6 Manfaat Kapulaga, dari Mengatasi Bau Mulut Hingga Kesehatan

Kapulaga merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dapur. Manfaat kapulaga tidak hanya sebagai penyedap masakan kamu, tetapi juga bisa menjaga kesehatan tubuh. Meskipun harganya cukup terjangkau, namun khasiat yang dimiliki oleh kapulaga memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Berikut adalah beberapa manfaat kapulaga yang baik untuk tubuh kamu: 

banner consideration shipping bg blue

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Rempah satu ini dikenal sangat mujarab dalam mengatasi bau mulut. Bau mulut disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah bakteri yang bersarang di gigi dan gusi. Rempah ini memiliki fungsi untuk mengatasi bakteri pada mulut sehingga kesegaran nafas kamu tetap terjaga.
Selain menghilangkan bau mulut, bumbu dapur ini juga bisa mencegah peradangan pada tenggorokan dan sariawan. Terlebih lagi, rempah ini bisa membantu kamu dalam mencegah gigi berlubang.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kapulaga untuk kesehatan yang kedua adalah menurunkan tekanan darah yang tinggi. Rempah satu ini sangat kaya akan kandungan oksidan yang mencapai hingga 90%. Selain antioksidan, bumbu berukuran kecil ini juga memiliki efek diuretik.
Kandungan antioksidannya mampu mengontrol tekanan pada pembuluh darah. Dalam sebuah studi mengenai pengaruh kapulaga terhadap kesehatan, peneliti menemukan bahwa mengkonsumsi rempah ini secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Efek diuretik yang dimiliki rempah ini bisa meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga air yang menumpuk dan berlebihan di dalam tubuh dikeluarkan. 

3. Sebagai Anti Peradangan

Manfaat selanjutnya dari bumbu rempah ini adalah untuk mencegah peradangan atau yang sering disebut dengan anti inflamasi. Peradangan yang dibiarkan dalam waktu yang lama bisa beresiko menimbulkan banyak penyakit kronis. Peradangan ini disebabkan oleh paparan benda asing terhadap tubuh.
Jika kamu sering mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak, dengan meminum teh rempah ini bisa meminimalisir peradangan pada hati. Selain itu, khasiat lainnya adalah menjaga sel tubuh kamu dari kerusakan.

banner consideration promotion bg blue

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat penting lainnya adalah menjaga kesehatan pencernaan kamu. Rempah satu ini sangat kaya akan fiber atau serat, dimana setiap satu sendoknya mengandung 2 gram serat. Serat ini berfungsi untuk memperlancar buang air besar (BAB) dan meningkatkan pergerakan dan aktivitas usus.
Jika kamu mengalami sembelit atau susah BAB, kamu bisa meminum teh yang terbuat dari rempah ini. Selain itu, rempah ini juga bisa mengatasi masalah perut lainnya yaitu asam lambung, kejang usus, nyeri perut dan hilangnya nafsu makan.

5. Mencegah Penyakit Kronis

Bubuk rempah ini dipercaya bisa menjadi stimulus untuk mengaktifkan enzim-enzim anti kanker. Selain itu, anti inflamasi yang terkandung di dalamnya mampu memperkuat sel tubuh untuk mencegah terjadinya tumor. Sifat anti inflamasi ini juga bisa menghindarkan tubuh kamu dari penyakit berbahaya lain seperti hipertensi, diabetes melitus, penyakit jantung hingga aterosklerosis. 

6. Mengurangi Stres

Memiliki sifat anti depresan, bumbu dapur satu ini dipercaya mampu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki mood. Rempah ini juga dijadikan sebagai obat herbal karena memiliki efek sedatif atau menenangkan saat suasana hati sedang buruk. kamu hanya perlu menghirup aromanya, dan mood kamu akan menjadi lebih baik.
Saat kamu mengalami stres atau depresi, kamu dianjurkan untuk meminum teh hangat atau obat herbal yang mengandung ekstrak rempah ini. Sebelum mengkonsumsi obat-obatan ini, tentu saja hal ini perlu kamu konsultasikan dengan dokter.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat kapulaga yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kamu. Dengan mengetahui berbagai manfaat ini, jangan ragu untuk mengkonsumsi kapulaga ya Lemonizen! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami