Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria

Daun pepaya dikenal dengan rasanya yang pahit, sehingga jarang ada yang mau mengonsumsinya. Padahal, dibalik rasa pahit tersebut ternyata ada banyak nutrisi yang bisa didapat. Kandungan nutrisi dalam daun pepaya bisa menyembuhkan malaria dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Manfaat apalagi yang bisa kamu dapatkan? Berikut manfaat daun pepaya selengkapnya. 

banner consideration shipping bg blue

1. Menyembuhkan Malaria 

Mengonsumsi daun pepaya bisa membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit malaria. Untuk mendapatkan manfaat ini, cobalah rutin mengkonsumsi jus daun pepaya tanpa tambahan gula ataupun pemanis lainnya dan coba konsumsi satu kali sehari. Kamu juga bisa menjadikannya lalapan. Dengan begitu malaria yang sedang diderita bisa ditangani oleh daun pepaya ini.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Buah pepaya dikenal bisa melancarkan sistem pencernaan, daunnya juga ternyata tidak kalah bermanfaat. Rutin mengkonsumsi daun pepaya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh kamu sehingga lebih kuat dalam mencegah infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit. Tubuh juga akan tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Selain itu, daun pepaya bisa membantu meregenerasi sel-sel darah putih secara alami.

3. Meredakan Demam dan Flu

Kandungan daun pepaya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah antioksidan. Senyawa ini bermanfaat untuk menangkal radikal bebas masuk ke tubuh, bahkan mampu membantu meredakan gejala pilek, flu, dan demam.
Jika kamu mengonsumsinya secara rutin dan teratur, daun pepaya akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Adanya manfaat ini, menjadikan tubuh tidak akan mudah terserang penyakit. Cara mengonsumsinya, cobalah mengolah daun pepaya menjadi teh. Konsumsilah selagi hangat, agar manfaatnya terasa lebih maksimal.

4. Menurunkan Risiko Kanker 

Manfaat daun pepaya selanjutnya yang bisa didapat adalah tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah dari risiko kanker. Pasalnya, daun pepaya memiliki kandungan sifat anti-kanker yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dalam membasmi kanker. Konsumsi daun pepaya juga disebut bisa membantu membuang racun dalam tubuh yang menjadi  penyebab kanker. 

banner consideration promotion bg blue

5. Anti Bakteri 

Manfaat daun pepaya juga bisa dirasakan sebagai anti bakteri pada tubuh. Daun pepaya dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit di dalam tubuh. Daun pepaya mempunyai kandungan senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan mikroorganisme, seperti jamur, cacing, bakteri, parasit, dan jenis bakteri lainnya. Selain itu, daun pepaya juga memiliki kandungan tanin yang bisa memusnahkan cacing yang bisa merusak dinding usus. 

6. Mencegah Demam Berdarah 

Manfaat selanjutnya dapat mencegah demam berdarah. Konsumsi jus dari daun pepaya secara rutin bisa membantu mencegah kamu dari penyakit demam berdarah. Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi virus yang dibawa oleh nyamuk aedes aegypti dan bisa berakibat fatal. Jika rutin mengkonsumsi daun pepaya bisa membantu tubuh dalam mengatasi serangan virus penyebab penyakit ini. 

7. Menangani Gejala Diabetes

Bagi penderita diabetes juga bisa mengkonsumsi daun pepaya ini. Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa daun pepaya dapat bermanfaat untuk mengurangi kadar gula darah di dalam tubuh. Hal ini akan membantu pasien diabetes tipe 2 untuk mengendalikan gejala agar tidak berujung pada komplikasi.
Dari hasil studi tahun 2012 yang dilakukan pada orang dewasa juga menemukan bahwa daun pepaya dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Karenanya, apabila dikonsumsi secara rutin dan teratur daun pepaya mampu mencegah perburukan kondisi akibat diabetes.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat daun pepaya untuk tubuh kamu. Yuk, masukan daun pepaya menjadi konsumsi harian agar merasakan manfaat di atas.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami