5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!

Ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama untuk asam lemak omega-3 yang merupakan lemak esensial dan tidak diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Asam lemak omega-3 inilah yang penting menjaga kesehatan otak dan jantung.
Selain itu, ikan juga mengandung kalsium, vitamin D, dan fosfor yang dibutuhkan anak-anak untuk memaksimalkan pertumbuhan tulang. Kandungan lain seperti vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium, dan kalium juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

banner consideration shipping bg blue

Sementara itu, bagi orang tua, mengonsumsi ikan juga mampu meningkatkan kemampuan daya ingat. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan secara rutin memiliki substansi abu-abu di pusat otak yang mengatur emosi dan ingatan.
The American Heart Association (AHA) merekomendasikan konsumsi ikan minimal dua kali dalam seminggu, terutama ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna. Dari berbagai jenis ikan, terdapat jenis ikan super yang dapat digolongkan sebagai ikan terbaik karena nutrisi yang aman dan ramah lingkungan.
Dilansir dari Healthline, berikut adalah 5 jenis ikan terbaik untuk dikonsumsi.

1. Ikan salmon

Ikan salmon yang dibudidayakan memiliki harga yang lebih murah namun mengandung omega-3, vitamin, dan mineral yang lebih sedikit. Salmon adalah pilihan yangg sangat baik namun usahakan membeli salmon yang tidak dibudidaya. 

2. Ikan makarel

Makarel termasuk ikan yang berminyak dan kaya akan lemak sehat. Namun, sebaiknya jangan pilih king mackerel karena mengandung merkuri tinggi sehingga dikhawatirkan memberikan efek samping yang kurang baik  untuk kesehatan.

3. Ikan sarden

Ikan sarden juga termasuk ikan yang berminyak. Selain itu, sarden juga kaya akan vitamin. Jika ingin mengonsumsi ikan sarden, sebaiknya jangan pilih yang sudah dikemas dalam kaleng karena ikan sarden segar lebih bernutrisi dan bermanfaat.

banner consideration promotion bg blue

4. Ikan tuna

Ikan tuna kaleng maupun ikan tuna segar menjadi salah satu menu ikan favorit banyak orang. Saat memilih ikan tuna, pastikan kamu memilih jenis tuna yang tidak mengandung banyak merkuri seperti tuna ahi atau sirip kuning.

5. Ikan cod

Ikan cod merupakan sumber fosfor, niasin, dan vitamin B-12 yang sangat baik untuk tubuh. Ikan cod dalam porsi 3 ons sudah mengandung 15 hingga 20 gram protein. Selain itu, minyak ikan cod juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.
Mengonsumsi berbagai jenis ikan akan memberikan kandungan nutrisi yang kaya untuk tubuh. Apalagi jika mengonsumsinya secara rutin, maka pola makan akan menjadi seimbang karena asupan nutrisi bisa terpenuhi dengan optimal.
Selain memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata mengonsumsi ikan juga bisa menurunkan risiko depresi. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi dalam ikan. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi ikan. Bagi anak-anak dan perempuan yang sedang hamil, sebaiknya konsultasi dengan dokter terkait jenis ikan terbaik untuk dikonsumsi. Hal ini menghindari jenis ikan dengan merkuri tinggi yang mungkin menyebabkan gangguan kesehatan.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami