7 Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan, Menjaga Berat Badan Hingga Menghilangkan Stres

Bersepeda merupakan olahraga yang menawarkan banyak manfaat. Olahraga sepeda memiliki intensitas yang bervariasi sehingga cocok untuk semua tingkatan. Kamu bisa bersepeda sebagai moda transportasi, aktivitas santai, dan lain-lain.
Bersepeda akan membuatmu terus aktif sehingga mampu membentuk gaya hidup sehat, baik secara fisik maupun mental. Selain itu, masih terdapat banyak manfaat baik yang ditawarkan olahraga bersepeda.
Dilansir dari Healthline, berikut adalah 7 manfaat bersepeda yang wajib kamu tahu.

1. Menjaga berat badan

Melakukan olahraga bersepeda secara rutin, terutama dengan intensitas tinggi, akan membantu mengurangi kadar lemak dalam tubuh yang membuat berat badan lebih terjaga. Selain itu, bersepeda juga meningkatkan metabolisme yang memungkinkan tubuh membakar lebih banyak kalori, bahkan saat istirahat. banner consideration shipping bg blue

2. Memperkuat otot kaki

Bersepeda memang meningkatkan fungsi tubuh bagian bawah secara keseluruhan, terutama otot kaki. Selain melakukan olahraga sepeda, untuk menguatkan otot kaki, kamu bisa melakukan olahraga angkat beban, squat, leg press, dan lain-lain.

3. Meningkatkan kesehatan mental

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang ampuh untuk mengurasi stres, depresi, dan kecemasan. Fokus pada jalan saat mengayuh sepeda membantumu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran. 
Jika kamu sedang merasa tidak bersemangat, bersepeda setidaknya selama 10 menit juga mampu memperbaiki suasana hati. Olahraga sepeda akan melepaskan endorfin yang membantumu merasa lebih baik.

4. Ramah lingkungan

Mengendarai sepeda ampuh untuk mengurasi produksi karbon. Jika tempat kerjamu tidak terlalu jauh dari rumah, cobalah menggunakan sepeda sebagai transportasi. Selain ramah lingkungan, kamu pun bisa membuat suasana hati jadi lebih baik sebelum memulai setumpuk pekerjaan.banner consideration promotion bg blue

5. Memperbaiki postur tubuh

Ketika berkendara dengan sepeda, tubuh kita akan menjaga sepeda agar tetap tegak. Hal inilah yang akan menjaga keseimbangan dan koordinasi tubuh sekaligus memperbaiki postur tubuh. Perlu diketahui bahwa keseimbangan tubuh cenderung menurun seiring bertambahnya usia. 
Jika tubuhmu memiliki keseimbangan yang lebih baik, kamu bisa terhindar dari risiko patah tulang atau cedera lainnya. Jadi, sempatkanlah olahraga bersepeda di waktu luangmu untuk mengoptimalkan kembali fungsi tubuh.

6. Membantu penderita kanker

Bersepeda bisa menjadi pilihan perawatan tambahan bagi para penderita kanker atau pasien kanker yang sedang dalam masa pemulihan. Selain itu, bersepeda juga mampu menjaga berat badan sehingga mengurangi risiko beberapa jenis kanker. 
Berdasarkan sebuah studi di tahun 2019, penderita kanker payudara yang tetap aktif secara fisik akan mendapatkan manfaat berupa mengurangi kelelahan, mengurangi efek samping pengobatan kanker, dan meningkatkan kualitas kesehatan secara keseluruhan.

7. Aktivitas positif untuk mengawali hari

Memulai hari dengan bangun pagi dan bersepeda adalah awal yang sangat positif. Bersepeda pagi dengan intensitas rendah mampu membakar lemak, meningkatkan kinerja daya tahan, meningkatkan energi, serta menjaga metabolisme agar tetap lancar.
Sebuah studi di tahun 2019 menyatakan bahwa orang yang berolahraga, meski belum sarapan, mampu meningkatkan respons terhadap insulin yang membantu membakar lemak dua kali lebih banyak.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah 7 manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh. Jika cuaca sedang mendukung, kamu bisa melakukan perjalanan jarak jauh dengan sepeda. Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh dan mental, aktivitas ini akan mengusir kebosananmu dari rutinitas sehari-hari yang monoton. 
Sebelum memulai olahraga bersepeda, sebaiknya lengkapi peralatan keamanan agar lebih nyaman dan mengurangi berbagai risiko buruk. Selain itu, tetap waspada saat bersepeda di jalan raya juga sangat penting karena kamu akan berdampingan dengan para pengendara transportasi lainnya.
Hari ini ada yang spesial buat kamu!
Happy Birthday Lemonilo,
Ada giveaway buat kamu, lho!
Ikutan giveaway-nya di instagram @lemonilo. Kamu berkesempatan memenangkan hadiah 1 sepeda Brompton, 4 iPhone 11, 40 Smartphone, 4 sepeda anak, 4 Cooking Set, 40 Kompor, 440 Voucher Belanja, dan belasan juta uang tunai!
Periode giveaway ini selama 1-31 Oktober 2020.
Jangan ketinggalan, ya! 

Informasi lebih lengkap, cek instagram Lemonilo: https://www.instagram.com/lemonilo/

Atau kamu bisa cek di banggakansehatmu/lemonilo.com
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami