Mengapa Ada 5 E-Number di Komposisi Lemonilo Chimi Keripik Ubi?

Saat membaca komposisi produk Lemonilo Chimi Keripik Ubi, kamu akan menemukan beberapa bahan di dalam komposisi yang menggunakan E-Number seperti Silikon Dioksida (E551), Akasia Gum (E414), Sodium Sitrat (E331), Asam Askorbat (E300), dan Asam Sitrat (E330).
Tenang, jangan panik dulu! 5 E-Number yang kamu baca di komposisi Chimi Keripik Ubi ini bukanlah bahan kimia berbahaya melainkan Bahan Tambahan Pangan (food additive) yang alami dan benar-benar aman dikonsumsi tubuh. Semuanya berkualitas food-grade, yang artinya bahan-bahan tersebut tidak akan memindahkan atau mentransfer zat-zat yang berbahaya dan beracun ke dalam tubuh kamu.

banner consideration shipping bg blue

5 E-Number ini ditambahkan pada Lemonilo Chimi Keripik Ubi sesuai dengan aturan dan panduan BPOM RI serta Badan Pengawas Obat & Makanan Amerika Serikat (FDA). Supaya kamu nggak bingung dan khawatir, baca penjelasan lengkap berikut ya!

Silikon Dioksida (E551)

Sebenarnya silikon dioksida (SiO2) ada secara alami di alam (berbentuk pasir kuarsa), tanaman, dan tubuh manusia. Silikon dioksida atau silika ini paling umum digunakan sebagai anti kempal pada makanan. Silikon dioksida pada tambahan pangan memiliki kualitas food-grade, yang artinya bahan tersebut aman digunakan untuk pangan dan tidak akan memindahkan atau mentransfer zat-zat yang berbahaya dan beracun ke dalam tubuh kita. 
FDA (Badan Pengawas Obat & Makanan Amerika Serikat), WHO dan BPOM RI telah mengakui silikon dioksida sebagai zat tambahan makanan yang aman dan tidak memiliki efek samping pada tubuh. Itu sebabnya, sudah sejak lama sekali industri makanan menggunakan silikon dioksida sebagai anti kempal. Sesuai aturan FDA, batas maksimal penggunaan silikon dioksida sebagai bahan tambahan pangan tidak boleh lebih dari 2% dari berat pangan.
Lemonilo Chimi Keripik Ubi menggunakan kurang dari 2% silikon dioksida untuk menghasilkan bumbu Chimi Keripik Ubi yang merata dan tidak menggumpal. Silikon dioksida pada Chimi Keripik Ubi juga berfungsi untuk menyerap cairan berlebih agar bahan tidak saling menempel ketika berada pada kondisi lembab sehingga kadar air keripik tetap rendah dan keripik tidak cepat melempem (tetap garing).

Akasia Gum (E414)

Akasia Gum atau Gum Arab adalah bahan tambahan pangan yang umumnya digunakan sebagai pengemulsi dan pengikat rasa. Oleh FDA, takaran akasia gum yang dibolehkan pada bahan tambahan pangan adalah kurang dari 4% dari berat pangan. 
Kandungan akasia gum pada Lemonilo Chimi Keripik Ubi sendiri kurang dari 2% dan digunakan sebagai pengikat komposisi bahan baku lainnya. Gum Arab pada Lemonilo Chimi Keripik Ubi digunakan untuk pengikat rasa dan aroma serta mencegah kristalisasi gula pada saat pembuatan serbuk bumbu.

Asam Askorbat (E300) 

Asam askorbat adalah bahan tambahan pangan yang mengandung antioksidan. Biasanya, antioksidan dibutuhkan pada produk pangan untuk menghambat reaksi oksidasi lemak yang bisa menyebabkan terjadinya penurunan kualitas produk saat disimpan dalam jangka waktu tertentu. Reaksi oksidasi ini bisa memunculkan aroma tidak sedap, tengik, bahkan menurunkan nilai gizi pangan. 
banner consideration promotion bg blue
FDA sendiri menyatakan bahwa asam askorbat adalah zat aman atau generally recognized as safe (GRAS) untuk digunakan dalam makanan, dan tidak ada batas maksimum yang ditentukan. Lemonilo Chimi Keripik Ubi hanya menggunakan kurang dari 2% asam askorbat sebagai antioksidan untuk mencegah keripik hasil penggorengan tengik lebih cepat. 

Asam Sitrat (E330) dan Sodium Sitrat (E331)

Asam sitrat dan sodium sitrat adalah bahan tambahan pangan yang keduanya berfungsi untuk mencegah tumbuhnya mikroba dalam produk pangan. Dengan memiliki pH rendah (asam), asam sitrat dan sodium sitrat membuat mikroba tidak bisa tumbuh pada produk pangan karena mikroba tidak bisa hidup dalam kondisi asam. Sebagai bahan tambahan pangan, tidak ada batasan maksimum penggunaan untuk kedua sitrat ini sesuai aturan FDA.
Lemonilo sebagai brand berbasis teknologi yang hadir dengan misi membantu masyarakat Indonesia lebih sehat menjamin bahwa produk-produk yang Lemonilo keluarkan benar terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas bahan berbahaya. Lemonilo juga menjanjikan transparansi dan kualitas terbaik dari semua produk yang dihadirkan.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Jadi, nggak perlu khawatir ya karena Lemonilo Chimi Keripik Ubi aman dikonsumsi dan selalu bisa jadi andalan kapan pun kamu butuh camilan~
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami