5 Manfaat Ubi Ungu untuk Promil dan Variasi Olahannya

Ubi ungu merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang memiliki banyak nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, yang sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil. Pasalnya, menjaga kebutuhan gizi bagi ibu hamil adalah salah satu hal yang sangat penting agar janin yang dikandungnya mendapatkan nutrisi yang terjaga. Apa saja manfaat ubi ungu bagi ibu hamil? Simak ulasannya berikut ini:

banner consideration shipping bg blue

1. Mencegah Anemia

Anemia merupakan suatu kondisi dimana tubuh kekurangan darah, sehingga akan menimbulkan gejala lemah, lesu, dan cepat lelah bagi seorang ibu hamil. Bagi ibu hamil, disarankan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi sehingga membantu mencukupi kebutuhan darah yang dibutuhkan selama kehamilan.
Ubi jalar mengandung zat besi sehingga bisa membantu mengurangi anemia pada ibu hamil. Untuk mendapatkan manfaat dari ubi jalar yang satu ini, ibu hamil bisa mengkonsumsinya secara langsung setelah direbus, atau dengan membuat salad buah dari ubi jalar.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat ubi ungu untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah mampu meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga ibu hamil tidak rentan terkena bakteri maupun virus penyebab penyakit. Hal ini karena ubi ungu merupakan salah satu sumber prebiotik yang sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dari berbagai bahaya dan ancaman penyakit. 
Selain itu, ubi ungu juga mengandung tinggi serat yang dapat mengubah mikroba membentuk antibodi untuk dapat menjaga kesehatan bayi selama dalam kandungan, sehingga bayi dapat terlahir dengan sehat.

3. Menjaga Pembengkakan dan Kram Kaki

Pembengkakan pada kaki merupakan hal yang sering terjadi pada saat ibu hamil, sehingga seringkali membuat sulit berjalan. Untuk mencegah pembengkakan dan kram kaki ini, ibu hamil bisa mengkonsumsi ubi ungu. Pasalnya, ubi ungu mengandung kalium yang tinggi sehingga dapat mencegah terjadinya pembengkakan maupun kram pada kaki.

banner consideration promotion bg blue

Untuk mengolah ubi jalar ini merupakan hal yang mudah. Jika ibu hamil bosan dengan penyajian ubi ungu yang hanya direbus saja, kamu bisa membuatnya variasi sebagai yoghurt ubi ungu, atau ditambahkan dalam kolak sehingga cita rasanya semakin lezat.

4. Mengatasi Sembelit

Manfaat ubi ungu untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat mengatasi sembelit. Hal ini karena ubi ungu kaya akan kandungan serat sehingga membantu memperlancar pencernaan serta mencegah sembelit. Kandungan serat inilah yang akan membantu memperlancar kerja sistem pencernaan dalam tubuh, sehingga mencegah konstipasi atau sembelit pada ibu hamil.
Pasalnya, seorang ibu hamil membutuhkan serat sebanyak 28-34 gram untuk memperlancar pencernaan serta mencegah sembelit. Dalam satu cangkir ubi ungu sendiri dapat diperoleh sebanyak  6,6 gram serat.

5. Menjaga Penglihatan

Manfaat ubi ungu selanjutnya adalah mampu menjaga penglihatan karena kandungan beta-karoten di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan segmen luar fotoreseptor mata memburuk, sehingga akan mengganggu penglihatan mata normal. Bahkan pada seorang ibu hamil, ini bisa saja terjadi. 
Untuk mengatasi hal tersebut di atas, ubi ungu ternyata terbukti mendukung kesehatan mata dan mencegah kerusakan degeneratif. Hal ini karena vitamin antioksidan C dan E yang terdapat di dalam ibu ungu.
Untuk menikmati ubi ungu kamu bisa memvariasikannya menjadi berbagai olahan yang lezat dan mudah untuk dibuat. Contohnya seperti ubi goreng crispy, bola ubi kopong, donat dari ubi ungu, brownies ubi ungu, kue talam ubi ungu, dan sebagainya.
Dengan berbagai variasi olahan itu, ubi ungu tidak akan membosankan lagi. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah berbagai manfaat ubi ungu untuk kesehatan dan olahan yang bisa dibuat dari ubi ungu. Yuk, coba konsumsi ubi ungu ini mulai sekarang! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami