5 Manfaat Singkong untuk Kesehatan, dan Mampu Turunkan Berat Badan

Singkong merupakan bahan pokok yang dulu dijadikan makanan utama pada zaman penjajahan Belanda. Kandungan karbohidrat tinggi yang ada di dalamnya membuat singkong bisa mengganjal lapar dan menjadi pengganti nasi. Selain karbohidrat yang tinggi, singkong juga mengandung berbagai nutrisi dan vitamin lainnya yang baik untuk kesehatan. Apa saja manfaat singkong yang belum kamu tahu?

1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat pertama yang bisa didapatkan ketika kamu mengonsumsi singkong adalah mampu menurunkan berat badan. Hal ini karena singkong mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang membuat perut dapat menahan lapar lebih lama. 

banner consideration shipping bg blue

Selain membantu menurunkan berat badan, kandungan karbohidrat kompleks dan serat yang ada di dalam singkong juga menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengendalikan kadar gula darah. Dengan terkendalinya kadar gula darah ini,  risiko terjadinya diabetes tipe 2 dan obesitas juga akan lebih rendah. Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut dalam hal ini.

2. Menambah Energi

Di dalam singkong mengandung kalori yang cukup tinggi. Pasalnya, dalam 100 gram singkong terkandung 150 kalori. Jumlah ini termasuk lebih tinggi jika dibandingkan dengan kalori pada umbi jenis lain, seperti kentang dan ubi.
Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi singkong untuk mendapatkan energi tambahan. Selain menambah energi, singkong juga cukup ampuh  untuk mengganjal rasa lapar. Untuk mendapatkan manfaat singkong yang satu ini, kamu bisa mengolahnya dengan cara merebusnya atau ngemil keripik singkong.

3. Mengandung Antioksidan

Mungkin bagi sebagian orang akan terasa asing dengan manfaat singkong yang satu ini. Siapa sangka, jika makanan pokok zaman penjajahan Belanda ini bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Hal ini karena singkong mengandung antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas, mencegah penyakit jantung, hingga mengatasi kerutan di kulit.

banner consideration promotion bg blue

Antioksidan yang terdapat di dalam singkong diperoleh dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan beta-karoten yang ada di dalamnya. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu ngemil singkong untuk mendapatkan manfaat kebaikan dari kandungan di dalamnya.

4. Meminimalisir Penyakit Jantung

Manfaat dari singkong selanjutnya juga bisa dirasakan untuk kesehatan organ jantung. Kandungan serat yang terdapat di dalam singkong, dipercaya mampu meminimalisir terjadinya penyakit jantung koroner, pun sejumlah penyakit berbahaya lainnya seperti stroke dan tekanan darah tinggi (hipertensi). Hal ini sudah dibuktikan oleh peneliti dari University of Kentucky, Amerika Serikat pada tahun 2009. 
Singkong sendiri merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung serat tinggi sehingga jantung koroner. Meskipun demikian, masih dibuktikan penelitian lebih lanjut untuk mengaitkan singkong dengan manfaat untuk mencegah penyakit jantung.

5. Mencegah Kanker

Selain meminimalisir penyakit jantung, ternyata singkong bermanfaat untuk mencegah kanker. Hal ini karena ditemukannya senyawa antioksidan yang terdapat di dalam singkong. Sebagaimana diketahui bahwa penyakit kanker ini bermula dari rusaknya sel-sel tubuh akibat radikal bebas.
Kandungan antioksidan inilah yang bertugas untuk menghalau serangan radikal bebas tersebut sehingga kerusakan sel tubuh bisa dicegah. Meskipun demikian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menyikapi pernyataan ini. Namun, tidak ada salahnya jika kamu mengonsumsi singkong secara rutin.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah lima manfaat singkong untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan berbagai olahan singkong, Lemonilo bisa menjadi rujukan untukmu. Berbagai olahan singkong seperti keripik, maupun lainnya bisa kamu pesan dengan mudah dengan bahan-bahan yang alami dan tidak memiliki efek yang buruk pada kesehatan kamu. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami