5 Jenis Varian Jus Enak Ini Cocok Lho Untuk Kesehatan Ibu Saat Hamil

Selama proses kehamilan, Ibu hamiL disarankan untuk minum sekitar 2-2,5 liter cairan per hari. Jumlah ini merupakan dua kali lipat asupan cairan ibu pada umumnya. Asupan cairan ini dibutuhkan untuk menjaga sirkulasi janin, memenuhi kebutuhan cairan tubuh karena volume darah yang meningkat, dan memproduksi air ketuban. Asupan cairan yang cukup juga membantu mencegah masalah susah buang air besar yang sering dialami ibu hamil.

banner consideration shipping bg blue

 
Air putih memang idealnya menjadi sumber asupan cairan utama untuk ibu hamil, walaupun sumber cairan lain seperti susu, buah segar, atau kuah kaldu dalam sup bisa jadi pilihan. Ibu hamil juga bisa mengonsumsi jus dari aneka buah segar dan sayuran yang kaya nutrisi, sehingga ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan cairan dan kebutuhan nutrisi harian secara sekaligus. 
Mengingat jus sayuran dan buah dalam kemasan umumnya mengandung kadar gula yang tinggi, ibu hamil juga bisa membuat jus buah dan sayuran segar sendiri di rumah. Berikut ini adalah beberapa pilihan jus sehat yang sangat tepat dikonsumsi selama kehamilan:

1. Jus jeruk, Jus Nikmat Kaya Vitamin C Untuk Ibu Hamil

Jus jeruk, Jus Nikmat Kaya Vitamin C Untuk Ibu Hamil
Jeruk kaya kandungan vitamin C dan antioksidan yang penting untuk daya tahan tubuh. Selain vitamin C dan antioksidan, jeruk juga mengandung asam folat yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dan mencegah cacat lahir. Bila dikonsumsi bersama makanan yang mengandung zat besi, jeruk juga membantu tubuh menyerap zat besi. Rasa asam dari jeruk juga bisa membantu mengatasi mual dan muntah yang sering dialami ibu hamil di trimester pertama.

2. Jus wortel, Jus Hebat yang Kaya Vitamin dan Mineral

Jus wortel, Jus Hebat yang Kaya Vitamin dan Mineral
Kandungan vitamin A, vitamin B, zat besi, dan kalium dalam wortel sangat penting untuk perkembangan mata, tulang, dan gigi janin. Wortel juga mengandung magnesium yang membantu mengatasi masalah gangguan tidur yang terjadi selama kehamilan. Manfaat lain jus wortel di antaranya adalah melancarkan pencernaan dan mengurangi tekanan darah. Namun, perlu dicatat, 1 gelas per hari jus wortel sudah cukup, karena asupan vitamin A yang terlalu tinggi juga bisa membahayakan kesehatan.

banner consideration promotion bg blue

3. Jus Alpukat, Jus Kental Tekstur dan Kental Nutrisi

Jus Alpukat, Jus Kental Tekstur dan Kental Nutrisi 
Alpukat merupakan buah yang kaya nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, vitamin K, serat, zat besi, asam folat, dan berbagai nutrisi lain yang baik bagi kehamilan, termasuk untuk mengatasi masalah kram pada ibu hamil. Kolin dan asam folat yang terkandung dalam alpukat juga penting untuk perkembangan sistem saraf janin.

4. Jus Apel, Jus Nikmat Dari Buah Kaya Manfaat

Jus Apel, Jus Nikmat Dari Buah Kaya Manfaat
Apel mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, dan serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kehamilan. Sebuah penelitian bahkan menyatakan bahwa konsumsi apel selama kehamilan akan menurunkan risiko masalah asma dan alergi pada anak. Selain itu, jus apel juga membantu meningkatkan sistem imun tubuh, mengatasi masalah gangguan tidur, dan mengatasi masalah kolesterol.

5. Jus Mangga, Kenikmatan Vitamin Dalam Sajian Manis Asam yang Sedap

Jus Mangga, Kenikmatan Vitamin Dalam Sajian Manis Asam yang Sedap 

Kandungan vitamin A dan vitamin C pada mangga sangat penting untuk sistem imun tubuh ibu hamil, sedangkan kandungan vitamin B6 pada mangga membantu menjaga sistem otak dan sistem saraf janin. Buah mangga juga membantu melancarkan peredaran darah. Kelebihan buah mangga dari buah lain adalah rasa manisnya yang alami sehingga jus mangga tidak membutuhkan tambahan gula untuk diolah menjadi jus yang segar dan sehat.
 
Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan dari jus, ibu hamil bisa memadukan aneka buah segar dalam satu jus, misalnya memadukan apel dan wortel dan mangga dengan pepaya. Jus tak hanya jadi lebih lezat, tapi juga lebih kaya nutrisi.
Sebelum memulai membuat jus yang segar dan sehat untuk kehamilan, jangan lupa mencuci bersih buah dan sayuran yang akan digunakan guna memastikan dan menjaga kebersihan jus buah segar sebelum diolah menjadi jus. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Bila tak punya banyak waktu, ibu hamil juga bisa membeli jus buah dan sayuran dalam kemasan. Demi menjaga kesehatan kehamilan, sebaiknya ibu hamil memilih jus yang telah dipasteurisasi. Selain itu, pastikan bahwa kadar gula dalam jus kemasan tersebut tidak terlalu tinggi. Yuk, minum jus untuk menjaga kesehatan kehamilan!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami