Dilakukan Sebelum Olahraga, Inilah 10 Manfaat Pemanasan (Stretching)

Banyak orang yang tidak benar-benar mengetahui manfaat pemanasan dan cuma sekadar melakukannya saja. Padahal tanpa disadari, pemanasan ini memegang kunci yang cukup penting agar bisa berolahraga dengan baik dan maksimal. Tanpa melakukan pemanasan, akan terjadi kejadian fatal yang bisa kamu alami saat berolahraga seperti cedera tubuh. Selain itu, pemanasan juga memiliki manfaat lainnya. 

1. Meningkatkan Kelenturan

Sebelum olahraga pemanasan sangat penting dilakukan untuk menjaga kelenturan tubuh. Hal ini karena ada beberapa kasus terjadi, tubuh menjadi kaku menimbulkan sensasi nyeri ketika digerakkan dengan volume tinggi. Maka dari itu, dengan melakukan pemanasan sebelum olahraga akan membuat otot yang kaku tersebut dapat sedikit dilenturkan agar tidak menimbulkan rasa nyeri yang berarti.

banner consideration shipping bg blue

2. Melancarkan Pernapasan

Dari semua gerakan pemanasan yang biasa dilakukan sangat erat kaitannya dengan pola pernapasan. Biasanya seseorang yang tidak terbiasa olahraga akan mengalami sesak saat langsung diforsir terlalu banyak tenaganya. Karena itu, lakukan pemanasan yang baik agar sirkulasi udara menjadi lebih stabil saat tahap olahraga inti.

 3. Mengurangi Stres

Siapa sangka ternyata melakukan pemanasan tak hanya bermanfaat untuk fisik saja, melainkan juga untuk mental kamu lho. Jika melakukan pemanasan yang sedikit lebih lama, dipercaya akan meningkatkan mood seseorang untuk berolahraga. Hal ini akan membuat rasa stres dan depresi hilang karena efek relaksasi yang didapatkan karena aliran darah dan oksigen lancar.

4. Mengurangi Risiko Cedera

Manfaat selanjutnya dari pemanasan yaitu akan membantu untuk memasok pasokan nutrisi yang lebih besar ke otot. Hal ini akan mengurangi nyeri otot dan membantu mempercepat pemulihan dari cedera otot dan sendi.

5. Menstabilkan Detak Jantung

Pernahkah kamu merasakan detak jantung semakin berdegup kencang saat berolahraga? Tentu saja hal tersebut adalah hal yang biasa. Namun, walau termasuk hal yang biasa, tidak boleh disepelekan begitu saja. Pasalnya, irama detak jantung yang terlalu cepat bisa memberikan efek yang mengkhawatirkan jika tidak diatur dengan baik.banner consideration promotion bg blue

6. Meningkatkan Stamina

Pemanasan akan mengendurkan otot dan tendon kamu yang akhirnya akan bermanfaat untuk mengurangi kelelahan otot dan meningkatkan aliran darah. Semakin lama kamu berolahraga semakin banyak energi yang kamu bakar, biasanya akan menyebabkan lelah. Melakukan pemanasan terlebih dahulu akan menunda timbulnya kelelahan otot dengan memastikan oksigen mengalir secara efisien melalui darah kamu sehingga meningkatkan daya tahan tubuh kamu.

7. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Meningkatkan aliran darah ke otot tidak hanya akan membantu mengurangi rasa sakit sebelum olahraga dan mempersingkat waktu pemulihan, tetapi juga akan meningkatkan kesehatan kamu secara keseluruhan. 
Sirkulasi darah yang lebih besar dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel dan fungsi organ tubuh kamu. Selain itu, denyut jantung juga akan lebih rendah karena tidak harus bekerja dengan keras dan tekanan darah akan menjadi lebih merata dan konsisten.

8. Tingkatkan Kinerja Atletik

Kalau otot kamu sudah mengalami kontraksi karena belum meregang, maka mereka akan kurang efektif selama latihan. Pemanasan sebelum lari secara teratur akan mengendurkan semua otot kamu dan karena itu memungkinkan mereka untuk lebih siap selama latihan.

9. Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat pemanasan sebelum latihan akan memberi waktu otot kamu untuk rileks. Peningkatan aliran darah akan meningkatkan pasokan nutrisi ke otot dan mengurangi rasa sakit di otot kamu setelah latihan.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

10. Mengurangi Kolesterol

Dipasangkan dengan diet sehat, manfaat pemanasan sebelum olahraga yang berkepanjangan dapat membantu untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh. Hal ini dapat mencegah dan bahkan membalikkan pengerasan arteri sehingga membantu kamu menghindari penyakit jantung.
Itulah manfaat pemanasan sebelum melakukan olahraga. Setelah mengetahui berbagai manfaat ini, jangan pernah lupa untuk melakukan pemanasan setiap kali kamu akan berolahraga ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami