5 Cara Bikin Nasi Gorengmu Lebih Sehat, Makan dengan Bebas Rasa Bersalah!

Shella Rafiqah Ully -
Nasi goreng hampir pasti jadi menu andalan orang-orang setiap waktu. Makanan satu ini bisa disantap kapan saja, mulai dari sarapan, makan siang, hingga jadi menu pilihan makan malam. Cara bikinnya yang praktis, bahan-bahan yang ekonomis, dan rasa yang pas di lidah semua orang bikin nasi goreng jadi alternatif makanan yang paling pas kalau-kalau perut diserang kelaparan.

Meski lezat nyatanya cara pengolahan nasi goreng tergolong tidak sehat. Mulai dari proses penggorengan, bahan, dan bumbu memasak yang tidak diperhatikan membuat sepiring nasi goreng mengandung kalori dan tingkat lemak jenuh yang tinggi. Ini membahayakan bagi kesehatan dan seringkali membuat kita merasa bersalah usai menyantapnya.

Nah, supaya kamu tetap bisa makan nasi goreng kesukaanmu tanpa perlu merasa bersalah, Moni mau ngasih tahu kamu 5 cara yang gampang banget untuk modifikasi nasi gorengmu jadi versi yang lebih sehat!

1. Gunakan Minyak Goreng Pilihan, Hindari Menggunakan Mentega atau Margarin

Hindari menggunakan mentega atau margarin sebagai pengganti minyak saat akan membuat nasi goreng. Kamu perlu tau kalau mentega dan margarin mengandung lemak jenuh tinggi yang berisiko memicu penyakit jantung dan kolesterol di dalam tubuh. Hindari juga menggunakan minyak goreng bekas atau yang sudah digunakan berulang. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa premium agar nasi goreng buatanmu jadi lebih sehat.

2. Pastikan Pakai Wajan Antilengket untuk Mengurangi Pemakaian Minyak

2. Pastikan Pakai Wajan Antilengket untuk Mengurangi Pemakaian Minyak

Makanan yang melalui proses penggorengan cenderung menghasilkan kalori yang tinggi. Sebab itu penting untuk memilih wajan atau teflon yang bisa membantu kamu mengurangi penggunaan minyak saat proses penggorengan. Dengan menggunakan wajan antilengket kamu hanya harus mengoleskan sedikit minyak tanpa takut nasi gorengmu menempel pada wajan. 

Hindari menggunakan wajan berbahan aluminium karena sifatnya yang gampang lengket sehingga memaksa kita menggunakan banyak minyak.

3. Ganti Nasi Putihmu dengan Nasi yang Lebih Kaya Serat

Kalau mau tetap menggunakan nasi putih untuk nasi goreng kesukaanmu, pastikan kamu menggunakan nasi yang telah didinginkan atau boleh juga dari nasi sisa semalam. Ini karena nasi putih yang baru ditanak dan masih panas mengandung gula dan kalori yang cukup tinggi. Opsi lainnya, jika ingin nasi gorengmu lebih sehat kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi lain yang lebih kaya serat seperti nasi dari beras merah, beras cokelat, atau nasi dari beras hitam.

4. Hindari Bumbu dengan Penyedap Buatan, Ganti ke yang Lebih Alami

4. Hindari Bumbu dengan Penyedap Buatan, Ganti ke yang Lebih Alami

Sebisa mungkin hindari menggunakan bumbu dengan pengawet dan penyedap buatan sebagai penguat rasa karena bisa berdampak buruk bagi tubuh. Untuk nasi goreng yang lebih sehat kamu bisa menggunakan bumbu-bumbu alami hasil ulekan sendiri untuk menghasilkan rasa yang lebih sedap nan lezat.

Pilihan lainnya, kamu juga bisa mengandalkan bumbu nasi goreng komplit dari Lemonilo karena dibuat dari bahan-bahan alami, tanpa pengawet dan  bahan kimia berbahaya. Selain praktis, bumbu ini dijamin bisa membuat nasi gorengmu jadi lebih sehat dengan rasa yang tetap enak seperti bumbu ulekan sendiri. 

5. Tambahkan Sayuran atau Topping yang Lebih Sehat

5. Tambahkan Sayuran atau Topping yang Lebih Sehat

Kamu bisa menambahkan berbagai macam sayuran atau kacang-kacangan sesuai selera untuk membuat nasi gorengmu jadi lebih sehat. Edamame atau kacang apa saja bisa menambah tekstur rasa dan protein sehat yang mengimbangi kandungan karbohidrat si nasi goreng. Sayur-sayuran serperti kol, wortel, atau sawi akan membuat nasi gorengmu jadi tinggi serat sehingga baik bagi pencernaan. 

Gimana nih, sudah siap mencoba nasi goreng versi lebih sehat bikinan sendiri? Pasti bakal lebih enak dan yang jelas bisa dimakan sepuasnya dengan bebas rasa bersalah. Kasih tau Moni hasil kreasi nasi gorengmu ya!
Bagikan Artikel

Produk Dalam Artikel Ini

Dikirim oleh Lemonilo
Lemonilo Bumbu Komplit Alami Nasi Goreng 48 gr
48 gr
(85)
Cashback 3%
14.900
Rp 13.410
Hemat Rp 1.490
Dikirim oleh Lemonilo
Lemonilo Bumbu Komplit Alami Nasi Goreng Kari 46 gr
46 gr
(49)
Cashback 3%
14.900
Rp 13.410
Hemat Rp 1.490
Dikirim oleh Lemonilo
Lemonilo Minyak Goreng Kelapa Premium
1 L
(86)
Cashback 3%
42.500
Rp 38.250
Hemat Rp 4.250