Mencegah Radang Tenggorokan, Inilah Penyebab dan Gejalanya

Meskipun bukan penyakit berbahaya yang cukup serius, namun ketika kamu terkena radang tenggorokan jangan menyepelekan begitu saja. Pasalnya, penyakit yang satu ini bisa mengganggu ketika sedang makan ataupun minum. Tidak hanya merasakan nyeri saat menelan makanan yang masuk, terkadang radang pada tenggorokan juga kerap disertai demam ringan yang bisa membuat aktivitas terganggu. Lalu, bagaimana cara mencegah kondisi ini? banner consideration shipping bg blue

1. Perbanyak Air Putih

Meminum banyak air putih memang memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Salah satunya bisa menjadi salah cara untuk mencegah radang pada tenggorokan. Salah satu penyebab radang tenggorokan sendiri bisa datang dari faktor makanan yang kita makan. Mengkonsumsi makanan berminyak dengan porsi yang banyak membuat tenggorokan terganggu. Bahkan salah satunya bisa menyebabkan radang pada tenggorokan.
Untuk mengatasi masalah ini, memperbanyak minum air putih bisa menjadi solusi. Dalam sehari, tubuh dianjurkan untuk mengonsumsi delapan gelas air putih. Meskipun terkesan sepele, nyatanya mengonsumsi air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga kondisi tenggorokan.

2. Cukupkan Istirahat

Kurangnya istirahat membuat tubuh rentan terkena penyakit. Untuk itu, jika merasakan tubuh merasa capek segeralah untuk beristirahat. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan aktivitas seperti biasanya. Karena tubuh yang lelah terkadang membuat kita tidak sadar dengan jenis makanan yang dikonsumsi. Sehingga dalam hal ini bisa jadi memicu terkena radang pada tenggorokan.

3. Kumur Air Garam

Jika tenggorokan sudah terkena radang, cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meredakan sakitnya adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Dalam hal ini, air garam dapat membantu melapisi dan melembabkan selaput tenggorokan sehingga rasa nyeri saat menelan pun bisa berkurang. 
banner consideration promotion bg blue
Kandungan yang ada di dalam garam juga mampu menarik air dan berfungsi sebagai pereda gejala. Sehingga dalam hal ini, air garam dapat meredakan peradangan pada tenggorokan maupun pita suara. Kamu bisa mencoba berkumur dengan air garam ini sebanyak 2-3 kali sehari sehingga radang pada tenggorokan berkurang.

4. Mengkonsumsi Madu

Kandungan yang ada di dalam madu terkenal berkhasiat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya juga mampu mencegah radang pada tenggorokan. Hal ini karena dalam madu terdapat efek antibakteri dan antivirus yang dapat menghambat replikasi virus influenza dan mempercepat penyembuhan flu. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi yang diterbitkan oleh Archives of Medical Research pada tahun 2014 lalu.
Dalam mengkonsumsi madu ini, kamu bisa meminumnya secara langsung maupun mencampurnya dengan air putih. Memperbanyak mengkonsumsi madu juga sudah terbukti efektif mengurangi produksi lendir dan mengurangi gejala batuk pada anak-anak. 

5. Mandi Air Hangat

Cara terakhir untuk meredakan radang tenggorokan adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Uap dari air hangat dapat membantu melembabkan pita suara sehingga membuat tenggorokan lebih ringan. Mandi dengan air hangat juga dapat membuat tubuhmu menjadi lebih rileks. Tidak ada salahnya jika kamu menambahkan minyak esensial atau aromaterapi untuk mendapatkan kerileksan.
Tidak ada salahnya juga jika kamu menggunakan humidifier atau alat untuk melembabkan udara di rumah. Hal ini dapat dijadikan sebagai antisipasi, karena ketika tidur di malam hari tenggorokan akan cenderung lebih kering karena produksi air liur yang berkurang, sehingga peradangan akan bertambah parah.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah kelima cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah radang tenggorokan. Dengan mengetahui berbagai cara untuk mencegahnya, kamu bisa terbebas dari kondisi radang yang bisa mengganggu produktivitas harian kamu. Selalu jaga kesehatan ya Lemonizen! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami