Begini Cara Manfaatkan Minyak Kelapa Murni untuk Bayi, Ibu Harus Coba!

Bukan informasi baru bahwa minyak kelapa murni memiliki segudang khasiat. Minyak kelapa murni mulai digandrungi banyak orang belakangan ini karena selain aman dan sehat dikonsumsi oleh tubuh, ia juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan.

banner consideration shipping bg blue

Namun ternyata bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mendapatkan manfaat dari minyak kelapa murni. Ini juga bisa turut dirasakan oleh bayi, terutama karena minyak kelapa aman digunakan oleh si kecil dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Berikut manfaat penggunaan minyak kelapa murni yang berkhasiat banyak bagi bayi.

1. Jaga Kelembaban Kulit Bayi dengan Olesan Minyak Kelapa Murni

Kulit bayi memang cenderung lebih sensitif dan mudah kering karena belum mampu menyesuaikan diri dengan perubahan cuaca dan suhu. Sayangnya, pelembab bayi yang dijual di pasaran terkadang mengandung bahan kimia dan pewangi yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif. Sebagai alternatifnya, Lemomoms bisa menggunakan minyak kelapa murni sebagai pelembab kulit bayi karena minyak kelapa membantu meningkatkan hidrasi kulit serta kandungan lipid pada kulit.

2. Atasi Masalah Ruam Popok dengan Minyak Kelapa Murni

Ruam popok adalah masalah yang biasa terjadi pada bayi. Atasi masalah ini dengan mengoleskan minyak kelapa murni pada bagian yang terkena ruam. Khasiat anti bakteri pada minyak kelapa murni akan mengatasi ruam popok dan mencegah ruam popok kambuh kembali.
Minyak kelapa murni juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah masalah kulit. Karena itu, minyak kelapa murni bisa digunakan saat memijat bayi agar kesehatan kulit bayi lebih terjaga.

3. Olesan Minyak Kelapa Murni Bisa Hilangkan Dermatitis Seboroik

Dermatitis Seboroik atau cradle cap adalah kerak berwarna kuning pada bayi yang sepintas mirip ketombe. Masalah ini disebabkan oleh jamur dan biasanya terjadi di kulit kepala, lipatan kulit, wajah, leher, dan telinga bayi. Khasiat antijamur dari kandungan minyak kelapa murni dapat membantu mengatasi masalah dermatitis seboroik ini.
Cara penggunaannya, bisa dengan mengoleskan minyak kelapa pada bagian tubuh bayi yang berkerak. Diamkan selama beberapa saat hingga kerak menjadi lembut. Lalu singkirkan kerak perlahan-lahan dengan sisir atau sikat lembut.

4. Oleskan Minyak Kelapa Murni di Dada Bayi Untuk Redakan Gangguan Hidung Tersumbat

Hidung si kecil tersumbat karena pilek? Lemomoms bisa campurkan minyak kelapa murni dengan minyak esensial seperti minyak eukaliptus atau peppermint yang memiliki aroma segar. Lalu oleskan campuran minyak ini pada dada bayi. Masalah hidung tersumbat yang dialami si kecil pun bisa diatasi tanpa bantuan bahan-bahan kimia yang bisa berbahaya bagi bayi.

banner consideration promotion bg blue

5. Antioksidan Pada Minyak Kelapa Murni Bisa Bantu Mengatasi Eksim Pada Bayi

Eksim yang menyerang bayi dapat mengakibatkan kulitnyamenjadi sangat kering dan gatal. Minyak kelapa akan membantu melembabkan kulit si kecil. Selain itu, kandungan vitamin dan antioksidan dalam minyak kelapa juga akan membantu mengatasi eksim. Manfaat antimikroba dari minyak kelapa juga membantu menurunkan pertumbuhan kuman.

6. Minyak Kelapa Murni Bantu Sembuhkan Sariawan

Bayi dapat mengalami sariawan sebab sistem kekebalan tubuh bayi yang belum berkembang sempurna. Bila tidak diatasi dengan baik, bayi jadi sulit menyusu. Mengingat asupan makanan bayi berusia di bawah 6 bulan hanya berasal dari ASI, sariawan bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang bayi. Meskipun bisa diobati dengan obat-obatan antijamur, sariawan juga bisa coba diatasi dengan minyak kelapa murni. Caranya, oleskan sedikit minyak kelapa pada puting susu ibu sebelum menyusui. Khasiat antijamur dari minyak kelapa murni bisa membantu mengatasi sariawan yang dialami si kecil.

7. Oleskan Untuk Obati Gigitan Serangga Pada Kulit Bayi

Gigitan serangga tentu terasa panas dan gatal terutama bagi bayi. Untuk mengatasinya bisa dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa murni pada bagian tubuh yang digigit serangga, lalu diamkan selama beberapa saat. Minyak kelapa murni memiliki manfaat anti bakteri dan anti radang yang bisa membantu mengatasi masalah gigitan serangga.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Bagaimana Moms, mulai berencana memanfaatkan minyak kelapa murni untuk menjaga kesehatan buah hati Anda? Kalau iya, pastikan memilih minyak kelapa murni yang berkualitas dan tidak diolah dengan bahan kimia tambahan ya!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami