5 Nutrisi Penting yang Harus Dipenuhi Tubuh Saat Berpuasa

Shella Rafiqah Ully -
Kebutuhan akan makanan sehat saat berpuasa menjadi semakin penting mengingat asupan nutrisi yang diperlukan tubuh hanya bisa didapatkan dari dua kali waktu makan saja, yakni saat sahur dan berbuka. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ini penting terpenuhi bukan hanya untuk menghilangkan lapar dan dahaga tapi juga untuk membuat tubuh jadi lebih sehat. Ada banyak jenis makanan yang baik dikonsumsi di bulan Ramadan, mulai dari sayur-sayuran, daging, hingga aneka buah segar. Lalu, saat berpuasa nutrisi penting apa saja yang harusnya benar tercukupi?

1. Protein

Asupan protein yang cukup diperlukan untuk mendapatkan glikogen yang nantinya akan diolah menjadi sumber energi tubuh. Mendapatkan asupan protein yang cukup saat sahur juga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Ini karena protein bernama peptida bekerja menghalangi syaraf MOR (Muopioid Receptor) yang berfungsi mengirim sinyal lapar kepada otak sehingga mengonsumsi makanan kaya protein di bulan Ramadan akan membantumu menjalankan puasa tanpa rasa lapar yang mengganggu. Asupan protein sendiri bisa didapatkan dari telur, kacang-kacangan, daging, atau produk susu. Tubuh manusia memerlukan protein setidaknya 10 hingga 20% dari kebutuhan kalori harian.

2. Karbohidrat

Tubuh membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Tanpa asupan karbohidrat yang cukup, kamu akan merasa kurang bertenaga dan lesu. Agar puasa berjalan lancar, pastikan mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum utuh, atau nasi cokelat saat sahur. Sedangkan saat berbuka, disarankan mengonsumsi jenis karbohidrat sederhana yang mudah dicerna tubuh agar tubuh dapat kembali berenergi dengan cepat. 

3. Serat

Serat merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat juga membantu menurunkan kolesterol dan menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat dan terlindungi dari berbagai risiko penyakit. Jenis makanan yang menjadi sumber serat terbaik adalah sayur-sayuran dan buah segar. Pun, bahan makanan seperti beras merah dan beras cokelat juga merupakan sumber serat yang baik, sehingga bisa dijadikan opsi lain untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh. 

4. Lemak

Beberapa orang mungkin menganggap lemak merupakan zat yang rentan menyebabkan penyakit dan obsesitas. Padahal, lemak sebenarnya tetap memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama saat berpuasa. Lemak yang baik untuk dikonsumsi adalah jenis lemak sehat atau lemak HDL yang bisa diperoleh dari ikan, biji-bijian, atau minyak zaitun. Tak hanya itu, beberapa jenis buah segar seperti alpukat juga dapat menjadi sumber HDL. Pastikan Lemonizen mengolah bahan makanan yang mengandung lemak sehat dengan cara yang tepat ya, yakni bebas dari gula, garam, dan minyak yang berlebihan.

5. Vitamin dan Mineral

Tubuh membutuhkan vitamin dan mineral agar metabolisme dapat berjalan dengan lancar. Di antara sekian banyak jenis vitamin dan mineral, ada beberapa yang kehadirannya sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama saat Lemonizen sedang berpuasa. Beberapa di antaranya yakni vitamin C, vitamin A, dan zinc. Mineral zinc bermanfaat melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Vitamin C bermanfaat menjaga sistem kekebalan tubuh, dan bisa didapatkan dari aneka buah segar seperti jeruk, kiwi, atau sayuran. Sementara itu, vitamin A yang bisa didapatkan dari hati sapi, susu, bayam, atau wortel sangat berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. 

Tak hanya membuat tubuh tetap sehat, terpenuhinya kebutuhan nutrisi juga akan membuatmu bisa menjalankan ibadah dengan lebih tenang dan nyaman. Yuk, mulai sajikan makanan-makanan sehat saat sahur maupun berbuka. Sebab, olahan sayuran, daging, dan aneka buah segar  akan sangat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh!
Bagikan Artikel

Produk Dalam Artikel Ini