Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka

Tanaman binahong dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Daunnya sudah sering dipakai untuk berbagai macam obat tradisional di masyarakat sejak zaman dulu bahkan hingga sekarang, meskipun sudah ada obat-obat yang lebih modern. Tumbuhan menjalar, berbatang lunak, berdaun tunggal, dan berbunga majemuk ini memiliki manfaat untuk percepat penyembuhan luka, melancarkan peredaran darah. Inilah manfaat daun binahong yang sangat mengagumkan: 

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat pertama dari daun binahong adalah untuk luka. Daun binahong memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka. Tumbuklah daun binahong yang masih segar, kemudian tempelkan pada bagian luka. Sifat anti inflamasi yang ada pada daun binahong membantu meringankan memar yang memerah atau bahkan bengkak.

banner consideration shipping bg blue

2. Mengatasi Asam Urat

Manfaat daun binahong selanjutnya yaitu mengobati asam urat. Rutin mengkonsumsi air rebusan daun binahong dapat membantu menurunkan kadar purin dalam tubuh. Purin yaitu senyawa organik dalam DNA tubuh yang muncul setelah mengonsumsi makanan pemicu asam urat. Zat-zat yang terkandung tersebut dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah persendian.

3. Mengatasi Maag

Penyakit maag terjadi karena lambung memproduksi asam lambung yang berlebih. Daun binahong mengandung khasiat untuk mengatasi penyakit ini. Mengkonsumsi daun binahong, akan menetralkan asam lambung menjadi normal kembali.  Selain itu, daun binahong Kaya akan sifat antioksidan yang efektif untuk menangkal radikal bebas pada tubuh kamu dan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit yang berbahaya.

banner consideration promotion bg blue

4. Meningkatkan Vitalitas Pria

Mengkonsumsi daun binahong dapat dijadikan alternatif dari obat kuat agar tahan lama. Mengkonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin mampu membuat alat vital pria jadi kuat dan tahan lama. Hal ini karena daun binahong memiliki kandungan mineral alami yang lengkap. Selain itu, daun binahong juga dapat melancarkan peredaran darah.

5. Mengatasi Anemia

Manfaat selanjutnya bisa mengatasi anemia atau tekanan darah rendah. Anemia bisa terjadi ketika tekanan darah seseorang berada di bawah angka normal. Zat besi besi yang terkandung di dalam daun binahong dibutuhkan sel darah merah agar seseorang tidak lagi merasakan anemia.

6. Obat Diabetes

Penderita diabetes mellitus di Indonesia semakin bertambah. Karenanya, riset-riset untuk menemukan obat alternatif ini sangat dibutuhkan. Salah satu yang menjanjikan adalah manfaat daun binahong sebagai obat diabetes. Hal ini berdasarkan riset yang telah dilakukan oleh di Universitas Muhammadiyah Surakarta. 
Penelitian tersebut dilakukan pada tikus jantan galur wistar yang diberikan suntikan ekstrak daun binahong dan hasilnya, kadar gula darah pada tikus tersebut turun saat diberikan dosis 25 mg/Kg berat badan tikus. Penelitian lain juga dilakukan di Institut Teknologi Bandung yang menunjukan adanya pengaruh daun binahong pada penanganan luka kaki diabetes. 

7. Mencegah Penyakit Ginjal

Biasanya tubuh akan menghasilkan kreatinin sebagai produk sampah dari aktivitas di otot. Kadar kreatinin yang berlebihan dapat memunculkan penyakit di ginjal. Ginjal bekerja untuk mempertahankan kadar kreatinin dalam darah agar selalu berada pada level normal. Ketika ginjal terganggu, maka kadar kreatinin akan meningkat karena ginjal tidak mampu untuk membersihkannya. Sementara, penelitian yang dilakukan di Universitas Muhammadiyah Surakarta menyatakan, adanya penurunan kadar kreatinin pada darah mencit yang telah diberikan jus daun binahong.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah manfaat daun binahong yang baik untuk kesehatan kamu. Dengan mengetahui manfaat ini, kamu bisa mencoba menggunakan daun binahong ini untuk mengobati dan menjaga kesehatan kamu ya Lemonizen! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami