Kandungan Gizi Beras Merah, Benarkah Lebih Baik dari Beras Putih?

Rizki Indra -
Beras merah selalu identik dikonsumsi oleh orang yang tengah menjalani program diet. Hal ini disebabkan banyaknya anggapan bahwa beras merah dapat membantu menurunkan berat badan. Tak hanya itu, beras merah digadang-gadang mempunyai gizi yang jauh lebih baik daripada beras putih, benarkah demikian? Berikut ini merupakan informasi mengenai kandungan gizi beras merah.

5 Kandungan Gizi Beras Merah


1. Memiliki Kandungan Serat Lebih Tinggi



Beras merah menjadi salah satu jenis beras yang paling bernutrisi. Hal ini karena dalam proses produksinya tidak disertai dengan pembuangan kulit arinya. Dalam satu gelas beras merah mengandung 218 kalori, 45.8 gram karbohidrat, 4.5 gram protein, 3.5 gram serat, dan 1.8 gram lemak.

Sedangkan dalam porsi yang sama beras putih mengandung 242 kalori, 53.2 gram karbohidrat, 4.4 gram protein, 0.6 gram serat, dan 0.4 gram lemak. Dari kedua perbandingan ini terlihat jelas bahwa beras merah mempunyai kandungan serat yang lebih tinggi dengan kalori yang lebih rendah jika dibandingkan dengan beras putih.

2. Mempunyai Vitamin Lebih Banyak



Kandungan gizi yang terdapat di dalam beras juga beragam. Sumber thiamine, niacin, dan vitamin B6 yang baik terdapat di dalamnya. Pada satu porsi beras merah mengandung 2.6 mg niacin, 0.3 mg vitamin B6, dan 0.2 mg thiamine.
Jika dibandingkan beras putih, kandungan yang ada di dalam beras merah memang lebih kompleks. Pasalnya, dalam beras putih tidak terkandung vitamin B yang umumnya hilang pada masa pengolahan. Padahal, vitamin B ini sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

3. Kaya Akan Mineral