5 Manfaat Labu Kuning Bisa Bantu Kesehatan dan Awet Muda

Labu kuning merupakan salah satu jenis sayuran yang sering dijumpai ketika bulan Ramadhan tiba. Pasalnya, olahan sayuran ini ikut dimasukkan ke dalam kolak. Sayuran berwarna kuning emas yang cantik dipandang mata ini, ternyata kaya akan mineral dan kandungan vitamin lainnya yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Inilah manfaat labu kuning untuk kesehatan: 

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat labu kuning yang pertama yaitu terkait dengan sistem imun atau kekebalan tubuh. Maraknya virus yang akhir-akhir ini mengancam kesehatan masyarakat memang menjadi momok tersendiri. Akan tetapi, kamu tidak perlu cemas. Pasalnya, labu kuning ini ternyata bisa meningkatkan sistem imun, sehingga membantu menangkal berbagai macam penyakit. banner consideration shipping bg blue
Kandungan vitamin A yang berlimpah dalam sebuah labu kuning bisa membantu tubuh melawan infeksi, virus dan penyakit menular. Tidak hanya mengkonsumsi labu kuning secara langsung. Karena ternyata, minyak labu yang sudah diolah mampu membantu melawan berbagai infeksi bakteri dan jamur.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Buah labu yang berwarna kuning ini selain memiliki cita rasa yang manis ternyata juga memiliki manfaat untuk merawat dan menjaga kesehatan jantungmu. Hal ini dikarenakan dalam labu kuning mengandung folat, karotenoid, dan magnesium yang membantu kinerja jantung menjadi lebih baik.
Misalnya saja kandungan magnesium yang akan bekerja sebagai relaksan pembuluh darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya penyakit stroke maupun serangan jantung. Labu kuning juga bisa mencegah penyakit seperti aterosklerosis. Yaitu keadaan dimana dinding pembuluh darah arteri mengeras akibat penumpukkan lemak pada dinding dalamnya.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat labu kuning selanjutnya adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi seorang penderita hipertensi. Hal ini dikarenakan dalam labu kuning kaya akan kalium. Seperti yang kita ketahui, mengonsumsi makanan yang mengandung kalium sangat penting sama seperti halnya dengan mengurangi asupan natrium untuk menurunkan tekanan darah. 
Kandungan kalium yang masuk ke dalam tubuh juga akan mengurangi kemungkinan seseorang terserang stroke, pembentukan batu ginjal dan mempertahankan kepadatan tulang. Selain didapat dari labu kuning, kamu juga bisa menemukan makanan dengan kandungan kalium yang tinggi pada buah nanas, jeruk, pisang, dan tomat.banner consideration promotion bg blue

4. Rendah Kalori dan Tinggi Serat

Labu kuning mengandung kalori yang rendah namun tinggi serat, sehingga akan membuat perutmu terasa kenyang lebih lama tanpa mengkonsumsi banyak makanan berlebih. Kandungan ini sama halnya dengan jenis umbi-umbian yang bisa menurunkan berat badan karena rendah kalori dan karbohidrat.
Dengan mengkonsumsi labu kuning ini, akan membuatmu kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan kandungan serat tinggi yang ada di dalamnya sehingga memperlambat proses pencernaan. 

5. Membuat Awet Muda

Manfaat labu kuning selanjutnya adalah dapat membuatmu tampak menjadi lebih awet muda. Pasalnya, labu kuning yang kaya akan berbagai vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang tinggi sangat bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit, sehingga akan membuat seseorang tampak lebih awet muda. Tidak hanya itu, ternyata labu kuning juga bisa membuat kulit selalu kenyal dan lembut.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Di dalam labu kuning terdapat kandungan beta-karoten yang mampu menghasilkan antioksidan sehingga baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah radiasi dari sinar UV. Itu sebabnya, mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan beta-karoten membantu seseorang untuk tampak awet muda.
Itulah kelima manfaat labu kuning untuk kesehatan. Untuk menjaga kesehatan dan merawat kulit, tidak ada salahnya jika kamu mulai mempertimbangkan untuk mengkonsumsi labu kuning ini secara rutin. 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami