5 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Swa-Karantina di Rumah Aja

Sudah dua pekan berlalu sejak pemerintah menginstruksikan agar kita semua tetap di rumah aja untuk mengurangi penyebaran coronavirus. Bagi sebagian orang, beraktivitas dari rumah selama dua pekan ini tentu bukan hal yang mudah. Beradaptasi secara fisik dengan keadaan yang benar-benar baru seperti sekarang menjadi tantangan yang cukup sulit, belum lagi mengimbangi kesehatan mental untuk tidak panik dan khawatir akan banyak ketidakpastian yang terjadi di saat-saat menghadapi pandemi coronavirus seperti sekarang.

banner consideration shipping bg blue

Di tengah banyaknya ketidakpastian, satu yang benar-benar harus kamu pastikan adalah kesehatan tubuhmu sehingga bisa menjadi tameng untuk melawan virus ganas ini. Bagaimana cara agar tubuhmu tetap sehat di masa-masa swa-karantina ini? Ikuti 5 tips berikut ya.

1. Kurangi makan makanan manis

Kurangi makan makanan manis ya saat harus di rumah aja. Meski terlihat menggoda, di masa-masa rentan terpapar virus seperti sekarang yang seharusnya lebih banyak kamu konsumsi adalah makanan bernutrisi dan kaya akan antioksidan. Untuk sementara, lupakan dulu cake, cookies, puding, minuman bersoda, jus kemasan, buah kalengan, dan lain-lain.
Pun, menurut penelitian makanan manis adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan berat badan dalam waktu singkat. Agar berat badan tetap stabil, sebaiknya batasi konsumsi makanan dan minuman manis ini dalam sehari (kalau memang sudah tak tahan lagi ingin tetap dikonsumsi). Misalnya, jika pagi hari kamu sudah menghabiskan sepotong cake dan minuman manis, usahakan kamu tidak mengonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi lagi saat makan malam. 

2. Makanlah dalam porsi kecil

Salah satu cara paling efektif menjaga tubuh tetap sehat dan berat badan tetap ideal adalah dengan menjaga porsi makan. Selama swa-karantina, stok makanan di rumah jadi lebih banyak dan beragam. Kamu boleh kok mencicipi berbagai macam jenis makanan yang tersedia di rumah, hanya saja, pastikan agar porsinya jangan berlebihan dan makanan yang kamu makan mengandung gizi ya. Gunakan piring kecil untuk mengambil makanan yang kamu inginkan sehingga kamu juga dapat menjaga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. 

3. Makan sayur dan buah

Nah, ini yang paling penting! Pastikan untuk selalu menyantap sayur dan buah dan menjadikan keduanya menu pasti dalam piringmu setiap hari. Sayur dan buah-buahan adalah makanan yang rendah kalori namun tinggi serat sehingga dapat membuatmu kenyang lebih lama, dan sehat pastinya. Semakin beragam buah dan sayuran yang kamu konsumsi, berarti kamu juga meminimalisir risiko kegemukan dan penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung atau diabetes. Pentingnya lagi, ini akan membuat kekebalan tubuhmu jadi lebih baik sehingga bisa mencegah virus masuk ke dalam tubuh.

banner consideration promotion bg blue

4. Tetap bergerak aktif

Di rumah aja bukan artinya bisa rebahan sepanjang hari dan bermalas-malasan kan? Toh, kamu tetap harus beraktivitas seperti biasa seperti belajar dan bekerja. Bedanya, sekarang semuanya harus dilakukan dari rumah. Masalahnya, rutinitas yang biasanya bikin tubuh sering bergerak sekarang pasti jadi berkurang drastis dan bisa-bisa ini bikin tubuhmu jadi nggak sehat. Cobalah untuk tetap berolahraga ringan seperti jogging di komplek rumah (tapi pastikan untuk tetap physical distancing dan nggak menyentuh apapun selama jogging) workout di rumah ataupun yoga. Nggak perlu olahraga berat, cukup bergerak ringan meski hanya dilakukan selama 15-30 menit akan membantumu menjaga kebugaran selama swa-karantina di rumah aja. 

5. Cukup minum air putih

Pastikan untuk lebih sering minum air putih ya selama di rumah aja. Tubuh membutuhkan cairan yang cukup agar sel dan jaringan tubuh tetap bekerja optimal. Minum air putih juga menghindarkan kamu dari dehidrasi dan membantu memulihkan tenaga dari kelelahan. Untuk itu, pastikan kebutuhan air putih tercukupi setiap harinya. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Selain beberapa tips di atas, jangan lupa juga untuk menjaga kualitas tidur. Tidur yang cukup akan membuatmu lebih segar, memiliki mood yang baik, dan meningkat kekebalan tubuh. Ini penting untuk membuatmu tetap rileks, sehat, dan semangat di masa-masa swa-karantina~
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami