Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?

dr. Alvin Wijaya -
Pernah dengar mitos bahwa mandi malam hari bisa menyebabkan masuk angin? Sebenarnya istilah masuk angin tidak dikenal di dunia medis, bahkan istilah ini hanya populer di Indonesia saja. Masuk angin yang banyak dikeluhkan oleh masyarakat Indonesia sebenarnya adalah kombinasi antara keluhan sakit lambung dan flu. 

Masuk angin yang sering dimaksud sebenarnya adalah kondisi tubuh yang kembung, begah, sedikit pilek, sendi-sendi tubuh terasa nyeri, pusing, dan tubuh terasa tidak fit. Keluhan-keluhan ini memang dapat ditemukan pada orang yang sedang lelah beraktivitas sehingga imun tubuh menjadi lebih rendah dan virus flu akan mulai masuk menimbulkan gejala. 

Ini juga rentan terjadi pada Lemonizen yang pola makannya tidak teratur, banyak mengonsumi makanan dan minuman yang sifatnya meningkatkan asam lambung, atau terlalu banyak terpapar angin kencang dan angin AC ke tubuh. Dengan ini, masuk angin sebenarnya tidak berhubungan secara langsung dengan mandi di malam hari ya, Lemonizen.

Mandi Malam Hari Bisa Bikin Tidur Lebih Nyenyak



Menurut penelitian, mandi di malam hari apalagi dilakukan 1-1,5 jam sebelum tidur justru dapat membantumu lebih mudah tidur. Mandi malam hari dengan air hangat (suhu 40–43 oC) juga dapat meningkatkan kualitas tidur sehingga sangat membantu orang-orang dengan keluhan insomnia.

Jika kamu mandi menggunakan shower, air yang keluar dari shower juga dapat menimbulkan efek relaksasi bagi otot-otot tubuh. Mandi malam hari sesudah beraktivitas di luar rumah akan membantu kulit menjadi lebih bersih setelah seharian tertutupi oleh make-up ataupun menghilangkan kuman yang menempel di kulit, sehingga mengurangi kemungkinan timbulnya jerawat dan keluhan kulit lainnya.  

Perhatikan Hal-Hal Berikut Saat Mandi Malam Hari

Saat harus mandi di malam hari karena baru kembali setelah beraktivitas di luar rumah, sebaiknya kamu memerhatikan beberapa hal berikut. Misal, jangan langsung mandi setibanya di rumah, istirahatkanlah tubuh sejenak sebelum mandi. Lalu, mandilah dengan air hangat agar tubuh lebih nyaman dan dapat melemaskan otot-otot yang tegang setelah seharian beraktivitas. Segera keringkan tubuh dengan handuk dan pakailah baju tidur yang nyaman.

Tubuh akan menjadi lebih santai sesudah mandi air hangat di malam hari, tidurmu juga akan lebih nyenyak dan berkualitas. Sebab untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita bukan hanya butuh makanan dan minuman yang bernutrisi namun juga tidur yang berkualitas tanpa gangguan. Semua hal ini dilakukan agar kesehatan dan kualitas hidup jangka panjang selalu terjaga dengan baik. 

Jadi jangan anggap mandi malam hari bisa menyebabkan masuk angin ya Lemonizen, itu mitos doang kok!
Bagikan Artikel