6 Fakta Unik Manfaat Petai Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Petai adalah biji tumbuhan yang diolah menjadi makanan dengan aroma yang khas. Ada orang yang tahan dengan aroma petai bahkan menjadikannya makanan favorit, tetapi ada juga yang sangat anti dengan bau petai. Namun, di balik aroma khasnya, faktanya petai memiliki kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat petai? Yuk simak ulasan berikut.

banner consideration shipping bg blue

1. Melawan Radikal Bebas

Manfaat petai yang pertama adalah untuk melawan adanya radikal bebas. Petai termasuk salah satu makanan dengan kadar antioksidan tinggi yang bisa melawan dampak dari radikal bebas pada sel-sel tubuh. Kerusakan sel akibat radikal bebas bisa menimbulkan berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, katarak, penuaan dini, dan diabetes.

2. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Petai juga bermanfaat untuk pencernaan manusia. Petai adalah sumber serat yang baik. Terpenuhinya asupan serat yang cukup akan membantu terhindar dari berbagai masalah pencernaan, seperti sembelit. Selain itu, serat juga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga dorongan untuk makan berlebihan dan ngemil akan berkurang. Hal ini membuat petai sebagai salah satu pilihan makanan yang baik untuk menjaga berat badan agar tetap ideal.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh agar menunjang kelangsungan hidup. Perannya yang begitu penting, kesehatan jantung tentunya harus senantiasa dijaga. Salah satu caranya dengan konsumsi petai. Hal ini karena kandungan serat, antioksidan, dan kalium di dalam petai. Kalium adalah elektrolit dan mineral yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Sedangkan serat dan antioksidan pada petai dapat membantu untuk mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung.

banner consideration promotion bg blue

4. Mengontrol Gula Darah

Kadar gula darah tinggi merupakan salah satu tanda terkena penyakit diabetes. Jika dibiarkan berkepanjangan, kadar gula darah tinggi yang tidak terkontrol akan menimbulkan berbagai komplikasi yang berbahaya.
Oleh karena itu, penting untuk mengontrol kadar gula darah guna mencegah penyakit diabetes dan mengurangi resiko terjadinya komplikasi diabetes. Gula darah tersebut bisa dikontrol dengan rutin olahraga serta mengonsumsi makanan sehat dan membatasi asupan gula.
Salah satu makanan yang dipercaya baik untuk mengontrol gula darah adalah petai. Ini karena adanya kandungan antioksidan serta zat kimia beta-sitosterol dan stigmasterol pada petai yang dapat menjaga agar gula darah tidak melonjak.

5. Mengatasi Infeksi

Beberapa hasil studi di laboratorium menunjukkan, bahwa ekstrak petai dapat membasmi kuman dan jamur penyebab infeksi. Hasil temuan ini memberikan petunjuk bahwa petai berpotensi sebagai antibakteri dan antijamur. Namun, data tersebut belum dapat menyimpulkan bahwa manfaat petai terbukti efektif dan aman digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi.

6. Mencegah Anemia

Anemia sering terjadi karena kekurangan zat besi. Hal ini terjadi ketika tubuh kamu tidak memiliki cukup zat besi untuk membuat hemoglobin, yang mana ketika tidak ada zat besi yang cukup dalam aliran darah, seluruh tubuh tidak bisa mendapatkan jumlah oksigen yang dibutuhkan. Petai mengandung banyak zat besi yang akan mendorong pembuatan hemoglobin dalam darah sehingga dapat mencegah timbulnya anemia. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Selain itu, gejala anemia juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi petai. Hal ini karena petai dapat mengatasi lelah, letih, lesu,  lemas, pusing dan mual yang mengganggu aktivitas harian kamu. 
Berbagai manfaat petai tersebut memang sangat baik untuk tubuh. Maka dari itu, setelah mengetahui informasi ini diharapkan kamu sudah tidak ragu lagi untuk mengkonsumsi petai ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami