5 Manfaat Virgin Coconut Oil Bagi Ibu Hamil

Kehamilan bagi seorang wanita, tentu menjadi masa-masa yang paling indah. Tak hanya menanti kelahiran buah hati, para wanita ini juga akan terlahir sebagai seorang ibu. Segala upaya pun rela dilakukan demi menjaga kehamilan tetap sehat hingga hari persalinan tiba.
Upaya yang kerap dilakukan para ibu hamil untuk menjaga kandungan mereka adalah dengan mengonsumsi suplemen dan makanan bergizi. Virgin coconut oil (VCO) adalah salah satu yang dipercaya memiliki manfaat bagi ibu hamil. Lalu apakah VCO benar-benar berkhasiat bagi ibu hamil?

banner consideration shipping bg blue

Apa itu VCO?

Sama halnya dengan minyak sayur dan minyak kelapa sawit, VCO juga dihasilkan dari buah kelapa dengan cara mengekstraksi atau memeras buah kelapa hingga tetes terakhir minyak yang dihasilkan.
Perbedaannya terletak pada proses pembuatan VCO tanpa melibatkan panas, baik dari kompor maupun dari matahari. Proses ini disebut dengan teknik cold-pressed yang dipercaya bisa menghasilkan varian terbaik dari minyak kelapa.
VCO juga dipercaya memiliki kandungan medium-chain triglycerides (MCT) yang dipercaya dapat memicu HDL (kolesterol baik) sehingga baik untuk jantung kita.

Manfaat VCO bagi ibu hamil

VCO dikenal memiliki banyak kandungan alami dan tanpa efek samping, sehingga banyak dipercaya dalam dunia kesehatan, salah satunya manfaat kesehatan bagi ibu hamil. Kira-kira apa saja manfaat VCO bagi ibu hamil?

1. Mengatasi stretch-mark pada kulit selama masa kehamilan

Di masa kehamilan, perut akan membesar seiring dengan pertumbuhan janin. Perut yang membesar membuat terjadinya peregangan kulit dan otot yang bisa meninggalkan tanda stretch-mark di bagian-bagian tertentu.
Dikutip dari The Asianparent, mengoleskan minyak kelapa pada bagian-bagian tubuh yang berpotensi muncul stretch-mark dipercaya akan mencegah kemunculannya. Sebab VCO dipercaya bisa membantu melembabkan kulit dan meningkatkan elasitasnya. Kandungan alami VCO seperti triglycerides dan omega 3 bisa memberikan kelembaban yang tahan lama pada kulit.

2. Membantu ibu hamil agar terhindar dari infeksi bakter atau virus

Dikutip dari Health Line, VCO memiliki kandungan asam lemak yang 50 persennya merupakan asam laurat. Asam laurat dalam minyak kelapa jika dikonsumsi akan membentuk zat bernama monolaurin, yang berguna untuk membunuh bakteri, virus, atau jamur. Selain itu, asam laurat juga dipercaya mampu merangsang produksi ASI.

3. Menjaga kesehatan rambut

Selama hamil, hormon bisa saja membuat penampilan menjadi tak menarik. Salah satunya adalah rambut yang gampang rontok dan terlihat kusam. VCO ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah satu ini.
Menurut jurnal Virgin Coconut Oil infused healthy cosmetics VCO mengandung asam lemak, vitamin, dan mineral yang mampu mengembalikan kelembaban rambut. Selain itu, kandungan Omega 3 dalam VCO dapat membantu pertumbuhan rambut dengan lebih cepat, melembabkan kulit kepala, dan menguatkan akar rambut. 
banner consideration promotion bg blue
Cara yang bisa diterapkan antara lain mengoleskan 1-3 sendok teh minyak kelapa ke kulit kepala sambil dipijat. Tutup dengan shower cap selama 1-2 jam, lalu bilas dengan sampo. Lakukan paling tidak 3-4 kali dalam seminggu.

4. VCO sebagai minyak pijat ibu hamil

Menggunakan VCO sebagai minyak pijat dipercaya bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh. Tak hanya itu, VCO sebagai minyak pijat juga bisa bermanfaat membuat kulit lebih lembab.

5. Membantu mengurangi rasa mual di masa hamil

Mual di masa kehamilan adalah kondisi umum yang sering dihadapi banyak wanita. Tak hanya itu, sembelit dan asam lambung bisa menjadi masalah lain dalam kehamilan. VCO dipercaya bisa membantu masalah-masalah tersebut.
Dikutip dari The Asianparent, VCO memiliki sifat menenangkan perut. Ia meningkatkan pencernaan yang sehat dan anti-inflamasi yang membantu meredakan asam lambung.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Meski memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, konsumsi atau penggunaan VCO saat hamil sebaiknya harus dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter kandungan. Sebab, kondisi setiap ibu hamil berbeda. Itulah mengapa, saran dokter kandungan tetaplah yang utama.
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami