Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia

Rizki Indra -
Daun sirih memang sudah dikenal sebagai tanaman yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Daun sirih juga banyak tumbuh di daerah Indonesia. Bahkan ada juga yang sengaja menanamnya di halaman depan rumah sebagai tanaman obat yang bisa digunakan kapanpun. Untuk itu, berikut manfaat daun sirih yang bisa kamu rasakan:

1. Sembuhkan Pneumonia



Rebusan daun sirih bermanfaat untuk sembuhkan masalah saluran pernapasan pneumonia. Bagi kamu yang mengalami masalah ini, bisa jadikan rebusan daun sirih merah sebagai alternatif obat herbal dengan meramunya sendiri. Caranya dengan merebus 5-7 lembar daun sirih merah dan meminumnya secara rutin.

2. Mengobati Jantung Koroner



Manfaat rebusan daun sirih selanjutnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung koroner. Manfaat ini bisa kamu dapatkan dengan menghaluskan beberapa lembar daun sirih, lalu dicampur cabai atau daun kemukus dengan tambahan bawang merah dan jintan. Campuran bumbu tersebut kemudian diendapkan dengan air panas. Kamu bisa segera meminum airnya secara teratur setiap hari.

3. Membantu Proses Penyembuhan Luka



Daun sirih memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal ini membuat daun sirih mampu mengatasi stres oksidatif sehingga mampu membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Cara mengolahnya, kamu hanya perlu mengoleskan daun sirih pada area yang luka dan setelahnya tinggal dibungkus menggunakan perban. Luka ini pun akan bisa segera sembuh sekitar 1-2 hari saja.

4. Menghambat Karies Gigi



Kebiasaan menginang yang dilakukan beberapa orang tua zaman dulu, ternyata terbukti memberi manfaat baik untuk gigi sampai sekarang. Dari hasil penelitian mengungkapkan, bahwa manfaat daun sirih ternyata mampu untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab dari karies gigi. Karies gigi adalah salah satu penyebab kesehatan yang sering dialami banyak orang. Kandungan minyak atsiri, flavonoid, alkaloid, dan senyawa fenolik di dalam daun sirih dapat menghambat karies gigi. Semua senyawa ini pada dasarnya bersifat aktif pada bakteri S. mutans.

5. Mengatasi Sakit Tenggorokan



Sakit tenggorongan juga bisa diatasi dengan daun sirih ini. Karena kaya akan kandungan antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi serta antibakteri, daun sirih memang baik untuk kesehatan. Banyak obat-obatan yang beredar menggunakan bahan alami dari daun sirih. Hal ini karena daun sirih mampu mengatasi demam hingga sakit tenggorokan.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan



Manfaat daun sirih akan bisa kamu rasakan apabila rutin mengkonsumsi air rebusan daun sirih. Daun sirih akan membantu sekresi pencernaan, meningkatkan sekaligus menghilangkan kadar air berlebihan atau racun dari dalam tubuh. Sedangkan serat yang dimiliki daun sirih membantu untuk menurunkan kadar lemak dalam tubuh sekaligus mengatasi sembelit. Hal ini tentu akan membuat berat badan kamu turun.

7. Mengurangi Bau Mulut dan Badan



Kandungan eugenol dan capitol yang terdapat pada daun sirih bermanfaat untuk mengatasi bau mulut. Manfaat daun sirih yang satu ini bisa didapatkan dengan berkumur menggunakan rebusan daun sirih beberapa saat, dan masalah bau mulut bisa teratasi. Selain itu, bau badan yang membandel juga bisa diatasi dengan daun sirih loh! 

Kandungan estradiol dan kutikula dalam daun sirih ini dapat bekerja mengatur produksi hormon kelenjar keringat dalam tubuh. Melalui cara ini, bau yang tidak sedap disebabkan oleh keringat bisa teratasi. Untuk mendapatkan manfaat rebusan daun sirih ini, kamu bisa mengkonsumsinya secara rutin.

Itulah manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh kamu. Dengan berbagai manfaat tersebut, tidak heran jika banyak orang yang menggunakan daun sirih untuk kesehatan mereka. 
Bagikan Artikel