5 Jenis Penyakit Ginjal, Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Ginjal merupakan sepasang organ yang memiliki bentuk seperti kacang dan berada di area punggung bawah. Ketika ginjal mengalami gangguan, aka nada banyak komplikasi yang terjadi. Mulai dari penumpukan limbah dan racun, anemia bahkan gangguan elektrolit. Itulah mengapa penting sekali menjaga kesehatan ginjal agar terhindari dari berbagai penyakit ginjal yang berbahaya bagi tubuh. 

banner consideration shipping bg blue

Penyakit ginjal sendiri adalah istilah yang menggambarkan setiap gangguan yang terjadi pada ginjal. Dengan adanya penyakit ini maka akan mengganggu fungsi organ ginjal untuk membersihkan dan menyaring limbah atau racun dari darah. Penyakit ginjal memiliki beberapa jenis yang umum terjadi, yaitu:

1. Gagal Ginjal 

Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada organ ginjal. Kerusakan yang terjadi pada kondisi ini menyebabkan penurunan fungsi ginjal secara bertahap selama lebih dari 3 bulan. Gagal ginjal kronis biasanya sering disebabkan oleh diabetes tipe 1 dan 2, hipertensi, penyakit autoimun, atau penyakit infeksi pada ginjal.

2. Gagal Ginjal Akut

Gagal ginjal akut menyebabkan terjadinya penurunan fungsi ginjal secara tiba-tiba. Gagal ginjal akut ini sering disebabkan oleh kekurangan cairan dan darah, cedera pada ginjal, atau sumbatan yang menyebabkan kembalinya cairan ke ginjal.

3. Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal ini disebabkan oleh adanya penumpukan zat dan mineral yang kemudian membentuk batu di ginjal. Pada kondisi ini sering dipicu oleh penyakit asam urat atau infeksi saluran kemih.

banner consideration promotion bg blue

4. Penyakit Ginjal Polikistik

Jenis penyakit pada ginjal yang satu ini bisa disebut juga polikistik. Penyakit ini menyebabkan terbentuknya kista-kista (kantong-kantong berisi cairan) di ginjal, dan penyebabnya adalah kelainan pada genetik.

5. Infeksi Ginjal

Infeksi pada organ ginjal disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Penyakit ini juga dapat terjadi akibat penyebaran infeksi pada saluran kemih ke ginjal.

Gejala Penyakit Ginjal

Seperti berbagai jenis penyakit lain pada umumnya, penyakit pada ginjal juga memiliki gejala yang bisa dirasakan oleh para penderitanya. Ada beberapa gejala penyakit pada ginjal diantaranya adalah seperti adanya penurunan volume urine. Kemudian perubahan warna pada urine, termasuk urine keruh atau bercampur darah. 
Terjadi pembengkakan pada tungkai disertai dengan muncul nyeri pada punggung bagian bawah, nyeri nya dapat menjalar ke perut bawah atau selangkangan. Muncul nyeri saat buang air kecil, muncul kram kram otot dan kedutan, Mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan bahkan sering merasa kelelahan dan sesak napas. Adanya rasa gatal pada kulit yang tidak diketahui dari mana penyebab pastinya, kemudian adanya tekanan darah yang naik, serta anemia.
Secara umum, ada beberapa pilihan pengobatan yang dapat dilakukan, yaitu dengan beberapa cara berikut:  
  1. Obat-obatan akan diberikan kepada penderita adalah resep yang telah ditulis oleh dokter sesuai dengan penyebab dari penyakit pada ginjal. 
  2. Perubahan gaya hidup. Perubahan pada gaya hidup bisa dilakukan dengan mengurangi asupan garam, gula dan makanan yang tinggi kolesterol. Melakukan kontrol diabetes dan hipertensi secara teratur.
  3. Mengkonsumsi air putih secara rutin per hari minimal 2 sampai 3 liter
  4. Membatasi konsumsi alkohol dan berhenti merokok bagi perokok aktif
  5. Memperbanyak mengkonsumsi buah, sayur dan biji-biji utuh
  6. Rutin berolahraga agar berat badan anda tetap stabil 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah penjelasan mengenai jenis penyakit ginjal serta gejala dan cara penyembuhannya. Jika anda merasakan gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas, maka anda harus waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter. Ini bertujuan agar anda bisa segera mengatasi hal tersebut sedini mungkin, sehingga tidak menjadi penyakit yang kompleks dan membahayakan tubuh. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami