darah pada pengidap diabetes, menurunkan kadar kolesterol dan melancarkan aliran darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung. Di samping itu, konsumsi teh hijau menjaga agar otak tetap aktif dan mencegah risiko gangguan ingatan seperti Alzheimer’s.
Air kelapa
Air kelapa adalah cairan bening yang terdapat pada bagian dalam kelapa muda hijau. Air ini menyehatkan karena mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dan elektrolit yang mudah dicerna. Selain mengandung sodium dan kalori yang lebih sedikit, air kelapa mengandung potasium yang lebih tinggi daripada minuman olahraga pada umumnya. 
Minuman probiotik
Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapi bukti sementara menunjukkan bahwa minuman probiotik, jika dipadukan dengan antibiotik tertentu, dapat membantu menangani diare. Selain itu minuman ini juga dapat berperan menangani sindrom iritasi usus, infeksi jamur vagina, infeksi saluran kencing, beberapa jenis infeksi usus, serta membantu mencegah flu dan demam. 
Smoothies
Smoothies adalah minuman kental yang terbuat dari buah atau sayuran mentah yang dihaluskan dengan tambahan air, es, susu, dan pemanis. Bentuknya lebih kental dibanding jus, tapi lebih kaya buah dibanding milkshake. Serat yang lebih kaya membuat minuman ini lebih sehat dibanding jus. Sementara manfaat smoothies sendiri tergantung dari buah atau sayur utama yang diolah. 
Mengonsumsi minuman-minuman sehat di atas secara teratur dapat menjadi solusi alternatif jika Anda sedang bosan mengonsumsi makanan sehat. Padukan dengan bergerak aktif secara  teratur untuk mendapatkan manfaat maksimal.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami