Punya Banyak Manfaat, Ini 6 Tips Mudah Olahraga Jalan Sehat

Shella Rafiqah Ully -
Olahraga jalan kaki mungkin terkesan biasa, karena jalan kaki adalah hal yang selalu bisa kita lakukan. Namun, jika dilakukan dengan benar dan teratur jalan kaki menjadi olahraga yang punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buat kamu yang masih bingung dengan olahraga jalan kaki, ini tips mudah untuk mulai melakukannya.

1. Mengenal power walking

Pertama yang harus kamu pahami adalah olahraga jalan kaki berbeda dengan jalan kaki biasa. Jalan kaki biasa tentu sering kamu lakukan dalam kehidupan sehari-hari. 
Sementara power walking lebih dikenal dengan istilah jalan cepat atau jalan sehat mewajibkan kamu untuk berjalan lebih cepat dan bertenaga.

Dikutip dari Hello Sehat, kecepatan rata-rata power walking berkisar pada 5 sampai 7 kilometer per jam. Dalam melakukan power walking, kamu harus melangkah lebih panjang dari jalan santai. Tumpuan saat power walking berfokus pada tumit lalu kemudian seluruh telapak kaki saat melangkah ke depan.

Selama melakukan power walking, badan harus tetap tegap, kepala menghadap lurus ke depan, serta tangan harus berada pada sudut siku 90 derajat. Kamu harus mengayun-ayunkan tangan seiring dengan langkah yang kamu buat. 

2. Pemanasan dengan jalan kaki santai 4-5 menit

Setelah mengenal power walking, disarankan kamu tak langsung melakukannya tanpa pemanasan yang cukup. Sebelum memulai power walking, sebaiknya kamu melakukan pemanasan dengan jalan kaki santai selama 4 hingga 5 menit.

Kamu bisa melakukan pemanasan di treadmill atau outdoor. Pemanasan ini berguna untuk meningkatkan detak jantung secara bertahap agar tidak kaget karena tiba-tiba kamu melakukan olahraga berat.

3. Lanjutkan jalan kaki cepat selama 45-60 menit

Setelah pemanasan dengan jalan kaki biasa selama 4-5 menit, kamu mulai bisa mencoba melakukan power walking. Jika kamu pemula dalam menjalankan olahraga jalan kaki, kamu bisa memulai sesi pertama power walking selama 15 menit. Setelahnya kamu bisa menambah durasi power walking setiap sesi baru per harinya.

4. Pendinginan dengan jalan santai kembali selama 5 menit

Pendinginan seringkali dilupakan saat seseorang selesai berolahraga. Padahal pendinginan sangat penting untuk mengatur kembali ritme tubuh setelah diajak “bekerja keras”. Setelah melakukan power walking, jangan lupakan untuk melakukan pendinginan dengan jalan santai selama 5 menit.

5. Buat jadwal olahraga jalan kaki untuk mencapai target

Demi mencapai target saat olahraga jalan kaki, kamu bisa membuat jadwal olahraga jalan kaki setiap minggunya.

Mengutip dari Very Well Fit, jadwal olahraga jalan kaki bisa dibuat kurang lebih seperti ini: minggu pertama, olahraga jalan kaki selama 15 menit sebanyak 5 kali dalam satu minggu; minggu kedua, selama 20 menit sebanyak 5 kali dalam satu minggu; minggu ketiga, selama 25 menit sebanyak 5 kali dalam satu minggu; minggu keempat, selama 30 menit sebanyak 5 kali dalam satu minggu.

6. Selipkan olahraga jalan kaki di sela-sela kegiatan harian

Buat kamu yang disibukkan dengan pekerjaan, melakukan olahraga tentu menjadi hal yang sulit. Namun, olahraga jalan kaki termasuk olahraga yang mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Seperti misalnya saat kamu berada di kantor, alih-alih menggunakan lift, kamu bisa mulai menggunakan tangga untuk menuju ke lantai atas yang tak terlalu jauh. Atau jika pekerjaanmu hanya membuatmu duduk sepanjang hari, kamu bisa rehat sejenak selama 30-45 menit sekali untuk jalan santai sambil meregangkan badan.

Olahraga jalan kaki cukup mudah bukan? Olahraga ini memberi banyak sekali manfaat bagi tubuh, antara lain membantu menurunkan berat badan, mengurangi nyeri punggung, membantu tidur lebih nyenyak, mengurangi kadar stres, menurunkan risiko penyakit jantung, dan masih banyak lagi. Jadi, kapan nih kamu akan mulai olahraga jalan kaki?
Bagikan Artikel