Ada 6 Cara Mengobati Luka Bakar yang Efektif

Luka bakar sering dialami kebanyakan orang dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini terjadi ketika kulit bersentuhan dengan penghantar panas yang bersuhu tinggi seperti saat sedang memasak atau menyetrika. Ketika hal ini terjadi, kamu pastinya mencari cara mengobati luka bakar. Luka bakar yang masih dalam kategori ringan bisa kamu atasi dengan cara alami di bawah ini. Namun, apabila kondisi luka bakar parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Inilah 6 cara mengobati luka bakar yang bisa kamu lakukan: 

banner consideration shipping bg blue

1. Aliri dengan Air

Cara pertama yang dapat kamu lakukan saat kulit terbakar adalah mengalirinya dengan air kran selama 10–20 menit hingga rasa perih akibat luka bakar ini terasa lebih ringan. Selain itu, kamu juga bisa memberi kompres dingin pada luka bakar selama 5–15 menit menggunakan handuk kecil atau kain yang telah dibungkus es. Namun, jangan terlalu sering mengompres kulit dengan air dingin sebab bisa memperparah iritasi.

2. Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengobati luka bakar adalah lidah buaya. Adanya kandungan antiradang, antibakteri, dan antioksidan pada lidah buaya bisa berfungsi untuk merangsang penyembuhan luka sekaligus melembabkan kulit. Bahkan ada berbagai riset yang membuktikan, bahwa gel atau salep yang mengandung ekstrak lidah buaya dipercaya ampuh untuk mengobati luka bakar. Oleh karena itu, tidak salah kalau lidah buaya sering dijadikan sebagai obat luka bakar alami.
Cara menggunakannya, kamu bisa oleskan gel lidah buaya secara langsung ke area kulit yang terbakar. Kalau kamu menggunakan produk lidah buaya buatan, pilih produk dengan komposisi lidah buaya yang tinggi. Lebih dari itu, hindari produk lidah buaya yang mengandung bahan tambahan, seperti pewarna dan parfum. Hal ini karena akan membuat kulit terasa perih dan mudah mengalami iritasi.

3. Oleskan Madu

Madu juga bisa menjadi obat bagi luka bakar. Adanya kandungan antiradang, antibakteri, dan antijamur yang ada di dalam madu, dipercaya bisa menjadi obat luka bakar alami. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa madu bermanfaat untuk mengatasi luka bakar ringan dan membantu proses penyembuhan luka bakar lebih cepat. Namun, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.

banner consideration promotion bg blue

4. Oleskan Salep Antibiotik

Cara mengobati luka bakar selanjutnya adalah dengan salep antibiotik. Obat salep antibiotik dapat membantu mencegah terjadinya infeksi di area luka bakar.  Caranya, oleskan salep antibakteri, seperti bacitracin atau neosporin ke area kulit yang terbakar. Kemudian, segera tutupi dengan perban atau kain bersih.

5. Hindari Paparan Sinar Matahari

Area kulit yang mengalami luka bakar biasanya akan jadi sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari. Untuk itu, hindari melakukan aktivitas di bawah paparan sinar matahari secara langsung. Namun, jika memang diperlukan lapisi dulu area luka menggunakan kain atau pakaian yang berlengan panjang.

6. Jangan Memecahkan Gelembung Kulit 

Beberapa waktu setelah mengalami luka bakar, biasanya kulit akan mengalami lepuhan berupa gelembung. Usahakan jangan sampai tergoda untuk memecahkan gelembung luka bakar yang melepuh pada kulit kamu. Sengaja memecahkan lepuhan luka bakar bisa menyebabkan infeksi. Namun, jika gelembung tersebut mulai mengganggu, kamu bisa memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan perawatan. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Namun, jika lepuhan kulit luka bakar tidak sengaja pecah, kamu bisa mengatasinya dengan membersihkan area luka menggunakan air bersih dan sabun berbahan ringan.  Keringkan luka secara alami dan jangan sampai digosok. Setelah kering, oleskan salep antibiotik pada luka tersebut dan menutupnya dengan perban. 
Nah, itulah 6 cara mengobati luka bakar yang efektif dan bisa kamu lakukan. Dengan mengetahui informasi ini, diharapkan kamu bisa melakukan pengobatan yang benar pada luka bakar kamu ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami