3 Manfaat Baik Ubi Ungu yang Kamu Perlu Tau!

Siapa yang tak kenal ubi ungu, si superfood kaya antioksidan dari pangan lokal nusantara?

Ubi ungu adalah jenis umbi-umbian yang tumbuh di lebih dari 100 negara di dunia. Kebanyakan ubi ungu dapat tumbuh dengan baik di negara-negara tropis, misalnya di benua Asia seperti di Tiongkok, Indonesia, India, dan Filipina. Tapi, taukah kamu apa saja kandungan gizi dan manfaat mengonsumsi ubi ungu?
Dalam buku Sweet Potato: An Untapped Food Resource (1992) yang ditulis Jennifer A. Woolfe, ubi ungu dicatat mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti karbohidrat sebagai penyedia energi (energy provider), protein, serat (dietary fibre), vitamin (vitamin A, vitamin C, dan cukup kandungan vitamin B1, B2, B3, dan B6), dan mineral (beberapa di antaranya adalah kalium, potassium, dan magnesium).
Adelia Bovell Benjamin dalam bukunya Sweet Potato: Post Harvest Aspects in Food, Feed, and Industry (eds. Ramesh C. Ray dan K. I. Tomlins; 2009) juga mengungkapkan setidaknya ada 3 manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi ubi ungu.

1. Menjaga Kesehatan Mata

Lebih dari 230 juta anak di dunia mengalami kekurangan vitamin A, terutama di negara-negara berkembang. Hal ini tentu memprihatinkan. Meskipun tidak mengandung vitamin A, ternyata ubi ungu mengandung pro vitamin A (beta karoten dan karotenoid lain) yang akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Dengan demikian, ubi ungu juga punya andil besar dalam mengisi kebutuhan vitamin A pada tubuh, yang misalnya penting untuk menjaga kesehatan mata.

banner consideration promotion bg blue

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Adelia menuliskan salah satu kesimpulan demikian dalam penelitiannya, “Juice from purple-fleshed sweet potato has been shown to effectively lower blood pressure in humans.” Yak, benar. Menurut Adelia, dengan mengonsumsi ubi ungu, kita dapat menurunkan tekanan darah, serta mengurangi resiko terkena serangan jantung. Karotenoid dan antosianin yang terkandung dalam ubi ungu memiliki sifat antioksidan yang berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Menurunkan Kadar Glukosa dalam Darah

Ubi ungu bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah. Hal ini tentu masih berkaitan dengan senyawa yang memiliki sifat antioksidan yang terkandung dalam ubi ungu, Bagi mereka yang menderita penyakit diabetes, ubi ungu bisa menjadi alternatif makanan yang ‘ramah dan bersahabat’.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah, jika selama ini kamu terbiasa dengan sumber-sumber energi berupa nasi atau jagung mulai sekarang kamu bisa mulai melirik ubi ungu sebagai alternatif makanan sehari-hari. Apalagi, ada berbagai macam olahan dan resep yang bisa dibuat dengan bahan dasar ubi ungu. Cobain deh!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami