Belum Banyak Orang Tahu, Inilah 5 Manfaat Tebu Bagi Kesehatan Tubuh

Tebu merupakan salah satu tanaman yang mengandung berbagai macam nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, dan mineral yang meliputi fosfor, kalsium, zat besi, zinc, dan kalium. Mengkonsumsi air tebu digadang-gadang jauh lebih sehat dibandingkan dengan mengonsumsi gula. Tidak hanya itu, banyak lagi manfaat tebu untuk kesehatan lainnya. Apa saja manfaat itu?

banner consideration shipping bg blue

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat tebu yang pertama adalah khasiatnya untuk meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan berbagai bakteri maupun virus yang mengancam kesehatan. Kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi yang ada dalam air tebu dapat mencegah infeksi, khususnya pada lambung, hati, dan saluran pernapasan.
Tidak hanya itu, ternyata air tebu juga bisa membantu mencegah timbulnya penyakit kronis seperti kanker prostat dan kanker payudara. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi air tebu secara rutin agar dapat meningkatkan imunitas tubuhmu.

2. Mempertahankan Kesehatan Kulit

Tidak hanya meningkatkan imunitas tubuh, manfaat tebu selanjutnya adalah menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena dalam tebu mengandung asam alfa hidroksi, khususnya asam glikolat yang dipercaya memiliki efek antioksidan pada kulit.
Jika kamu mengonsumsi air tebu ini secara teratur, maka peradangan dan infeksi pada kulit dapat dikurangi. Tidak hanya itu, air tebu bermanfaat mencegah timbulnya tanda-tanda penuaan seperti keriput, dan menghilangkan bekas luka di kulit.

3. Menurunkan Kolesterol

Berdasarkan beberapa studi yang telah dilakukan oleh para peneliti, menyebutkan bahwa dengan meminum air tebu mentah bisa menurunkan kolesterol secara efektif. Baik itu LDL atau kolesterol jahat maupun trigliserida.

banner consideration promotion bg blue

Dengan terkendalinya kadar kolesterol dalam tubuh ini, risiko terkena penyakit jantung bisa ditekan. Tidak hanya itu, nyatanya kandungan kalium dalam air tebu juga dipercaya bisa meredakan ketegangan pada pembuluh darah dan arteri, sehingga bisa mengurangi resiko serangan jantung.

4. Merawat Kandungan Ibu Hamil

Tahukah kamu, manfaat tebu juga baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Bahkan para peneliti banyak menyarankan agar ibu hamil rutin mengkonsumsi air tebu selama masa kehamilan. Hal ini agar metabolisme si ibu dan janin yang dikandungnya meningkat. Tidak hanya itu, tebu juga bisa memperbaiki pencernaan, dan mengurangi gejala morning sickness.
Tebu juga merupakan buah dengan kadar indeks glikemik yang rendah, sehingga aman jika dikonsumsi ibu hamil sepanjang hari. Dengan mengkonsumsi minuman herbal seperti tebu, ibu hamil bisa terlindungi dari obat-obatan atau antibiotik yang mengandung zat kimia.

5. Indeks Glikemik Rendah

Manfaat tebu selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai gula pengganti bagi para penderita diabetes. Hal ini karena tebu mengandung indeks glikemik yang rendah, dengan angka 43 miligram.  Gula tebu juga aman dikonsumsi bagi pasien yang memiliki diabetes tipe 2. Dalam hal ini, air tebu sebenarnya dapat menurunkan dan mengendalikan kadar gula darah, namun jika dikonsumsi dengan kadar secukupnya. Meskipun demikian, ada baiknya jika kamu mengkonsultasikan ke dokter terlebih dahulu.
Mengkonsumsi tebu, dianjurkan tidak berlebihan. Pasalnya, kandungan gula tebu (fruktosa dan glukosa) lebih lambat diserap tubuh jika dibandingkan dengan gula sukrosa.  Untuk itu, konsumsilah tebu dalam jumlah sewajarnya saja.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima manfaat tebu bagi kesehatan tubuh. Dengan mengetahui informasi ini, maka jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi tebu dalam asupan harian kamu ya. Entah sebagai minuman yang menyegarkan ataupun dikonsumsi dalam bentuk gula tebu. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami